Tenaga Baru untuk Notebook

Tenaga Baru untuk Notebook

Tidak lama setelah notebook dibeli, kinerjanya terasa banyak berkurang. Pengalamanan ini dialami hampir semua pemilik notebook. Mengapa ini bisa terjadi? Jawabannya cukup mudah. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda semakin sering meng-install program dan service, baik kecil maupun besar. Ini menyebabkan semakin menumpuk “sampah” pada notebook Anda. Kondisi ini membuat database Registry semakin besar, sehingga kinerja notebook semakin berkurang.

Anda memang memiliki beberapa pilihan untuk mengatasinya. Bila melakukan instalasi ulang, dampaknya tidak berlangsung lama. Untuk meng-upgrade hardware, biayanya terlalu mahal. Beralih dari Vista ke XP juga mahal dan merepotkan. Disini akan ditawarkan cara keempat yang dapat membuat notebook tetap “segar” setiap saat.

Kinerja prosesor: lebih powerful

Percayalah, notebook lama yang anda miliki sebenarnya sangat canggih. Saat notebook tersebut diproduksi, chipset motherboard-nya merupakan teknologi terkini. Demikian juga dengan prosesornya, baru seminggu diluncurkan ke pasaran. Saat ini, kemampuan notebook Anda pun harusnya masih sekencang saat masih dibeli. Driver untuk chipset dan prosesor di notebook terus dikembangkan. Di sana-sini dilakukan penyempurnaan. Untuk kebanyakan chipset, peningkatan kinerja yang dihasilkan mencapai 20 persen, hanya dengan melakukan optimasi driver.

Anda pun dapat memperoleh tambahan kinerja ini pada notebook Anda. Cobalah untuk men-download driver chipset terbaru untuk perangkat Anda langsung dari website produsen chipset-nya. Kebanyakan notebook dilengkapi dengan chipset Intel (www.intel.com). Di bagian Support pada website ini, cari dengan kata kunci “Software Installations Utility for Intel Chipset”. Setelah Anda men-download tools ini, sesuai sistem operasi dan meng-install-nya, kinerja notebook seharusnya terlihat lebih cepat.

Selain itu, biasanya tingkat kompatibilitas menjadi semakin baik. Beberapa perangkat baru pada notebook Anda dapat terdeteksi dan ter-install dengan driver yang sesuai. Saat ini, pemilik notebook dengan chipset Intel dapat melakukan optimasi dengan “Intel Application Accelerator”. Driver ini akan mengoptimalkan akses memory dan hard drive serta mempercepat kinerja sistem.

Bila notebook Anda dilengkapi dengan chipset SIS, ATI (sekarang AMD), atau nVidia, temukan driver terbaru untuk motherboard Anda melalui website produsen-nya (www.sis.com, www.amd.com, www.nvidia.com). Namun, biasanya, Anda harus mencari sendiri driver chipset yang sesuai, baik driver untuk IDE, LAN, audio, USB, dan semua yang terpasang pada notebook Anda. Sampai saat ini hanya Intel yang menawarkan paket download semua driver dan update dalam satu file lengkap.

Grafik: video lancar, warna brilian

Dibandingkan dengan komponen lain, masalah grafik pada notebook cukup mengganggu. Terkadang, kemampuannya tidak cukup untuk memutar video DivX atau untuk bermain game. Hanya dengan meng-update driver, masalah-masalah grafik tadi dapat diatasi. Walaupun kemampuan driver pada Vista sudah lebih baik, pengujian membuktikan bahwa driver graphics card versi terbaru dapat mengoptimalkan kinerja mulai 30 sampai 100 persen. Bagi pengguna Vista, update teratur menjadi kewajiban. Bila notebook berjalan dengan Windows XP, pertambahan performa memang tidak terlalu besar. Akan tetapi, lebih baik melakukan update driver daripada tidak sama sekali.

Biasanya, eksternal port seperti untuk proyektor atau monitor tambahan, dapat berfungsi dengan lebih baik. Demikian juga dengan masalah kompatibilitasnya. Artinya, notebook dapat mendeteksi lebih banyak perangkat dan setting parameternya agar lebih presisi.

Apabila mengalami masalah tampilan yang tidak dapat diatasi dengan update dari produsen notebook atau produsen graphics chip (ATI/AMD, SIS, nVidia, Intel), cobalah untuk menemukan solusinya pada website-website lainnya. Pilihan pertama bila mendapat masalah pada graphics card adalah www.notebookvideo2go.com. Selain driver dan tuning tools, Anda dapat menemukan file INF yang telah dimodifikasi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah seperti display error, resolution limitation, atau default setting yang salah dengan cara yang praktis.

Pembakar: lebih cepat dan kompatibel

Dengan sebuah firmware update, perangkat pembakar Anda dapat diaktualkan ke versi terbaru. Kecepatan pembakar memang tidak banyak bertambah. Keuntungan terbesar menggunakan firmaware terbaru adalah tabel media baru yang diperoleh pembakar melalui update tersebut. Tabel ini berisi tipe-tipe baru media CD/DVD dan teknik pembakaran yang ideal. Artinya, lebih sedikit sampah dan kompatibilitas lebih baik. Hanya saja, tidak semua produsen pembakar menyediakan update firmaware dan driver sehingga Anda harus mencarinya sendiri. Sebagai langkah awal sebaiknya Anda masuk ke website http://forum.rpc1.org. Di sini, berkumpul juga para ahli bakar CD/DVD.

WLAN: performa optimal dalam jaringan

Tidak ada yang lebih banyak memberikan tambahan kinerja seperti pada WLAN. Walaupun standar 802.11n masih belum ditetapkan, semakin banyak notebook baru yang melengkapi dirinya dengan WLAN card 802.11n. Setiap update driver akan menambah kinerja secara signifikan. Namun, produsen notebook tidak selalu memberikan update driver. Untuk itu, Anda harus mencari tahu chipset WLAN yang digunakan pada notebook Anda. Biasanya, notebook dilengkapi dengan chipset dari Intel, Atheros, atau Broadcom. Untuk itu, bukalah Device Manager, klk kanan pada entri WLAN Adapter dan pilih “Properties”. Pada tab “Details”, Anda akan menemukan sebuah menu pull down. Di dalamnya, aktifkan entri “Manufacturer”. Nanti, Anda akan melihat entri produsen dari WLAN Adapter. Download driver terbaru dari website produsen dan install. Sekarang, Anda dapat menikmati jangkauan yang lebih jauh dan transfer rate yang lebih besar.

Apabila Anda memiliki notebook lama dengan WLAN 802.11g, melakukan update juga memberikan sebuah keuntungan. Driver baru terkadang menawarkan option enkripsi yang lain. Sebuah WLAN card yang awalnya hanya menyediakan feature enkripsi WEP, kemungkinan akan dilengkapi dengan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman.

Baterai: 50 persen lebih lama

Software manajemen baterai yang baik hanya ditawarkan oleh produsen notebook dan biasanya dioptimalkan untuk perangkat tersebut. Software universal paling-paling hanya memberikan Placebo Effect. Walaupun demikian, durasi baterai notebook secara tidak langsung dapat bertambah panjang. Dengan tools underclocking dan undervolting seperti Notebook Hardware Control (NHC) atau CrystalCPUID, Anda dapat mengonfigurasi notebook hingga clock CPU diturunkan secara otomatis saat tidak ada aktivitas. Langkah ini akan menghemat listrik. Jika core voltage pada prosesor juga diturunkan, notebook Anda dapat bekerja sampai 50 persen lebih lama, tergantung aplikasinya.

Fan noise: notebook lebih hening

Panas yang dihasilkan oleh notebook tidak harus langsung dikeluarkan dari dalam notebook. Namun, produsen lebih suka melakukan langkah preventif dan memasang beberapa fan dengan kerja maksimal sehingga noise yang dihasilkan pun cukup besar. Dengan tools NHC yang telah disebutkan tadi, fan dapat dikontrol dengan mudah. Selain itu, feature Speed Fan yang dimiliki NHC senantiasa dapat mengatur kecepatannya. Pemilik notebook IBM/Lenovo Thinpad dapat menggunakan tool TP Fancontrol (www.tpfancontrol.com) untuk mengendalikan semua fan pada notebook ini. Namun, risikonya juga ada. Bial sebuah fan tidak lagi berputar, notebook berisiko mengalami crash, tidak stabil, atau bahkan mengakibatkan kerusakan hardware.

Card reader: data ke memory card lebih optimal

Saat ini, memory card kapasitas besar tidak hanya digunakan pada kamera digital, melainkan juga MP3 dan video player. Agar memory card ini dapat dibaca dan ditulis dengan cepat pada notebook, Anda membutuhkan sebuah card reader yang cepat juga. Sekarang, buka Device Manager dan perhatikan tipe card reader yang terdaftar pada notebook Anda. Lalu, carilah driver baru pada website produsennya. Selain kecepatan baca/tulis yang lebih cepat, update driver juga mengoptimalkan masalah kompatibilitas dengan berbagai memory media. Misalnya, card reader dapat membaca media SDHC dengan kapasitas lebih besar dari 2 GB. Cara untuk menemukan entri produsennya sama seperti pada bagian “WLAN” sebelumnya.

Sound: kualitas suara lebih baik

Kualitas suara juga dapat dioptimalkan. Umumnya, driver baru untuk solusi Realtek Sound dapat ditemukan di www.realtek.com.tw atau www.analog.com untuk chip audio SoundMAX. Keuntungan yang diperoleh lebih pada kualitas sinyal daripada kualitas suara. Bila ingin menghubungkan notebook ke amplifier atau speaker, sebaiknya lakukan update driver. Namun, bila Anda hanya menggunakan speaker pada notebook, hasilnya tidak akan terlalu beda.

Touchpad: dengan feature-feature baru

Tak masalah apakah touchpad Anda berwarna abu-abu, hitam, atau bahkan putih, semuanya pasti berasal dari perusahaan Synaptics (www.synaptics.com). Bila Anda dapat menemukan touchpad ini dalam Device Manager dan meng-install driver terbaru dari website Synaptics, sensitivitas touchpad-nya menjadi lebih baik.

One thought on “Tenaga Baru untuk Notebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s