Software Foto

Software Foto

Manajemen foto: Solusi untuk tumpukan koleksi foto

Apabila mengandalkan Windows Explorer untuk mengatur foto, hal itu sulit dilakukan. Semakin besar koleksi foto, semakin sulit menyortir dan menyimpannya.

XnView, sebuah tool ramping yang menyatukan semua fungsi di dalam satu interface siap membantu Anda. Ia menyortir berdasarkan kategori, mengonversi, dan mempresentasikan semua format umum, termasuk file RAW. Untuk koreksi foto sederhana pun Ia mampu melakukannya. Di sini akan ditunjukkan langkah demi langkah bagaimana XnView bekerja.

1. INSTALASI: Pilihlah “Full Installation” dan klik “Next”. Selebihnya ditangani oleh tools ini secara otomatis. Untuk permulaan, akan tampak sebuah window popup untuk melakukan beberapa setting. Klik “Use all available formats” dan “Add entry” ke dalam menu “Send To” apabila Anda ingin mengakses XnView melalui menu konteks. Berhubung pihak produsen terus memperbaiki software ini, aktifkanlah fungsi “Check-Update” guna meng-update feature secara otomatis. Begitu XnView terbuka, pilih folder foto. Secara otomatis, ia akan membaca semua data dan menampilkan thumbnail dari isi folder.

2. MENGELOLA: Tujuan pengelolaan foto adalah mendapatkan struktur yang jelas dalam folder untuk mengatasi kacaunya penyimpanan. Selain itu, foto harus dapat ditemukan dengan cepat dan mudah, misalnya berdasarkan penilaian, kata kunci, atau kategori. Pengaturan tercepat adalah melalui poin. Poin lima untuk foto yang sangat bagus, poin satu untuk foto yang kemungkinan dihapus. Untuk memberi penilaian, klik kanan pada sebuah thumbnail, lalu pada “Rating & color rating”.

Pembedaan ini memiliki kelebihan besar. Anda bukan saja dapat menandai foto favorit, melainkan juga foto yang masih diedit. Setelah semua foto mendapat poin, cukup klik pada tombol “Rating”, tampak foto disusun berdasarkan poin.

Apabila Anda juga ingin menyortir berdasarkan kategori, tariklah foto yang bersangkutan ke dalam folder yang sudah ada seperti “Symbols” atau buatlah sebuah folder baru. Untuk penyortiran yang lebih rinci berikanlah kata kunci, seperti “Pernikahan”, “Liburan”, atau “Ulang tahun”.

Entri untuk kata kunci ada dalam menu konteks di bawah “Descriptions”. Pilihlah sebuah kombinasi dari kata kunci dan angka tahun agar sebuah foto tampil dalam beberapa pilihan, misalnya “Foto pantai” dan foto “2008”, atau sekadar “Liburan”.

3. MENCETAK: Walaupun tersaji secara digital, terkadang kita lebih suka memegangnya di tangan daripadah hanya melihatnya pada layar. Untuk itu, XnView menyediakan sebuah fungsi cetak untuk membuat beragam ukuran yang optimal. Antara lain mencetak thumbnails sebuah folder, mengubah ukuran foto, serta menambahkan teks dan watermark.

ALTERNATIF: Tools klasik di antara photo-manager adalah Irvan View. Ia menawarkan sejumlah fungsi serupa dengan XnView dan dapat diperluas dengan banyak plugin praktis. FastStone Image Viewer merupakan tools pengelola foto yang di desain sangat modern dan ter-struktur jelas. Twins Vison adalah sebuah photo-viewer 3D yang tampilannya menarik dengan link ke komunitas foto Flickr.

Mengedit foto: Memberikan sentuhan dan kreasi pribadi

Kebanyakan kamera digital memiliki sebuah preset otomatis yang akan menjamin jepretan Anda berhasil. Namun, dalam situasi tertentu fungsi otomatisasi tidak berfungsi dengan baik sehingga foto akan under atau over exposure.

Untuk mengatasinya tidak perlu software mahal seperti Adobe Photoshop karena alternatif gratis seperti Paint .NET menawarkan cukup banyak fungsi koreksi.

1. KOREKSI: Mengoptimalkan sebuah foto yang salah exposure bukanlah tantangan bagi Paint .NET. Software ini menawarkan jauh lebih banyak kemungkinan koreksi. Untuk optimalisasi cepat, disarankan menggunakan retouch otomatis di menu “Corrections|Automatic”.

Selanjutnya, sesuaikanlah tingkat kecerahan dan kontras dalam langkah-langkah kecil pada foto. Tools ini menampilkan semua perubahan melalui window preview. Apabila foto masih tampak pucat, foto tersebut masih bisa dioptimalkan dengan koreksi tone dan saturasi warna.

Apabila Anda ingin masuk lebih jauh ke dalam pengolah gambar profesional ini, kurva adalah fungsi yang optimal. Berbeda dengan koreksi lain, di sini Anda memiliki kendali penuh atas nilai warna. Dengan kurva, Anda mengoreksi warna secara tepat dan mengendalikan kontras.

Bukalah fungsi yang bersangkutan dan koreksilah “Intensity” dengan mengubah kurva dengan menggunakan mouse. Semua bagian cerah dapat diatur dengan cepat. Apabila Anda mengklik kurva, di sana tools menempatkan sebuah titik yang dapat Anda geser sesuai kebutuhan. Cobalah berbagai kombinasi dan setting agar lebih akrab dengan fungsi ini. Bagi sebagian pengguna, kurva adalah fungsi yang tidak terlalu berguna. Padahal untuk optimalisasi gambar, kurva merupakan salah satu fungsi yang paling mumpuni.

2. LAYER: Dalam Paint .NET, tersedia juga fasilitas layer sehingga foto asli tidak berubah. Membandingkan beberapa setting filter dan koreksi atau menggabungkannya juga mudah. Fungsi ini tersedia di bawah “Window|Layers”. Apabila Anda ingin menduplikasi foto asli, klik “Double Layers” dalam window atau pilih hanya bagian tertentu dan copy ke layer baru.

Contoh: Untuk membuat mata lebih bersinar tandai bagian yang bersangkutan dengan “Elliptical mask” yang tersedia di sisi kiri layar dalam window. Pada obyek yang jelas berbeda, Anda juga dapat menggunakan “Lasso Selection”. Pada layer teratas, bagian yang bersangkutan dapat diedit. Gunakan kontras dan tingkat kecerahan, agar mata terlihat lebih bercahaya. Selain itu, gunakan juga koreksi tone warna untuk mengubah warnanya.

TIPS: Apabila Anda hanya ingin menampilkan objek secara samar-samar, cukup klik layer yang bersangkutan dan ubah transparansi atau pilih mode “Colorful shading”.

3. FILTER: Tuangkan kreasi pribadi dengan efek artistik. Paint .NET menyediakan banyak filter untuk memberikan sentuhan khusus. Misalnya, pilihlah fungsi “Make portrait smoother” di dalam menu “Effects|Photo” untuk memberi kesan lembut, tetapi kaya dengan kontras. TIPS: Aplikasikan efek secara terukur agar foto tidak kehilangan keasliannya.

ALTERNATIF: Tool Gimp dari komunitas Linux adalah sebuah pengolah gambar dengan performa tinggi, elegan, dan hampir selengka Adobe Photoshop. Versi terbarunya masih dalam status Alpha. Untuk mengoreksi mata merah atau kesalahan kecil lainnya, tidak dibutuhkan software lengkap, cukup dengan Photo Wizard.

Presentasi yang tepat: Membuat slideshow foto dari momen terindah

Apakah Anda ingin menampilkan slideshow foto di monitor PC, TV, atau di web dengan atau tanpa musik latar, semua dapat ditangani oleh Slideshow Pro.

Setelah terinstalasi, software ini memang tampak “sepi”. Namun, di balik tampilan yang sederhana ini tersedia begitu banyak fungsi dan beragam pilihan.

1. GALERI FOTO: Pertama, pilih foto-foto pilihan Anda di menu “Objects” dan aturlah urutannya dengan tombol “+1” dan “-1”. Pada bagian kanan layar, tentukan durasi untuk setiap tampilan foto dan efek transisi yang digunakan. Untuk memberi komentar, klik foto yang bersangkutan dan tuliskan komentar dalam kolom teks. Selain itu, jenis, dan warna font yang digunakan dapat divariasikan sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda.

2. MENGISI MUSIK: Buatlah slideshow lebih menarik dengan ilustrasi musik. Di menu “Objects|Adding music track 1”, tentukan soundtrack dan pada foto mana musik akan dimulai dan berakhir. Konfigurasikan detail lainnya tersedia di bawah tab “Music”. Di sini Anda dapat mengatur volume atau menambahkan loop. Software ini menyediakan soundtrack ke-2 yang dapat Anda gunakan untuk mengisi narasi.

Sayangnya tidak tersedia fungsi editing. Untuk menyesuaikan durasi agar gambar dan suara berjalan secara sinkron, Anda harus menggunakan tools lain.

3. OUTPUT: Apabila semua setting telah dilakukan, simpan program dan jalankan tes. Selanjutnya, slideshow dapat di-ekspor di menu “Extras”. Apabila Anda membakarnya sebagainya file Autorun pada CD, slideshow akan dimulai secara otomatis setelah CD dimasukkan ke dalam drive.

Untuk mengintegrasikan slideshow ke website buatlah “HTML gallery”. Sebuah asisten siap membantu Anda dalam mengatur setting seperti pemberian judul, memilih gambar latar belakang, dan ukuran tabel/foto. Setelah slideshow di-ekspor, browser akan membuka galeri dan akan di-integrasikan ke website Anda.

ALTERNATIF: DVD Slideshow GUI tidak kalah dengan produk komersial, tetapi terkadang kurang lancar karena masih dalam pengembangan. Slideshow Movie Maker adalah tools dengan banyak pilihan output yang menarik. UnderCoverXP siap membuat cover CD dan DVD, merupakan tools yang tepat untuk hadiah pribadi.

5 thoughts on “Software Foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s