Windows Vista Tips 02

Windows Vista Tips 02

Backup Seluruh Sistem Windows Vista

Instalasi Windows Vista membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, ada baiknya Anda backup system operasi ini. Jadi, jika terjadi suatu masalah, Anda tinggal me-restore-nya. Selain data-data system menjadi aman, Anda pun tidak perlu meng-install ulang Windows Vista ini dan waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Jika di Windows XP Anda mengenal system restore point, di Windows Vista, Anda ditawarkan dua mode untuk proses backup ini. Yang pertama adalah backup file. Yang kedua adalah backup keseluruhan PC. Bagi pengguna awam, ada baiknya Anda memilih bakcup untuk seluruh system Windows Vista. Caranya pun mudah.

Saat desktop Windows Vista muncul, Anda klik tombol “Start” lalu ketikkan “backup”. Tekan “Enter” dan Anda menuju ke window “Backup and Restore Systems”. Selanjutnya, di bagian “Backup”, Anda pilih “Backup Computer”. Windows Vista akan membuka sebuah window dan meminta Anda untuk memilih partisi tempat penyimpanan backup. Anda bisa memilih media DVD sebagai tempat penyimpanan. Dengan mengklik “Next”, proses backup akan berjalan. Jika Anda memilih DVD, Windows akan langsung membakar ke dalam cakram DVD.

Mengaktifkan Multiple Clock di Systray Windows Vista

Di Windows XP atau versi-versi sebelumnya, Anda terbiasa melihat satu zona waktu dalam systray-nya. Namun di Windows Vista, Anda bisa melihat tiga zona waktu sekaligus.

Dengan lebih dari satu zona waktu dunia, Anda yang sering berpergian ke luar negeri, tentu saja semakin dimudahkan untuk membuat jadwal-jadwal penting dalam perjalanan. Anda dapat dengan mudah melihat perbedaan waktu antara negara Indonesia dengan Amerika dan Australia, atau Indonesia dengan Inggris dan Italia.

Untuk men-setting fungsi waktu ini, Anda klik sekali waktu tersebut yang berada di systray. Selanjutnya, klik Option “Change date and time settings”. Dalam window “Date and Time”, Anda klik tab “Additional Clocks”. Aktifkan “Show This time” yang pertama, lalu setting zona waktu lain selain waktu lokal yang sudah ada di system Anda. Beri nama untuk zona tersebut pada bagian “Enter Display Name”. Berikutnya, aktifkan lagi “Show this Time” yang kedua. Lakukan setting dengan cara yang sama, tetapi dengan pemilihan zona waktu yang berbeda. Klik “OK” untuk menyetujuinya. Kini, di systray Windows Vista Anda telah memiliki tiga zona waktu yang berbeda. Untuk melihatnya, Anda tinggal klik waktu tersebut di systray.

Menonaktifkan Drag and Drop di Taskbar

Jika Anda meng-klik menu “Start” Windows Vista, Anda bisa mengklik kanan folder-folder yang ada di menu “Start” tersebut. Adanya menu konteks ini, membuat isi folder mudah sekali diubah namanya. Anda bisa menonaktifkan menu konteks tersebut.

Untuk menonaktifkan menu konteks menu “Start”, Anda klik kanan tombol “Start” lalu pilih “Properties”. Setelah window “Taskbar and Start Menu Properties” muncul, Anda klik tab “Start Menu”. Klik juga tombol “Customize”. Di dalam daftar setting, Anda nonaktifkan option “Enable Context Menu and Dragging and Dropping”. Setelah itu, klik “OK”. Kini, Anda tidak bisa lagi mengklik kanan folder-folder atau file yang ada di menu “Start” lagi. Dengan demikian, folder dan file tersebut bisa aman dari kejahilan tangan-tangan iseng di sekitar Anda untuk mengubah nama atau memindahkannya ke bagian lain.

Percepat Windows Vista dengan Memaksimalkan Kinerja Hard Disk

Ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja Windows Vista Anda. Selain meng-upgrade hardware, Anda juga bisa meningkatkan kinerja Windows Vista dengan memanfaatkan hardware yang sudah terpasang, tips ini salah satunya.

Pada tips kali ini, Anda bisa meningkatkan kinerja Windows Vista dengan memaksimalkan kinerja hard disk. Dengan demikian, data-data dalam hard disk akan lebih cepat diakses dan diproses oleh CPU. Namun, sebelum melakukan tips ini, pastikan PC Anda telah mendapat supply listrik yang bagus karena dampak dari tips ini konsumsi listrik untuk mengakses hard disk juga turut meningkat. Jika Anda menggunakan Notebook, pastikan juga saat bekerja dengan notebook, pasokan listrik tetap tersedia dengan baik.

Untuk melakukan tips ini, Anda klik menu “Start” lalu ketikkan “Device Manager” dalam kolom “Search”. Selanjutnya, buka “Device Manager” dan klik kanan hard disk yang Anda miliki sebagai tempat penyimpanan system Windows Vista. Dalam menu konteksnya, pilih “Properties”. Selanjutnya, klik tab “Policies”. Aktifkan option “Enable Advanced Performances”. Klik “OK” dan restart PC Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s