Best Hardware 2008

Best Hardware 2008

NOTEBOOK

ASUS G1S

(Notebook Intel Windows XP Terbaik)

Jika notebook yang Anda cari dengan kriteria tertentu mampu menjalankan game terkini dengan mulus, maka pilihan Anda akan jatuh di ASUS G1S. Bentuk fisik yang terlihat meyakinkan, dengan dominasi warna hitam, dihiasi brushed aluminium sekitar touch pad dan kombinasi warna hijau. ASUS G1S juga didukung dengan sistem pendinginan yang cukup sempurna. Jumlah RAM yang berlimpah, digunakannya discrete VGA dan prosesor yang digunakan adalah komponen utama yang membuatnya memberikan kinerja yang mengesankan.

Oleh ASUS, ia termasuk kategori personal entertainment center. Drive optic supermulti, ditambah kemampuan read HD-DVD, mendukung kebutuhan ini. Layar display juga menampilkan gambar yang mengesankan, dengan efek reflektif yang minim. Selain output berupa sub-D VGA, S-video, juga tersedia HDMI output. Bahkan sebagai tambahan, di bagian belakang juga tersedia port e-SATA.

Belum lagi dengan tambahan ASUS Direct Messenger berupa display mungil monochrome dan Direct Flash berupa lampu panel hijau di samping, yang akan menyala saat aplikasi DirectX atau openGL beraksi.

NOTEBOOK

MSI GX600

(Notebook Intel Windows Vista Terbaik)

Mendekatkan gaming dengan komputer mobile, bisa dikatakan salah satu usaha MSI melalui produknya yang diberi nama GX600 ini. Pasalnya, untuk sebuah notebook kelas performance, bahkan MSI melakukan hal yang lebih dengan menyediakan fitur overclock otomatis dalam setiap penekanan tombol turbo di notebook produknya yang satu ini.

Notebook MSI ini sudah menggunakan seri prosesor Intel Core 2 Duo seri T8000. Untuk komponen pengolah grafis, notebook ini masih tetap menggunakan GeForce 8600M GT yang terbilang cukup mumpuni untuk ukuran komputer mobile. Khusus mengenai fitur overclocking, satu hal yang harus diperhatikan bahwa fitur ini akan berfungsi dalam meng-overclock, ketika sumber listrik menggunakan jalur AC (bukan dalam mode baterai).

Untuk performa, tidak usah diragukan lagi. Dalam kondisi standar, ia sudah dapat menghadirkan tingkatan performa tinggi. Apalagi ketika fitur Turbo diaktifkan, meski memang akan signifikan untuk aplikasi-aplikasi yang benar-benar membutuhkan pemrosesan prosesor lebih besar, daripada rendering GPU maupun alokasi memori.

MINI NOTEBOOK

Forsa FS3010

(Mini Notebook 10 inch Terbaik)

Dari brand lokal Forsa, ia merupakan salah satu yang cukup getol dalam menghadirkan solusi produk notebook mini. Kini Forsa menghadirkan solusi notebook mungil yang sudah dilengkapi komponen-komponen internal yang lebih baru, lebih canggih, dan tentunya dengan penawaran harga yang terjangkau.

Desain produk, didominasi oleh warna putih. Sekilas hal ini menunjukkan kesan yang elegan. Konfigurasi produk notebook mini dilengkapi monitor dengan ukuran 10,2”. Konfigurasi internal lainnya, cukup standar untuk ukuran notebook mini tingkatan atas, serta tentunya penggunaan prosesor terbaru Intel Atom. Sisi ergonomi, meski dari penggunaan ukuran monitor yang cukup membuat nyaman pada penggunaan jangka panjang.

Performanya, rata-rata notebook mini yang sudah menggunakan prosesor Intel Atom, memiliki tingkatan performa yang sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini memang lebih dikarenakan, kesemuanya menggunakan platform yang juga sama dengan berbasis chipset Intel 945G dan juga jenis pada kecepatan prosesor yang digunakan juga sempat diuji hingga saat ini adalah sama.

SERVER

SUN Fire X4150

(Server Terbaik)

Server Sun Fire ini mengusung dual prosesor Intel Xeon CPU X5460 3,16 GHz. Bila Anda mempunyai client yang banyak, maka server SUN Fire ini juga menyediakan sampai 16 slot memory yang dapat mendukung sampai dengan 4 GB satu slotnya.

Untuk dukungan komunikasi dengan server ini menyediakan sampai 4 NIC gigabit ethernet. Dalam hal urusan penyimpanan data tersedia 8 slot HDD yang dapat ditukar-tukar serta mendukung teknologi RAID. Server ini juga menyediakan 3 slot PCI express. Untuk konsumsi listrik, server ini juga terbilang ramah, pada saat kali pertama dinyalakan, konsumsinya mencapai 410 watt dan pada saat idle berada di angka stabil 270 watt.

USB juga didukung oleh server ini. 4 USB ada di sini – 2 di depan dan 2 di belakang. Untuk dukungan drive optic juga diberikan, yakni sebuah DVD-ROM dengan model slot in, sebuah terobosan yang unik dalam dunia server. Server ini mendukung OS Solaris 10, Linux, Windows, dan VMware.

Dengan kapasitas memory sampai dengan 64 GB dan dukunga prosesor yang luar biasa, Anda mendapatkan untuk bisnis Anda.

MOTHERBOARD

Zotac MCP 73U

(Motherboard Intel Socket LGA775 Onboard VGA Terbaik)

Produsen yang biasanya hanya memproduksi video card, kali ini mencoba masuk ke pasar motherboard yang sudah ramai dihuni oleh nama-nama besar. Kali ini mereka mencoba meluncurkan produknya yang diberi nama Zotac MCP N73U.

Motherboard ini menggunakan chipset nVIDIA MCP73U single chipset, yang berarti juga ia memiliki graphic card onboard. Onboard graphic yang dimiliki oleh produk ini yang paling baru dari nVIDIA. Port DVI onboard sudah disediakan.

Secara keseluruhan, kinerja yang dihasilkan oleh produk ini saat dilakukan pengetesan benchmark menunjukkan hasil yang cukup bagus. Kinerja VGA onboard yang dimilikinya juga menunjukkan hasil yang cukup bagus.

Paket penjualan yang disertakan cukup lengkap. Paket penjualan sudah termasuk sebuah bracket firewire. Dengan harga terjangkau, rasanya cukup pantas bagi Anda yang mencari produk dengan kinerja VGA onboard cukup bagus. Juga sudah mendukung teknologi HDR dan SM3.0.

MOTHERBOARD

MSI X48C Platinum

(Motherboard Socket LGA775 Terbaik)

Chipset yang digunakan oleh produk ini adalah Intel X48 Express Chipset dengan Southbridge ICH9R. Selain fitur standar port USB dan SATA produk ini juga menyediakan eSATA port sebanyak dua buah.

Kelebihan yang paling kentara pada setiap produk premium dari MSI adalah sudah disertakan sistem cooling Circu Pipe. Untuk produk kali ini disediakan enam slot RAM DDR2 dan DDR3, di mana seluruh RAM ini sudah menggunakan sistem dual-channel.

Selain itu, disediakan juga empat slot PCIe x16 sekaligus pada produk ini, di mana seluruh slot bisa diisi dengan graphic card add-on sesuai keinginan.

Performa yang dihasilkan memang cukup luar biasa. Beberapa tes benchmark PCMark05 yang dilakukan menghasilkan skor yang cukup bagus, meski belum bisa melewati skor maksimal. Namun, jangan salah, skor mereka hanya terpaut tidak lebih dari 10 poin untuk skor PCMark05 Rating dan PCMark05 Memory TestSuite. Khusus untuk skor Quake 4 Demo, produk ini membutuhkan skor terbaik dari seluruh produk yang sudah di tes sebelumnya.

MOTHERBOARD

ASUS M3A79-T Deluxe

(Motherboard AMD Socket AM+ Terbaik)

ASUS M3A79-T Deluxe adalah salah satu produk unggulan dari ASUS untuk motherboard yang mendukung socket AM2+. Chipset yang digunakan juga yang paling baru di kelasnya, yaitu AMD 790FX. Produk ini datang dengan paket audio dari ADI yang memiliki 8 channel support yang disebut ASUS Crsytal Sound.

Lainnya yang cukup menarik adalah fitur Express Gate. Fitur ini mengizinkan Anda mengakses komputer tanpa harus masuk ke dalam sistem terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan fitur Internet, E-mail, Sharing File, E-Music, Photo, dan Chatting.

Dengan disediakannya fitur Precision Tweaker2, Anda bisa melakukan tuning terhadap NB Voltage, SB Voltage, dan DRAM Voltage untuk menemukan setting overclock yang benar-benar presisi dan tepat.

Untuk performa, ia cukup bagus. Dengan disandingkan prosesor AMD Phenom FX 9950 BE yang memiliki clock 2,6 GHz, performa yang dihasilkan cukup meningkat cukup tinggi, baik PCMark05 Rating, PCMark05 CPU Rating, maupun benchmark gaming menggunakan Quake 4.

MOTHERBOARD

GIGABYTE GA-MA790GP-DS4H

(Motherboard AMD Socket AM2+ Onboard VGA Terbaik)

Produk ini sudah menggunakan chipset terbaru AMD, yaitu 790GX, yang terintegarsi dengan VGA onboard Radeon HD3300. Yang cukup menarik, produk ini menggunakan sideport memory untuk VGA terintegrasi tersebut. Spesifikasi yang dimiliki adalah 128 MB DDR3, sehingga performa dari VGA onboard Anda akan meningkat antara 5% sampai dengan 10%.

Meskipun ia tidak dilengkapi dengan fitur penghemat daya DES (Dynamic Energy Saver) yang hanya dimiliki oleh motherboard bersocket LGA775, namun masih ada fitur yang bisa ditonjolkan di antaranya Dolby Home Theater dan AMD OverDrive.

Performa benchmark yang dilakukan menunjukkan hasil yang cukup bagus. Beberapa fitur dan fungsi yang ada pada produk ini juga semakin membuatnya terlihat lebih powerful. Dan lagi tambahan fitur penyerapan panas yang cukup baik karena pendingin sudah dilengkapi dengan jenis heatpipe. Dan kestabilan produk makin diperkuat dengan digunakan all high solid capasitor. Cukup untuk menjadikan produk ini salah satu pilihan.

2 thoughts on “Best Hardware 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s