Mengoptimalkan Baterai Laptop di Windows Vista

Mengoptimalkan Baterai Laptop di Windows Vista

Windows Vista Battery Saver

Windows Vista Battery Saver merupakan aplikasi pihak ketiga yang mengklaim bisa menghemat pemakaian baterai laptop sampai dengan 30%. Pada kenyataannya, Anda hanya akan menghemat 1-4% saja. Namun, angka tersebut bisa jadi sangat berarti ketika Anda harus menyimpan file yang sangat penting dan baterai sudah hampir habis.

Aplikasi ini melakukan penghematan dengan mematikan Windows Aero dan Windows Sidebar ketika laptop Anda menggunakan baterai dan akan aktif kembali ke dua fitur tersebut jika laptop dihubungkan ke outlet listrik. Windows Vista Battery Saver merupakan freeware yang bisa di-download di website-nya.

Instalasinya tidak sulit. Download file instalasi dari situsnya dan kemudian klik ganda. Jika User Access Control di-enable, Anda harus memperbolehkan instalasi supaya dilanjutkan. Pada waktu hampir selesai, proses instalasi mungkin terlihat seperti berhenti. Jika Anda mengalami hal tersebut, perhatikan apakah icon Windows Vista Battery Saver sudah muncul di system tray. Jika ya, Anda bisa langsung menutup kotak dialog instalasi dan menjalankan aplikasi. Jangan mencarinya di folder “aplikasi” karena setelah diinstalasi Windows Vista Battery Saver akan dimasukkan ke Accessories. Klik namanya untuk menampilkan jendela konfigurasi.

Konfigurasi Windows Vista Battery Saver terdiri dari enam bagian. Windows Aero: dengan opsi Always deactive on battery, Never deactivate on battery, dan Deactivate when battery is less than X (di mana X adalah persentase yang ditentukan oleh user).

Windows Sidebar: dengan opsi Always deactivate on battery, Never deactivate on battery, dan Deactivate when battery is less than X (di mana X adalah persentase yang ditentukan oleh user pula).

Power Plans Management: yang mengatur tingkat performa laptop ketika On battery dan Plugged in. Notification Messages: apakah On atau Off.

Status Windows Aero dan Sidebar: yang mengindikasikan apakah Windows Aero dan Sidebar dijalankan.

Terakhir, Battery Saver Settings: apakah Battery Saver dijalankan pada waktu startup.

Sudah jelas aplikasi yang paling banyak memkai baterai adalah Windows Aero dan Sidebar. Namun, jika sebelumnya memang tidak digunakan, Anda mungkin tidak akan merasakan penghematan baterai yang signifikan ketika menggunakan Windows Vista Battery Saver. Jika Anda suka menggunakan Windows Aero dan Sidebar, tapi inign menghemat baterai, pilihannya sudah jelas.

Anda bisa mengonfigurasi Windows Aero dan Sidebar secara manual dengan mengklik icon Windows Vista Battery Saver pada system tray dan memilih aplikasi mana yang ingin dikonfigurasi. Dari masing-masing submenu, Anda bisa memilih Always deactivate on battery atau Never deactivate on battery.

Windows Mobility Center

Tentu saja Anda tidak perlu menginstalasi aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan performa baterai laptop. Jika Anda membuka Control Panel, di situ terdapat entri bernama Mobile PC. Pada jendela Mobile PC Anda akan melihat enam opsi. Dari keenam opsi, ada dua yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah Windows Mobility Center. Di bagian ini Anda bisa mengatur Display Brightness, Volume, Battery Status, Wireless Network, External Display, Sync Center, dan Presentation Settings. Perubahan yang dilakukan di Windows Mobile Center akan terus berlaku ketika laptop menggunakan baterai. Supaya perubahan berlaku berdasarkan sumber power yang digunakan, Anda harus ke Power Options.

Power Options

Ketika ingin menghemat listrik pada laptop Windows XP, Anda pergi ke Control Panel, dan kemudian membuka Power Options. Pada Windows Vista juga sama, tapi Anda tidak akan menjumpai kotak dialog dengan beberapa tab untuk memilih dan mengganti power scheme. Windows Vista sekarang menggunakan interface yang mirip dengan halaman web untuk memilih dan mengonfigurasi power plans. Microsoft mendeskripsikan power plan Windows Vista sebagai “kumpulan setting hardware dan sistem yang mengatur penggunaan listrik komputer. Power plans bisa membantu Anda dalam menghemat energi, memaksimalkan performa sistem, dan keduanya.”

Power plans pada dasarnya mempunyai fungsi yang smaa dengan power scheme Windows XP, tapi power plans Windows Vista menyediakan interface yang mudah, dan juga beberapa fitur baru. Selain itu, Windows Vista memperbolehkan pabrikan komputer dan periheral untuk menambah power plan mereka.

Pilihan Power Plan

Ketika membuka Power Options pada Control Panel Windows Vista, Anda akan melihat halaman Power Options. Anda akan melihat, setiap power plan menyediakan gambar rating supaya Anda bisa langsung mengetahui penghematan energi dan performa yang diberikan.

Balanced dirancang untuk memberikan performa penuh ketika dibutuhkan dan akan melakuan penghematan energi ketika sistem tidak aktif dalam selang waktu tertentu. Power saver akan menghemat energi dengan mengurangi performa sistem dan dirancang untuk membantu pengguna laptop supaya bisa memaksimalkan pemakaian baterai. High Performance dirancang untuk memaksimalkan performa sistem, dan bisa dibilang tidak melakukan penghematan energi.

Di bawah setiap power plan terdapat link Change Plan, yang jika diklik akan membawa Anda ke halaman Edit Plan Settings. Pada halaman ini, Anda bisa mengubah lamanya waktu idle sebelum Windows Vista mematikan layar dan mengeset komputer ke sleep mode. Konfigurasi paling penting ketika menggunakan baterai adalah brightness layar. Aturlah serendah mungkin (tapi masih tetap nyaman di pakai bekerja) untuk menghemat baterai semaksimal mungkin.

Anda bsia melihat setting yang lebih mendetail dengan mengklik link Change Advanced Power Settings, yang akan menampilkan kotak dialog Power Options dengan satu tab bernama Advanced Setting (Anda mungkin akan mempunyai tab tambahan, bergantung pabrikan/model laptop).

Selain setting yang umum, Anda bisa mengatur pemakaian daya suatu perangkat. Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih, tapi opsi yang mempunyai pengaruh signifikan adalah Wireless Adapter Settings: untuk menghemat baterai semaksimal mungkin, pilih Maximum Power Savings, USB setting: untuk menghemat baterai semaksimal mungkin pilih enable On battery suspend, and Search and Indexing: untuk menghemat semaksimal mungkin pilih Power Saver ketika On battery.

Hybrid Sleep

Pada opsi Sleep di kotak dialog Advanced Options, Anda akan menemukan setting baru bernama hybrid sleep. Mode sleep baru ini mulai diperkenalkan pada Windows Vista dan dirancang untuk menggabungkan kecepatan aktif Sleep dengan penghematan listrik Hibernate. Hal tersebut dijalankan dengan mengeset ke hibrenation, tapi sistem akan langsung aktif dalam beberapa detik setelah tombol spasi ditekan.

Selain mengeser sistem ke hybrid sleep jika sistem tidak aktif selama selang waktu tertentu, Anda bisa melakukan secara manual dari menu Start. Secara default, jika Anda klik tombol shutdown warna merah yang ada di menu Start, sistem akan masuk ke hybrid sleep. Jadi supaya komputer benar-benar dimatikan, Anda harus memilih perintah Shut Down yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor ke panah di samping tombol Lock yang bergambar gembok.

Kembali ke kotak dialog Power Options, klik Choose what closing the lid does, Anda bisa memilih Nothing Sleep, Hibernate, atau Shut off. Kita abaikan dulu Nothing dan Shut off, sehingga pilihan yang tersisa adalah Sleep, layar dimatikan, harddisk dimatikan, dan data saat itu disimpan ke dalam memory, sehingga laptop bisa segera aktif ketika di buka. “Data” ini hanya menggunakan sedikit energi.

Hibernate sama dengan Sleep, tapi tidak menggunakan energi karena data disimpan di harddisk sehingga laptop bisa dimatikan. Namun, waktu aktifnya sedikit lebih lama dibanding Sleep. Jika Anda ingin menghemat baterai secara maksimal pilih Hibernate. Namun jika Anda tidak terlalu khawatir dengan baterai, atau Anda jarang meninggalkan laptop, pilih Sleep.

MEMPERPANJANG PENGGUNAAN BATERAI LAPTOP

Matikan Semua Fungsi yang Tidak Penting

Matikan jika Anda tidak menggunakannya. Banyak pekerja mobile yang sudah tahu bahwa Anda sebaiknya tidak memutar DVD di atas pesawat, dan setiap kali Anda menekan “Save” itu membuat hard disk mendesing (berputar) yang mengambil energi lebih besar. Namun, user sering kali lupa mematikan kartu wireless ketika tidak sedang digunakan. Ketika dibiarkan menyala, kartu wireless akan terus mencari jaringan.

Jauhi Tempat Bersuhu Tinggi

Teknologi baterai memang tidak sederhana. Namun, kita perlu tahu sedikit tentang senyawa di dalam baterai, dan bagaimana itu bisa mempengaruhi kerja Anda. Suhu bisa mempengaruhi performa Anda. Baterai paling baik digunakan (dan terutama di-change) pada suhu ruangan. Kondisi yang ekstrim bisa membuat baterai Anda cepat habis. Selain itu, hindari pengisian setengah-setengah dan gunakan baterai sampai mati. Mengisi – dan memakai baterai setengah-setengah menurut para ahli bisa memperpendek penggunaan baterai.

Biarkan Laptop Anda yang Melakukan Penghematan

Tidak semua perangkat memakai energi dengan cara yang sama. Beberapa laptop mutahir, yang diperuntukkan buat user mobile dirancang untuk lebih hemat energi. Dan itu adalah hal yang bagus – jika Anda tidak lupa untuk memanfaatkannya. Banyak user melakukan kesalahan dengan tidak memanfaatkan kemampuan perangkat itu sendiri untuk menghemat penggunaan energi. Bagaimana cara memanfaatkan penghematan energi yang ada di dalam laptop? Coba lihat user manual Anda. Kadang mengalibrasi laptop tidak sekedar mengklik ganda icon baterai pada system tray.

Selalu Bawa Perangkat Cadangan yang Menggunakan Baterai

Jika Anda bergantung pada baterai ketika melakukan pekerjaan di perjalanan, maka Anda harus melakukan cek fisik. Meskipun baterai dapat melanjutkan produktivitas Anda ketika di luar – di pesawat, tempat terpencil atau di lobi hotel – mereka tidak akan bertahan lama. Dan kenyataannya, mereka mungkin tidak akan pernah cukup – Maksudnya adalah meskipun Anda sudah melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan, mungkin pikiran Anda masih berisi ide-ide yang perlu diketikkan. Dan tanpa perlu digunakan untuk keperluan tambahan apapun, hanya masalah waktu sebelum baterai habis pada saat yang tidak menguntungkan.

Intinya adalah meskipun tips di sini akan memperpanjang baterai Anda, mereka tidak akan membuat Anda bertahan selamanya. Pabrikan mungkin membuat seolah-olah laptop mereka akan berjalan selamanya, tapi sebagian besar dari kita tahu bahwa yang terjadi adalah sebaliknya.

Iklan

4 thoughts on “Mengoptimalkan Baterai Laptop di Windows Vista

  1. terkesan dengan isi blog nya , banyak sekali ilmu yang bisa didapat. gimana caranya bisa seperti ini?ingin juga belajar…sekalian izin untuk membaca dan mengambil ilmu dari blognya

    salam

    andri

    • pak,bagaimana caranya untuk mengaktifkan baterai pada netbok vista netbook saya selalu aja mati kalau kalau dicabut charger nya

  2. halo semuanya,,,, aku minta tolong,aku punya masalh pada laptop,,, masalhnay laptop aku gag bisa dishowdon,,,, terimahkasih atas bantuannaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s