AMD Dragon

AMD Dragon

Setelah pabrikan AMD mengeluarkan platform desktop “fusion” untuk performance pada tahun 2007 yang lalu tepatnya pada November dengan nama AMD “Spider”, baru-baru ini AMD memperkenalkan penerusnya bernama AMD “Dragon”.

Pemilihan kata “fusion” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah penggabungan memang sangat tepat. Ini juga menjadi salah satu gimmick dari AMD tentunya, untuk bisa bersaing dengan rival terberatnya, yaitu Intel. Lalu, apa yang digabungkan? Tidak lain adalah seluruh produk dari pabrikan AMD yang merupakan pilihan, baik itu chipset motherboard video card, processor (CPU), dan aplikasi tools dari AMD.

Pada desktop platform AMD sebelumnya, Spider. Beberapa komponen digabungkan untuk memperoleh performa yang maksimal. Pada Spider, processor yang digunakan adalah dari kelas Phenom Quad Core, untuk video card dipilihkan dari seri ATi Radeon HD 3800 dengan dukungan penuh untuk DirectX 10.1. Untuk motherboard, chipset yang digunakan adalah AMD seri 7 dengan dukungan CrossfireX. Juga aplikasi tools tambahan yang dibuat khusus untuk melakukan monitoring dan overclocking, AMD Overdrive.

Dari penggabungan all AMD platform tersebut pihak pabrikan mendapat beberapa kesimpulan yang positif. Penggabungan ini menghasilkan kinerja yang sangat optimal dari masing-masing komponen, sehingga otomatis kinerja platform secara keseluruhan juga akan ikut meningkat. Maka dari itu, melihat dari pengalaman tersebut pabrikan AMD kembali meneruskan program “fusion” ini dengan AMD Dragon.

Inside AMD Dragon

Anda sudah mengetahui komponen apa saja yang disinergikan dalam platform Spider. Kini saatnya untuk mengetahui apa saja yang diunggulkan dalam platform baru AMD Dragon ini.

Salah satu komponen yang sangat berperan besar dari platform Dragon ini tak lain adalah processor dari seri Phenom II X4 dengan kode Deneb yang akan dirilis pada bulan Februari tahun ini. Pada platform Dragon ini user dibebaskan memilih spesifikasi processor, mulai dari Phenom II X4 805 berkecepatan 2,5 GHz sampai dengan Phenom II X4 945 yang memiliki kecepatan paling tinggi, yaitu 3,0 GHz.

Untuk kemampuan video card dipercayakan pada ATi Radeon HD 4800 series, karena saat ini ia adalah produk AMD yang tercanggih terutama jika kemudian Anda menjatuhkan pilihan kepada ATi Radeon 4870. Dijamin kemampuan graphic Anda untuk bermain game pasti luar biasa.

Beralih ke motherboard yang digunakan yang menjadi inti utama dari sebuah platform. AMD Dragon memilih motherboard dengan chipset AMD seri 7 untuk basis motherboard-nya. Selain merupakan produk terbaru, ia juga menawarkan teknologi tambahan yang menawan, seperti CrossfireX ready. Dan jika Anda menjatuhkan pilihan pada chipset AMD 790GX, maka motherboard tersebut juga akan diperkuat dengan video card terintegrasi dari seri ATi Radeon HD 3300.

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah aplikasi tools yang disediakan oleh AMD khusus untuk produk-produknya. Jika pada AMD Spider digunakan aplikasi tool AMD Overdrive, pada AMD Dragon ini juga disediakan tool yang sama dengan versi yang paling baru. Di samping aplikasi tersebut masih ditambah aplikasi lainnya untuk lebih melengkapi dan membantu kinerja dari AMD Dragon tersebut, antara lain AMD Fusion for Gaming, ATI Catalyst, ATI Video Converter, dan AMD Fusion Media Explorer Beta. Semua aplikasi tersebut disediakan gratis oleh AMD dan bisa Anda download kapan saja melalui situs resmi AMD di http://game.amd.com/us-en/drivers_catalyst.aspx.

AMD Phenom II X4

Processor AMD generasi ke dua dari seri Phenom ini disebut juga dengan true multi-core, di mana di dalam satu die processor terdapat multiple cores di dalamnya. Selain itu, processor ini juga didesain untuk menyediakan performance headroom khusus untuk penggemar PC gaming dan kalangan enthusiasts yang kurang puas dengan kinerja processor ini. Dengan kata lain, processor ini sudah mendukung untuk dioverclocking sampai pada batas optimal processor ini. Teknologi processing yang digunakan sudah menggunakan 45 nm, dengan jumlah transistor adalah 758 jut adan berdimensi 258 mm.

Beberapa fitur yang diterapkan dalam processor baru ini, antara lain:

· Direct Connect Architecture: Teknologi untuk mengurangi bottleneck yang sering terjadi pada arsitektur FSB melalui jalur yang berbeda dan dengan kecepatan tinggi. Dengan kata lain, teknologi ini menggantikan teknologi FSB yang sudah ada.

· Hyper Transport 3.0: Teknologi yang mampu meningkatkan bandwidth I/O secara signifikan sehingga kinerja system secara keseluruhan akan meningkat. Terutama untuk performa 3D yang mendukung DirectX 10. Bottleneck juga akan diminimalisasikan untuk performa harddisk access, USB device, dan beberapa periheral yang lainnya dengan adanya jumlah bandwidth yang besar.

· Total Cache and Enhanced Total Cache: Memberikan performa yang lebih bagus ketika terjadi aktivitas multitasking dan multithreading dikarenakan setiap core memiliki L2 cache sendiri. Dan kemampuannya membagi data secara cepat diantara keempat core tersebut dengan memanfaatkan L3 cache.

· AMD Wide Floating Point Accelator: Memberikan performa yang lebih baik untuk kinerja floating-point yang biasa digunakan untuk aplikasi seperti digital media player dan game-game yang menghadirkan fitur 3D di dalamnya.

· AMD Digital Media Xpress 2.0: Memberikan pengalaman baru untuk 3D graphic yang lebih tajam dan mirip aslinya. Sehingga akan membawa Anda merasakan pengalaman baru dalam bermain game, menonton video, atau film DVD.

· Cool’n Quiet 3.0: Digunakan untuk melakukan manajemen power sehingga selain Anda bisa menghemat daya yang diperlukan processor, performa juga tidak akan terganggu. Dengan adanya teknologi ini, memungkinkan Anda menggunakan daya yang kecil pada saat idel dan akan memberikan Anda daya kecil pada saat idel dan akan memberikan Anda performa yang maksimal saat Anda memerlukannya. Semua diatur dengan teknologi ini.

ATI Radeon HD 4800 Series

Pemilihan video card discrete seri yang digunakan untuk platform Dragon memang sangat tepat sekali. ATI Radeon HD 4800 Series memiliki performa dua kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya (seri 3800). Graphic card ini akan memberikan tampilan gaming yang jauh lebih realistik dan performa yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya. Fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan pada seri ini antara lian kemampuan compute power hingga 1 teraFLOPS, memori berspesifikasi GDDR3/GDDR5, menggunakan 800stream processing unit, interface ram 256-bit, dukungan terhadap DirectX 10.1, CFAA (Custom Filter Anti-Aliasing) 24x dan Anisotropic filtering, mendukung penuh PCI Express 2.0, berkapasitas physics processing untuk gaming. Dan yang tak ketinggalan adalah fitur ATI CrossfireX untuk menerapkan multi GPU, mampu digunakan hingga empat discrete GPU dengan menggunakan basis motherboard AMD 790FX. Teknologi AT Avivo HD video dan tentunya juga technology ATI PowerPlay.

Dari data yang didapatkan, di Indonesia, Dragon akan mulai dipasarkan bersamaan dengan peluncuran AMD Phenom II X4, yaitu pada kuartal pertama tahun 2009 ini. Patokan untuk platform Dragon saat ini adalah sekitar US$900, yang di dalamnya akan berisi processor AMD Phenom II X4, ATI Radeon HD 4870 dengan RAM 1 GB, motherboard dengan chipset AMD 790GX, dan RAM berjenis DDR2-1066 dengan kapasitas 4 GB.

Sedangkan, untuk harga patokan prosesor AMD Phenom II X4 940 Black Edition 3.0 GHz diharga sekitar US$275 dan untuk kecepatan yang lebih rendah AMD Phenom II X4 920 Black Edition 2,8 GHz dihargai sekitar US$235.

One thought on “AMD Dragon

  1. Bagaimana optimalkan kompi utk game?

    Saya memakai kompi dengan motherboard Biostar TA790GX 128M 5.x, yg spesifikasinya sbb :

    – Supported Socket AM3 processors AMD Phenom II X4 / Phenom II X3 / Phenom II X2 processor

    – Support latest AMD Phenom X4 , X3 / Athlon /Sempron processors

    – AMD 140W processor support

    – AMD 790GX Chipset with ATI Radeon HD 3300 Graphics

    – On Board 128MB DDR2 Side-Port memory

    – Dual-Channel DDR2 -1066/800/667/533

    – ATI Hybrid Graphics Support

    – Superior scaling with ATI CrossFireX technology

    – Integrated HDMI/DVI interface with HDCP Support 1080P HD Video Experience

    – AMD OverDrive Utility Support

    Processor yg saya pake AMD Athlon X2 7750 Black, dengan memory kingston 2Gb DDR2.

    Yg mo saya tanya, klo mau tambah VGA Card yg compatible dengan VGA Card on board minimal harus yg dengan spesifikasi seperti apa?
    Kalo ATI Hybrid Graphics Support dan Superior scaling with ATI CrossFireX technology maksudnya gmn yah? Kelebihan ATI Hybrid & ATI CrossFireX apa sih?

    Dan klo memory mau saya upgrade dengan kingston Hyper X DDR2 apa memory yg ada dicabut aja ato bisa dipasang barengan?

    Ato ada saran2 rekomendasi lainnya dari yg lainnya utk mengoptimalkan kompi/motherboard yg saya pake..
    Trims..

    Rincian tambahan
    >> kalau pasang VGA baru tapi VGA on board nya tetep jalan optimal bisa jg kan ya? kan sayang klo yg on boardnya musti di off kan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s