Windows 7 Beta

Windows 7 Beta

PC adalah bagian intergal dalam kehidupan sehari-hari jutaan orang. Saat ini PC tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, dapat melakukan lebih banyak hal, dan digunakna untuk tujuan yang mungkin tidak dapat kita bayangkan pada lima tahun yang lalu. Selama bertahun-tahun, operating system Windows® menjadi lebih dari sekadar tulang punggung pada PC, Windows menjadi partikel yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain, mengatur jadwal bekerja, riset di dunia akedemis, atau sekadar bersenang-senang.

Harapan terhadap PC

Peran PC terus berkembang pesat di masa sekarang, maka harapan untuk sebuah operating system pada PC pun terus berkembang. Harapan yang paling dasar yang ada di benak setiap individu saat ini, adalah operating system yang responsif, aman, handal, dan mampu menjadi fondasi yang baik bagi aplikasi maupun perangkat digital.

Pengguna PC menginginkan operating system yang dapat membantu tugas-tugas sehari-hari menjadi lebih cepat dan tetap mudah digunakan, memberikan pilihan baru dalam berinteraksi dengan PC dan kemampuan untuk segera menemukan apa yang dibutuhkan. Pengguna juga menginginkan semua perangkat digital, seperti multi printer, ponsel, kamera, dan MP3 player dapat saling bekerja sama dengan PC, sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari, mengakses, dan berbagi informasi di seluruh komponen digital tersebut untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

Pengguna ingin sesuatu yang lebih terpadu dengan menggabungkan kolaborasi dengan layanan online secara terpadu dengan lebih sederhana. Dan ketika melakukan browsing, pengguna ingin agar lebih cepat dan lebih mudah tanpa mengurangi tingkat keamanan PC yang digunakan.

Peran PC di sudut pandang perusahaan juga berkembang. Hal ini menyajikan tantangan bagi IT professional, pertumbuhan ponsel, netbook, dan komputer portabel yang menyediakan lebih banyak fleksibelitas bagi pengguna komputer di lingkungan perusahaan yang memberikan tantangan lain bagi IT professional. Kontrol atas komputasi berbagai macam perangkat tersebut di lingkungan jaringan perusahaan yang semakin kompleks, mutlah harus tetap dipertahankan. Pada saat yang sama, IT professional harus terus meningkatkan keamanan dan kepatuhan semua perangkat tersebut. IT professional harus menemukan cara-cara baru untuk merampingkan semua aspek manajemen termasuk PC desktop, dan deployment aplikasi administrasi yang sedang berlangsung dan pendukungnya.

Tren Pasar dan Teknologi

Pengembangan Windows 7 tidak terlepas dari tren pasar dan teknologi yang saat ini sedang berkembang.

· Kemajuan perangkat keras seperti layar sentuh, solid state disk, processor dengan multicore, dan sistem 64 bit.

· Hampir 1.500 “Plug and Play” baru muncul setiap hari dan lebih dari 4 juta perangkat “Plug and Play” pada tahun 2010. Perangkat “Plug and Play” seperti MP3 player dan ponsel dapat menyimak banyak informasi dan menjadi semakin kompleks.

· Laptop sekarang lebih lazim dari desktop. Beberapa pengembangan dari laptop semakin populer, seperti NetBooks, Ultra mobile PC, dan Tablet PC.

· Pengguna PC ingin memiliki berbagai banyak opsi untuk koneksi online melalui jenis apapun konektivitas yang tersedia.

· Di beberapa negara, lebih dari 50 persen rumah tangga memiliki lebih dari satu PC. Rata-rata pengguna tersebut menemui kesulitan dalam pengaturan jaringan dan sharing informasi.

· Browsing web tetap menjadi aktivitas yang paling popular pada PC, pengguna komputer menghabiskan waktu lebih banyak di web dan melakukan lebih banyak hal di dalamnya. Setiap pengguna PC ingin tahu bahwa mereka dilindungi dari hacker, malware, virus, dan bentuk lain ancaman yang berbasiskan Internet.

Fokus Pengembangan

Operating system Windows adalah bagian dari keseharian miliaran orang-orang di dunia. Pengalaman masing-masing individu tentu berbeda dalam cara yang cukup signifikan. Windows didesain berdasarkan tren yang berkembang dan masukkan dari pengguna Windows edisi sebelumnya agar dapat dicapai kepuasan pengguna yang maksimal. Windows 7 juga dirancang agar dapat memberikan manfaat yang berimbang, baik bagi pengguna dan IT professional sebagai administrator. Berikut adalah beberapa fokus pengambangan Windows 7:

· Pengembangan Windows 7 difokuskan untuk penggunan di perangkat mobile, seperti laptop, nettop, dan Tablet PC. Operating system ini dikembangkan agar tetap responsif dalam processor dan memory komputer dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, aman digunakan dalam berbagai macam jaringan Internet, dan mampu memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru perangkat keras secara maksimal.

· Microsoft Windows 7 dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi dengan personalisasi untuk masing-masing pengguna untuk mendapatkan sesuatu secara lebih cepat dan melakukan tugas-tugas sehari-hari secara lebih optimal.

· Windows 7 dikembangkan untuk membantu pengguna mendapatkan pengalaman terbaik untuk berkaloborasi dengan media digital dan perangkat “Plug and Play”.

· Windows 7 di bangun dengan kompatibilitas yang maksimal dengan Windows Vista. Semua aplikasi yang running di Windows Vista akan tetap berjalan dengan baik di Windows 7.

· Arsitektur Windows 7 dirancang semaksimal mungkin untuk tetap aman terkoneksi dengan Internet dan memberikan kemudahan untuk berkoneksi. Generasi terbaru dari sistem koneksi TCP/IP untuk koneksi yang lebih cepat hingga sistem keamanan yang terintegrasi, dan user account control untuk menjamin operating system tetap aman menghadapi berbagai macam variasi serangan berbasis Internet.

Instalasi dan Upgrade

Windows 7 dirancang dengan tetap memperhatikan pengguna Windows edisi sebelumnya sehingga pengalaman pengguna dalam proses instalasi Windows Vista tidak berubah pada Windows 7.

Windows 7 memungkinkan pengguna untuk mengetahui proses upgrade secara rutin dalam progress bar selaras dengan proses yang berjalan di latar belakang. Windows 7 menyediakan semua informasi yang berhubungan dengan konfigurasi yang dibutuhkan agar proses upgrade tidak mengalami kegagalan, seperti PC, memory, dan ruang harddisk diperlukan, kompatibilitas aplikasi, dan kompatibilitas perangkat digital.

Windows Anytime Upgrade di Windows 7 memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade dengan cepat dan dari satu edisi Windows 7 ke edisi lainnya hanya dalam waktu sekitar 10 menit tanpa memerlukan media fisik (DVD). Semua perangkat lunak yang diperlukan untuk mengupgrade sudah berada pada PC pengguna. Proses ini mengubah kustomisasi tampilan dan nuasana desktop yang tersimpan.

Pengembangan Fundamental

Semua inovasi baru pada Windows 7 tidak menjadi penting jika operating system ini tidak memberikan dasar fundamental yang diinginkan oleh pengguna. Oleh karena itu fundamental adalah hal yang menjadi fokus pengembangan Windows 7. Kecepatan yang lebih baik saat menyalakan, mematikan, dan melanjutkan dari siaga (standby). Mampu bekerja dengan baik dengan berbagai macam aplikasi dan perangkat keras serta mampu menjaga keamanan dengan cara yang baru adalah hal-hal fundamental yang diinginkan oleh pengguna Windows.

Lebih cepat dan Responsif

Tidak ada seorang pun yang senang menunggu. Setiap pengguna ingin agar operating system yang digunakannya selalu siap dan merespon dengan cepat untuk apapun yang dilakukan. Windows 7 dirancang untuk selalu siap dan responsif saat menyalakan, mematikan, dan kembali dari siaga. Saat kembali dari siaga, Windows 7 akan langsung terkoneksi kembali dengan Wireless Network yang terakhir digunakan dan memungkinkan pengguna langsung bekerja kembali secara lebih cepat.

Windows 7 dirancang dengan mengurangi aktivitas latar belakang dan menambahkan dukungan untuk memicu layanan (services) hanya saat dibutuhkan saja, misalnya layanan Bluetooth hanya dimulai bila perangkat Bluetooth terhubung dengan PC. Windows 7 juga memberikan pelayanan perbaikan pada kernel yang mengharuskan semua aplikasi dan layanan berjalan dengan memori yang efisien.

Banyak fitur di Windows 7 ditingkatkan kecepatannya, misalnya rendering dari grafik di sejumlah DirectX dan kemampuan aksesbilitas otomatisasi API (Application Programming Interface) yang secara signifikan dipercepat dari versi sebelumnya.

Ukuran dari Desktop Window Manager dan “graphical stack” dalam Windows 7 dikurangi agar dapat mengirimkan interface pengguna yang lebih responsif ke berbagai konfigurasi sistem. Kemampuan juga ditambahkan untuk memperbolehkan produsen perangkat keras untuk meningkatkan kinerja video driver mereka.

Pengembangan Windows 7 juga menggunakan teknik baru untuk memastikan bahwa Windows 7 memberikan kinerja yang solid. Tim virtual khusus yang terdiri dari developer, tester, dan UI desainer difokuskan untuk kecepatan Windows 7 agar selalu responsi. Setiap modul dalam Windows 7 melalui proses testing untuk memastikan modul tersebut efisien sekaligus deteksi dini terhadap kinerja sistem operasi.

Browsing dengan Internet Explorer 8 di Windows 7 dirancang agar memenuhi harapan pengguna mengenai browsing dengan kecepatan yang lebih baik. Semua ini akan terefleksi saat membuat tab baru dan respon yang terbaik dari situs yang berbasiskan “JavaScript” atau “AJAX”. Beberapa perbaikan dilakukan pada “Address Bar”, “Search”, “Tab”, dan “Favourite Bar”. Semua dirancang untuk mengurangi waktu yang diperlukan bagi pengguna untuk mengunjungi tempat yang diinginkannya saat mengarungi Web.

Penyortiran dan pengelompokkan data dari hasil pencarian juga dilakukan dengan sangat cepat karena Windows 7 mencakup semua peningkatan kinerja dari Windows Search 4.0, sehingga pencarian dan indexing yang lebih cepat.

Keandalan

Windows 7 adalah versi Windows yang paling diandalkan saat ini. Pengguna hanya akan mengalami lebih sedikit interupsi, dan dapat “recovery” lebih cepat dari masalah yang terjadi karena Windows 7 akan membantu memperbaiki masalah tersebut. Beberapa perangkat tambahan pada Windows 7 yang meningkatkan keandalan meliputi:

· Fault Toleransi Heap”, dirancang untuk menyelesaikan masalah memory yang salah urus tanpa memerlukan perubahan ke aplikasi yang bermasalah. Sebagai gambaran, 15% dari “crash” yang sekarang terjadi disebabkan oleh “heap corrupption”. Fitur ini akan mengurangi “crash” secara signifikan.

· Process Reflection”, akan mengurangi gangguan disebabkan oleh proses diagnostik. Misalnya terjadi sebuah proses kemudian mengalami kegagalan. Windows 7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui “kloning”. Proses yang gagal akan di diagnosis dan si saat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) dapat terus berjalan sehingga pengguna akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika Windows 7 menganalisis kondisi kegagalan tersebut.

· Windows 7 juga akan memantau sendiri keandalan secara lebih mendalam dan memberikan pengguna informasi tersebut melalui Monitor UI yang lebih baik.

Peningkat Umur Baterai

Windows 7 menggunakan energi seefisien mungkin dalam rangka meningkatkan umur dan penggunaan baterai terutama bagai pemakai mobile PC. Hal ini tentu akan membantu produktivitas pengguna secara signifikan tanpa mengurangi kinerja dan kecepatan komputasi. Beberapa perbaikkan untuk penggunaan energi ini, antara lain adalah peningkatan waktu siaga untuk processor bila tidak terpakai, mematikan/meredupkan waktu siaga secara otomatis, dan penggunaan energi yang minimal untuk pemutaran DVD.

Windows 7 mengurangi kegiatan di latar belakang (background processing) dan memperbarui mekanisme picu sistem layanan (services), sehingga processor tidak terlalu sering menggunakan proses jika tidak terpakai oleh pengguna. Hal ini meningkatkan umur baterai secara signifikan.

Layar mobile PC yang umumnya menggunakan daya baterai yang lebih dari yang lain. Windows 7 secara otomatis mengurangi kecerahan layar setelah masa nonaktif, seperti yang populer di ponsel. Windows 7 juga cukup cerdas menyesuaikan dengan aktivitas pengguna. Misalnya, jika layar meredup dalam 30 detik, pengguna segera memindahkan mouse untuk menerangi layar, Windows 7 akan menunggu 60 detik sebelum layar meredup lagi.

Windows 7 memiliki sebuah fitur yang disebut dengan “Wake on Wireless LAN” untuk membangunkan pC yang sedang dalam mode “siaga” melalui jaringan nirkabel, misalnya jika pengguna ingin melihat foto yang terdapat dalam PC di ruang keluarga yang sedang dalam mode “siaga”. Pengguna dapat membangunkan PC tersebut melalui komputer lain yang terhubung dengan jaringan nirkabel dan memungkinkan melihat foto yang tersimpan pada komputer di ruang keluarga. Fitur ini juga sangat berguna bagi IT professional di lingkungan perusahaan untuk membantu melakukan pemeliharaan perangkat lunak dengan tetap dapat meminimalkan biaya untuk listrik.

Windows 7 juga mendukung Green Computing, karena banyak sekali fitur dalam Windows 7 yang mampu mengurangi daya secara signifikan. PC pada umumnya akan tetap mengirimkan daya ke “network adapter” meskipun kabel “ethernet” tidak terkoneksi pada PC. Windows 7 akan memutus aliran daya secara otomatis pada “network adapter” bial tidak ada kabel “ethernet” yang terkoneksi ke PC dan akan mengembalikan daya saat kabel tersambung.

Pada Windows 7 juga diperkenalkan fitur baru yang disebut dengan “Power Config”, untuk mendeteksi permasalahan di perangkat, kebijakan, firmware, sistem pengaturan, aplikasi, dan tempat umum lainnya untuk melakukan pengaturan pengurangan daya dan meningkatkan efisiensi.

Keamanan

Virus, spyware, root kit, dan phising adalah berbagai bentuk ancaman caru yang saat ini ada. Windows 7 dibangun dengan system keamanan yang telah terbukti di Windows Vista dan mampu menahan ancaman dari berbagai lapisan pertahanan. Windows 7 dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan framework “Security Development Lifecycle (SDL)” dari Microsoft, sebuah proses yang ketat dan telah terbukti secara signifikan meningkatkan keamanan dan mengurangi kode yang cacat serta berpotensi rentan serangan.

Beberapa pengembang fundamental di area keamanan Windows 7 antara lain adalah “Kernel Patch Protection”, “Service Handening”, “Data Execution Prevention”, “Address Space Layout Randomzation”, dan “Mandotory Integrity Level”. Semua proteksi tersebut melapisi keamanan yang melindungi keamanan dan privasi di Windows Vista seperti “User Account Control” (UAC), Windows Defender, “Windows Filtering Platform”, dan “Parental Control”.

Beberapa fitur tersebut sudah cukup teruji di Windows Vista seperti UAC yang telah berhasil mengurangi infeksi malware. Survei membuktikan bahwa 60% pengguna Windows Vista lebih sedikit mengalami infeksi malware dibandingkan pengguna Windows XP. Namun, beberapa pengguna di Windows Vista mengalami frustasi dengan prompt elevasi yang muncul di WINdows Vista. Fitur prompt UAC di Windows 7 akan dikurangi tanpa mengurangi fungsionalitas dari UAC itu sendiri, demi memberi kenyamanan pada pengguna sekaligus meminimalisasi serangan malware di saat yang bersamaan.

Proteksi Data

Windows 7 memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat melindungi data pengguna bila terjadi sesuatu yang salah karena PC semahal apapun tidak akan luput dari kemungkinan “hardware failure” dan kita tidak pernah bisa menjamnin komputer kita akan aman dari pencurian. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk proteksi data antara lain adalah “BitLocker To Go”, “Integrated Fingerprint Readers and Logon”, “Backup and Restore”, dan “System Restore”.

Setiap tahun, ratusan ribu komputer tanpa perlindungan yang telah hilang. Namun, pengguna juga dapat kehilangan data Anda tanpa harus kehilangan PC, karena meluasnya penggunaan USB flash drive dan perangkat penyimpanan data pribadi lainnya. “BitLocker To Go” memberikan perlindungan terhadap pencurian data dan eksposur. “BitLocket ™ mendukung enkripsi di perangkat penyimpanan data, seperti memori flash drive dan portable hard drive, sehingga membantu pengguna melindungi data sensitif.

Windows 7 juga semakin memudahkan pengguna mengkonfigurasi pengaturan “back-up” dalam tiga langkah mudah untuk membuat cadangan semua file atau hanya file tertentu. Pilihan lainnya, seperti cadangan file ke lokasi jaringan atau ke DVD. Windows 7 juga meningkatkan kecepatan dalam “restore” sehingga memungkinkan pengguna untuk mengembalikan setiap file, folder, atau semua file pribadi pengguna dalam waktu cepat.

User Experience

Dalam Windows 7, Microsoft menetapkan untuk mempercepat dan menyederhanakan hal yang sering dilakukan oleh pengguna. Pengguna biasanya ingin mendapat kemudahan menyimpan file secara langsung pada desktop dan sering bekerja dengan beberapa aplikasi, tentu aka lebih intuitif bila ada cara untuk beralih antara aplikasi tanpa harus mengatur ulang jendela.

Saat menggunakan Windows 7, kita akan menemukan banyak hal yang istimewa. User interface yang lebih interaktif dan responsif, dengan navigasi yang akan membawa kita pergi lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Taskbar

Untuk membantu pengguna melacak file dan program, “taskbar” di Windows 7 mewakili setiap buka jendela sebagai grafis “thumbnail”. Jika pengguan mengalihkan mouse ke “thumbnail”. Icon yan glebih besar membuatnya lebih mudah untuk memilih dengan mouse atau dengan sentuhan “touchscreen” jika perangkat keras mendukung. Pengguna Windows 7 dapat bekerja lebih cepat dengan menempatkan setiap aplikasi pada “taskbar”, sehingga pengguna selalu tahu lokasi dari aplikasi yang digunakan paling sering.

Jump List

“Jump List” membantu mengurangi kekacauan pada desktop dan membantu mengambil file yang tersimpan dalam suatu lokasi dalam waktu yang lebih cepat. “Jump List” dapat ditemukan pada menu “Start”. “Jump List” di isi secara otomatis berdasarkan pada seberapa sering pengguna melakukan sesuatu aplikasi, lagu favorit, atau dokumen yang baru dikerjakan.

Aero Desktop Enhancements

Bila kita pernah mengalami perjuangan untuk membandingkan “line up” dua jendela untuk membandingkan isinya, maka Aero Desktop di Windows 7 dapat mempermudah pekerjaan tersebut. Bekerja dengan beberapa jendela pada desktop sangat mudah. Windows 7 juga memungkinkan pengguna untuk “mengintip” di balik jendela untuk melihat desktop secara lebih cepat dan mudah untuk melihat apa pun, baik itu gadget atau file.

Windows Explorer dan Libraries

Windows Explorer pada Windows 7 memudahkan mengatur semua file pengguna dan menyediakan tempat, di aman pengguna dapat melihat dan mengatur file pada PC pengguna maupun PC lainnya yang terhubung ke jaringan. Fitur ini memberikan cara baru untuk melihat file dan folder, misalnya pengguna dapat mengatur dokumen atau foto berdasarkan penulis, subjek, tanggal dibuat, jenis file, dan lokasi penyimpanan.

Pengembangan Lain

Pengembangan lain dari Windows 7 antara lain adalah hasil yang lebih komprehensif saat mencari file (searching), UI baru untuk kalkulator, mencari lebih cepat dengan XPS Viewer, cara baru untuk melakukan konektivitas dengan “wireless network”, dan kemampuan konektivitas dengan perangkat digital. Semua pengembangan tersebut ditujukan untuk memberikan pengalaman lebih cepat dalam melakukan setiap aktivitas sekaligus menampilkan “User Experience” yang baru dan lebih menarik.

Kesimpulan

Semua informasi tentang fitur yang dipaparkan dalam artikel kali ini merujuk pada Windows 7 Beta (build 7000) dan informasi ini bukan merupakan fitur final Windows 7. Namun dapat disimpulkan bawa Windows 7 dibangun berdasarkan masukan dari pengguna Windows di seluruh dunia. Windows 7 dibangun dengan semangat “Green Computing”, mampu menggunakan daya seefisien mungkin dan memiliki kapabilitas untuk berjalan di atas PC dengan spesifikasi minim dengan tidak mengorbankan performa dari operating system. Semenjak diluncurkan pada awal Januari 2009, feedback dari seluruh dunia tentang Windows 7 sangat positif. Artikel ini sendiri ditulis dengan Windows 7 yang berjalan di atas komputer yang diperkuat dengan prosesor Atom dan memory 1 GB.

4 thoughts on “Windows 7 Beta

  1. Ping-balik: Mudha Nge-Blog » Ulasan Software - Windows 7 Beta

  2. Ping-balik: Windows 7 « Neptunuz is Suryana Blog

  3. Ping-balik: Neptunuz is Suryana Blog » Blog Archive » Windows 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s