AMD Phenom II X4

AMD Phenom II X4

Sudah cukup lama AMD tidak dapat bersaing dengan Intel. Namun sekarang, produsen chip terbesar kedua ini meluncurkan prosesor Quad Core Phenom II X4. Menurut sebuah sumber yang belum dapat dikonfirmasi, chip 45 nm yang dikenal sebagai “Deneb” ini ditawarkan dengan clock sebesar 2,8 GHz (untuk seri 920) dan 3 GHz (seri 940).

Menurut AMD, Phenom II rata-rata bakal lebih cepat 20% dibandingkan pendahuluan. Hasil ini paling tidak ditunjukkan pada pengujian awal. Dengan Cinebench 2003, Phenom II X4 940 bekerja 12% lebih cepat dibandingkan Phenom X4 9950 BE dengan clock sebesar 2,6 GHz. Hasil yang sama juga diberikan oleh PCMark05. Disini, nilainya mneingkat dari 7.597 poin pada Phenom menjadi 9.055 poin pada Phenom II. Varian 940 dengan clock yang lebih tinggi pun memberikan hasil yang patut diharapkan pada kecua benchmark ini. Dibandingkan dengan Intel Core i7, kinerja prosesor baru AMD ini dapat bersaing. Core i7 940 dengan clock yang lebih rendah sedikit kalah pada PCMark05 (8.362 poin). Sementara, dengan Cinebench, Core jelas lebih unggul.

Dengan Phenom II, AMD bakal menawarkan sebuah platform komputer yang baru. Selain CPU baru, “Dragon” ini juga dilengkapi dengan chipset AMD 700 dan graphics card Radeon seri 4000. Platform tersebut untuk pertama kalinya memberikan dukungan terhadap RAM DDR3 dan socket AM3. Sayangnya produk ini belum tersedia sebelum bulan Februari.

Phenom II X4 940 dan Phenom II X4 920 kompatibel dengan soket AM2+ yang lama, paling tidak dengan melakukan update BIOS yang sesuai. Varian Phenom II yang bakal direncanakan pada bulan Februari, seperti Tripple-Core Phenom II X3, masih menerapkan motherboard berbasis AM3.

Info: www.amd.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s