Layanan Push E-Mail

Layanan Push E-Mail

Demam Blackberry saat ini sedang melanda masyarakat Indonesia. Dari mulai kalangan artis yang berlomba-lomba melengkapi gayanya dengan sebuah Blackberry, tentu dengan sarung “kondom”-nya yang terkenal berwarna “ngjreng”, seperti warna pink, merah, hijau dan sebagainya. Sampai dengan anak-anak pelajar sudah memiliki Blackberry. Padahal tentu sudah diketahui khalayak ramai bahwa para pengguna Blackberry tersebut tidak seluruhnya mengetahui apa fungsi utamanya dari produk ini. Bahkan dari kalangan artis yang mengaku bahwa Blackberry hanya digunakan untuk menelpon, SMS, MMS, dan foto-foto. Sungguh pernyataan yang menggelikan, jika melihat kemampuan di balik Blackberry tersebut yang sangat besar. Lalu, jika hanya digunakan untuk kegiatan tersebut apa bedanya Blackberry dengan ponsel lain?

Bukan suatu rahasia lagi bahwa Blackberry berharga cukup mahal untuk ukuran orang Indonesia. Dengan perbandingan PDA atau smartphone yang berharga sama malahan spesifikasi, fitur, dan fungsi yang diberikan mahal bisa lebih bagus dibandingkan dengan Blackberry. Namun, apa yang sebenarnya menjadi daya tarik “magis” produk yang satu ini. Tidak lain adalah kemampuannya mengolah e-mail dan menjadikannya layanan push e-mail. Kemampuan tambahan lain seperti Wi-Fi dan GPS sudah dimiliki oleh produk lainnya. Jika menilik urusan ketersediaan network, Blackberry cukup lambat, di mana ponsel sekarang sudah memiliki network sekelas 3G, produk Blackberry masih setiap dengan network GPRS-nya. Meskipun memang saat ini sudah ada produk Blackberry dengan fitur 3G, namun harganya masih sangat mahal. Jenis Blackberry yang memiliki koneksi network 3G atau HSDPA adalah Blackberry Bold yang harganya saat ini berkisar di harga Rp. 7 juta-an.

Namun janganlah berkecil hati terlebih dahulu, fungsi push e-Mail masih bisa Anda dapatkan dengan biaya yang sangat murah dan bahkan gratis. Anda tidak perlu harus mengeluarkan dana berjuta-juta rupiah hanya untuk membeli satu device saja. Anda hanya harus memikirkan membayar koneksi GPRS pada PDA atau Smartphone Anda. Untuk informasi saat ini sudah ada provider yang memberi tarif Rp. 0.1/Kb data yang di-download melalui GPRS.

Sekilas tentang Push E-Mail

Pengertian tentang sebutan push e-mail sendiri cukup beragam. Namun dari beberapa sumber yang kami dapatkan, pengertian push e-mail adalah sebuah sistem e-mail yang memiliki kemampuan “always-on” atau menyala terus. Di aman setiap e-mail yang masuk ke dalam mail server akan langsung diteruskan (pushed) kepada e-mail client. Yang dimaksud e-mail client di sini adalah aplikasi e-mail, baik yang ada di dalam PDA, Smartphone, ataupun yang ada di dalam PC.

Push e-mail ini sebenarnya sudah ada sejak dulu untuk koneksi wired menggunakan koneksi Internet berbasis kabel yang memang juga sudah ada sejak dulu. Di mana koneksi ini biasanya digunakan untuk PC dan laptop.

Sedangkan, untuk push e-mail berbasis wireless memang kali pertama dikenalkan dan digunakan oleh device dari Blackberry, di mana produk in imemadukan antara portable device dan wireless sehingga terciptalah ungkapan “always-on”.

Perangkat yang Dibutuhkan

Ada beberapa perangkat yang Anda butuhkan sebelum Anda bisa menggunakan layanan push e-mail tersebut. Di antaranya sebuah perangkat PC atau laptop yang dilengkapi dengan port USB. Perangkat PC atau laptop ini digunakna untuk mendownload dan menginstal aplikasi push e-mail ke dalam PDA atau Smartphone Anda. Berikutnya adalah koneksi Internet juga diperlukan, karena ada beberapa layanan push e-mail yang mengharuskan Anda melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut meskipun aplikasi tersebut adalah gratis.

Yang paling penting adalah device PDA atau Smartphone yang Anda miliki, kami sarankan memiliki operating system Windows Mobile, mulai Windows Mobile 5 sampai dengan Windows Mobile 6. Dari semua OS yang ada, seperti Symbian, Palm, dan lain-lain, OS Windows Mobile 6 paling mudah digunakan.

Device PDA atau smartphone yang Anda miliki juga harus memiliki network GPRS, minimal. Karena koneksi ini yang akan digunakan untuk layanan push e-mail. Dan pastikan juga setting GPRS pada device Anda sudah benar dan sudah siap digunakan.

Cukup banyak memang layanan aplikasi push e-mail yang bisa Anda dapatkan melalui Internet, ada yang berbayar ada juga yang gratis. Ada yang harus menggunakan server mail dari aplikasi tersebut, ada jug yaang bisa menggunakan mail server sendiri. Banyak dan cukup beragam.

Kami akan membahas enam aplikasi push e-mail yang saat ini banyak digunakan khusus untuk Anda. Di sini akan diberikan link dari aplikasi-aplikasi tersebut dan Anda bisa mendownloadnya sendiri.

Emoze

http://www.emoze.com

ini adalah aplikasi push e-mail yang saat ini paling banyak dibicarakan dan kemungkinan juga memiliki hit download paling banyak. Emoze bisa digunakan pada PDA atau Smartphone dengan operating system Windows Mobile dan Symbian.

Instalasi Emoze bisa dilakukan langsung pada device milik Anda atau Anda download terlebih dahulu ke dalam PC, lalu kemudian melakukan instalasi melalui PC.

Setelah terinstal, Anda diharuskan membuat account baru, wajar untuk setiap aplikasi push e-mail yang baru Anda instal.

Beberapa langkah yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

· Buatlah new account terlebih dahulu.

· Pilih koneksi Internet yang akan digunakan dan pastikan Anda sudah melakukan setting GPRS secara benar dan sudah Anda tes bekerja dengan baik dan lancar.

· Untuk username pakailah alamat e-mail yang ingin Anda masukkan ke dalam device Anda. Sebagai contoh adalah alamat Gmail dengan format, username@gmail.com.

· Setelah memasukkan username, kemudian Anda diharuskan juga memasukkan password account e-mail tersebut. Ketika Anda ketik password-nya, kemudian akan berubah menjadi tanda bintang. Misalnya, Password 12345 akan menjadi *****.

· Kemudian pada menu connection type, Anda bisa memilih POP3 atau IMAP, tergantung pada apa yang di-support oleh mail server Anda. Untuk contoh, Gmail menggunakan connecting type IMAP.

· Pada menu incoming server ada dua cara, yaitu melewati server web Emoze dan langsung melalui server milik Anda sendiri. Untuk melalui server Emoze, lakukan setting Incoming server ke: gw.emoze.com.

· Sama dengan incoming server, outgoing server juga harus di-setting secara benar. Karena ini digunakan untuk melakukan send e-mail dari device Anda. Untuk melalui server emoze, lakukan setting Outgoing server ke : gw.emoze.com. Kemudian lakukan tes send-receive untuk pertama kali.

Interface yang utama yang bisa Anda lalukan adalah Inbox, Outbox, dan Send yang memang terlihat cukup mungil. Dari pengujian yang dilakukan, Emoze bekerja cukup baik, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menerima e-mail yang di “pushed” sekitar 1-2 menit. Ini juga tergantung pada koneksi yang Anda terima di lokasi di mana Anda menerima e-mail tersebut. Tentu semakin besar koneksi yang Anda dapatkan, maka semakin cepat juga push e-mail tersebut akan bekerja.

Nilai minus dari Emoze adalah ia tidak men-support e-mail yang memiliki attachment. Baik saat menerima atau mengirim. Juga waktu yang dibutuhkan untuk menerima e-mail sekitar 1-2 menit, dan hal ini menurut kami cukup lambat jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Seven

http://coommunity.seven.com/main.php

Berbeda dengan Emoze, aplikasi push e-mail serupa yang diberi nama Seven belum begitu dikenal di Indonesia, untuk kalangan awam tentunya. Nmaun untuk kalangan yang kami sebut “gadgeters”, tentu sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Sebenarnya Seven adalah aplikasi push e-mail yang berbayar, namun ia juga menyediakan aplikasi gratisnya yang mereka sebut dengan Seven Beta Program. Pada Seven Beta Program, Anda bisa men-download dengan bebas aplikasi push e-mail dengan berbagai kegunaan yang berbeda. Terdapat pilihan untuk Consumer Editon, Out of Office, Workgroup Edition, dan Enterprise Edition. Sebagai awal, silakan coba Consumer Edition saja, di mana pilihan ini sudah bisa Anda gunakan untuk berbagai macam hal, khususnya jika hanya ingin menggunakan fitur push e-mail saja. Dengan Seven Consumer Editon, Anda sudah bisa melakukan setting berbagai e-mail Anda, baik Anda yang memiliki mail sendiri ataupun fasilitas e-mail gratis, seperti Gmail, Yahoo! Mail, dan Hotmail.

Sebelum Anda menginstal aplikasi ini ke dalam PDA atau smartphone, pastikan Anda sudah melakukan registrasi terlebih dahulu di website resmi Seven, http://www.seven.com. Untuk menjamin aplikasi ini bisa digunakan pada device Anda tersebut.

Adapun beberapa operating system yang sampai saat ini sudah didukung oleh Seven Beta Program,yaitu:

· Windows Mobile 6 Professional dan Standard.

· Windows Mobile 5 Pocket PC.

· Windows Mobile Smartphone.

· Symbian Series 60 v3 dan Symbian UIQ v3 devices.

· Palm OS 5.X.

· Sony Ericsson J2ME devices.

· Nokie Series 40 J2ME devices.

Instalasi atau setting cukup mudah. Pastikan terlebih dahulu setting koneksi data GPRS pada device Anda sudah ter-setting dengan baik dan berjalan dengan baik pula. Pada pilihan awal menu, Anda akan dihadapkan pada pilihan menu pembuatan account E-mail, yaitu:

· Work untuk pemilihan corporate e-mail yang pasti memiliki mail server sendiri.

· Yahoo! Untuk pilihan e-mail Yahoo! Anda yang akan di-push ke device Anda.

· Gmail untuk pilihan account e-mail Gmail Anda.

· AOL Mail untuk account e-mail Anda berjenis ini jika ada.

· Hotmail untuk pilihan account berjenis ini.

· Other POP, account e-mail di luard dari pilihan-pilihan tersebut diatas. Tentunya yang memiliki fitur POP.

· Other IMAP, account e-mail selain yang diatas yang memiliki fitur IMAP.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan setting standar pengisian e-mail address dan password. Ikuti saja langkah yang di-instruksikan oleh aplikasi tersebut. Dan secara otomatis jika data yang Anda masukkan benar, Anda sudah bisa menggunakan fitur push e-mail dalam device Anda.

Pada setting standar setelah instalasi, fitur push e-mail belum sepenuhnya dijalankan. Anda harus mengaktifkan secara manual dengan cara pilih salah satu account e-mail Anda yang sudah aktif, kemudian pilih menu setting, kemudian lanjutkan ke menu General. Pada menu ini, Anda bisa melakukan setting push e-mail dengan cara pilih menu push dan ubah pilihan yang tadinya ter-setting Do not push menjadi Real Time. Kemudian setelah itu scroll ke bawah dan Anda harus men-setting jam berapa saja push e-mail dilakukan dan kapan berakhirnya. Setelah selesai, pilihlah Done dan Anda sudah bisa menikmati fitur push e-mail layaknya device Blackberry.

Kami sudah melakukan pengujian terhadap aplikasi ini. Waktu untuk send-receive cukup cepat di antara aplikasi sejenisnya. Dan jika kami rasakan memang benar-benar real time. Jeda waktu antara pengiriman e-mail dan penerimaan e-mail kurang dari 1 menit.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah baterai Anda akan sangat boros, dan kemungkinan pembengkakan penggunaan koneksi GPRS. Satu lagi adalah aplikasi ini adalah bertitel beta program, kami juga tidka tahu sampai kapan aplikasi Seven ini digratiskan.

Ventus

http://www.ventusmobile.com/mobile/

banyak tentunya yang sudah mengenal aplikasi yang satu ini. Memang Ventus adalah nama layanan push e-mail yang dikenalkan oleh provider Telkomsel. Namun, jika Anda melihat sejarah link-nya, ia addalah salah satu turunan dari Seven. Waktu pertama kali kami menemukan aplikasi ini atau lebih tepatnya situs-nya, kami berpikir ini adalah layanan yang dikhususkan untuk pengguna telkomsel dan berbayar tentunya. Namun, setelah kami telusuri lebih jauh lagi dan kami mendapatkan aplikasi client Ventus-nya yang juga didapatkan dari website-nya ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk seluruh operator di Indonesia.

Aplikasi ini menghadirkan layanan push e-mail secara real time ke device Anda. Baik pengiriman dan penerimaan berbentuk attachment di dukung oleh aplikasi ini. Namun jika sudah mengandung attachment, bersiaplah untuk melihat pulsa Anda habis digunakan untuk koneksi GPRS.

Berbagai fitur yang dimiliki, antara lain receive, reply dan forwarding termasuk attachment yang ada di dalam e-mail tersebut. Sedangkan untuk fitur calendar, personal contact, dan corporate contact hanya tersedia untuk Ventus dengan versi corporate.

Untuk e-mail yang didukung adalah e-mail gratis seperti Yahoo! Mail, Gmail, dan e-mail perusahaan yang memiliki mail server sendiri yang memiliki basis POP3 atau IMAP4. Ada juga server e-mail lain yang didukung, namun hanya untuk konsumsi Ventus Corporate saja seperti Microsoft Exchange 5.5, 2000, 2003, dan Lotus Domino 6.0 dan 6.5.

Untuk operating system device-nya, sementara Ventus gratis, hanya mendukung Symbian, Symbian UIQ, Windows Mobile Pocket PC, dan Windows Mobile Smartphone. Sedangkan untuk Ventus versi corporate sudah mendukung Windows Mobile 5.0.

Operator network yang didukung oleh Ventus adalah hampir seluruh operator yang ada di Indonesia, bukan hanya Telkomsel. Asalkan untuk CDMA fitur PDN-nya harus sudah diaktifkan dan untuk GSM fitur GPRS-nya juga sudah diaktifkan.

Instalasi Ventus sendiri sangat mudah dilakukan. Setelah men-download file .CAB yang sesuai dengan jenis device Anda, kemudian lakukan instalasi. Saat selesai instalasi, Anda diharuskan langsung mengisi account e-mail yang ingin di-push ke device Anda. Di sini Anda bisa memilih antara Corporate e-mail dan Personal e-mail. Untuk pilihan Personal e-mail biasanya menggunakan account Gmail atau Yahoo! Mail. Di sini Anda hanya perlu memasukkan e-mail address dan password Anda, selanjutnya Ventus akan secara otomatis mem-push e-mail tersebut ke device Anda.

Berbeda dengan Corporate e-mail, di mana Anda dalam hal ini bisa melakukan setting terhadap e-mail kantor Anda yang tentunya memiliki mail server sendiri. Langkah yang diperlukan memang agak panjang dan membutuhkan aktivasi sebelum Anda bisa menggunakan fitur ini. Ikuti saja langkah-langkah yang harus Anda isi pada device Anda.

Setelah kami melakukan percobaan terhadap Ventus ini, ia memiliki performa yang cukup baik. Anda akan selalu di-informasikan kapan device Anda connect ke server, kapan Anda mengirim e-mail, kapan Anda menerima e-mail, kapan Anda login, kapan Anda logoff. Semua detail tersebut ditampilkan dalam satu window khusus dalam device Anda. Waktu yang diperlukan untuk melakukan send dan receive e-mail tersebut antara 1 menit lebih, namun tidak sampai 2 menit.

Kekurangan mungkin masih sama dengan aplikasi push e-mail lain,yaitu “memakan” baterai device lebih cepat dari biasanya. Dan juga waktu trial (gratisan) yang diberikannya hanya 2 minggu saja atau 14 hari.

Morange

http://morange.com

Aplikasi ini juga tergolong baru. Kelebihannya adalah Morange merupakan aplikasi multifungsi, karena selain bisa digunakan untuk fungsi push e-mail, ia juga bisa digunakan untuk fungsi lain yang beragam seperti chatting, rss feed reader, penyimpanan virtual, melakukan remote desktop, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi ini memiliki dua versi yaitu versi yang gratis (standar) dan berbayar (VIP). Perbedaan terletak pada fitur yang diberikan, tidak semua fitur VIP ada di edisi standarnya. Namun uniknya, pada saat Anda mendaftar baru sebagai user, maka Anda akan diberikan masa aktif satu bulan untuk versi VIP. Anda juga bisa memperpanjang masa aktif tanpa harus membayar dengan cara mempromosikan aplikasi ini kepada teman atau rekan Anda. Cukup menarik peraturan yang diberlakukan.

Aplikasi Morange ini memiliki berbagai fungsi antara lain:

· Kemampuan untuk melakukan push e-mail yang disertai attachment. Sementara hanya mendukung mail server yang menggunakan POP3 seperti contoh e-mail Yahoo atau Gmail. Namun tentu saja, e-mail corporate Anda bisa juga di-push, karena biasanya mail server corporate sudah menggunakan teknologi POP3 dan IMAP4.

· Selain sebagai push e-mail, ia juga bisa digunakan untuk instant messaging atau yang lebih Anda kenal dengan chatting. Messaging yang didukung hampir semua, yaitu MSN, GTalk, QQ, ICQ, AOL, dan tidak ketinggalan juga Yahoo! Messenger.

· Fitur lainnya, ia bisa digunakan juga sebagai RSS feed reader untuk selalu mengikuti berita-berita, bai dari news feed maupun RSS blog.

· Fitur ini belum dimiliki oleh aplikasi sejenis yang lain, yaitu Virtual Strorage. Di mana dengan fitur ini, Anda bisa menyimpan data dengan batasan 50 MB. Cukup besar memang untuk sebuah Virtual Storage.

· Satu lagi fitur yang juga menarik adalah remote desktop dan PIM sync, di mana Anda bisa melakukan synchronize terhadap desktop Anda dan juga melakukan remote. Namun, ini memerlukan aplikasi tambahan yang terinstal pada desktop PC Anda dan juga PC Anda harus menyala setiap saat.

Secara keseluruhan, tampilan dari Morange cukup menarik, interface-nya kami rasa juga cukup menarik. Aplikasi ini memang berukuran cukup besar untuk ukuran PDA atau Smarphone device, yaitu sekitar 400 KB untuk file mentahnya. Dan setelah dilakukan instalasi akan membutuhkan ruang sebesar 900 KB. Jadi siapkan terlebih dahulu device Anda sebelum instalasi.

Kinerja cukup baik kami rasa, untuk push e-mail send dan receive berkisar antara 2-3 menit, chatting maupun RSS feed bisa berfungsi dengan lancar. Namun, memang bukan merupakan pilihan yang utama menurut kami. Hanya samapi sebatas alternatif saja.

Kekurangan dari produk ini adlaah ia bersifat terbatas atau memiliki limitasi hanya satu bulan saja untuk Anda bisa menggunakan seluruh fitur yang ada pada Morange. Dan juga lamanya waktu untuk melakukan send dan receive e-mail dalam melakukan push mail.

Cortado

http://www.cortado.com/euen/CortadoFree/Ataglance.aspx

Lain dari beberapa push e-mail yang disebutkan diatas sebelumnya, Cortado bukan merupakan sebuah aplikasi, namun lebih berupa layanan e-mail berbentuk web based. Cortado akan memberikan layanan e-mail yang bisa diakses untuk beberapa tipe PDA dan Smartphone tertentu saja. E-mail yang masuk ke Cartado akan diterukan langsung ke device Anda dengan notifikasi. Cortadi menggunakan Microsoft Exchange 2003 untuk basis teknologi push e-mail yang digunakan.

Opsi untuk mendaftar disediakan dua pilihan, yaitu free atau gratisan dan berbayar. Kami sudah mencoba untuk menguji dengan cara mendaftar sebagai user baru dengan fasilitas free. Yang membedakan, domain e-mail Anda akan berakhiran dengan @cortado.com.

Jika Anda sudah memiliki e-mail lain, namun belum memiliki teknologi POP3 dan IMAP4, Anda tinggal men-forward e-mail tersebut ke account Cortado yang sudah Anda miliki. Karena dengan begitu, Anda bisa menikmati layanan push e-mail dari Cortado. Cortado memang menggunakan teknologi IMAP4 dan memang sengaja tidak disediakan aplikasi tambahan. Anda bisa langsung menggunakan fitur push e-mail yang dimilikinya dengan cara melakukan setting e-mail client biasa yang terdapat pada device PDA, atau smartphone Anda, baik yang ber-OS Windows Mobile, Java, atau Symbian bisa menikmati fitur tersebut.

Beberapa hal yang akan Anda dapatkan saat mendaftarkan diri untuk layanan Cortado Free mail:

· Mailbox sebesar 20 MB.

· Personal address book.

· Akses web outlook.

· Spam filter dan proteksi virus untuk keamanan e-mail.

· Push mail menggunakan teknologi IMAP IDLE.

· Langkah melakukan konfigurasi hampir untuk seluruh PDA dan Smartphone yang ada di pasaran.

· Opsi untuk menggunakan account e-mail Anda yang sudah ada dengan cara mem-foward ke account Cotardo.

Mail2Web

http://live.mail2web.com

Layanan push e-mail ini mirip dengan Cortado yang mengandalkan web based. Masih sama dengan Cotardo, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu untuk memiliki account mail2Web untuk bisa menikmati layanan push e-mail yang ditawarkan.

Mail2Web memberikan fasilitas e-mail yang memiliki kemampuan untuk melakukan synchronize melalui koneksi GPRS dan dukungannya terhadap Microsoft Exchange ActiveSync Server membuat pengguna PDA atau Smartphone dengan OS Windows mobile atau Symbian bisa menikmati layanan push e-mail dari Mail2Web. Asalkan device tersebut sudah di-instal aplikasi Mail4Exchange.

Saat mendaftar untuk mendapatkan account gratis, Anda akan mendapatkan account dengan akhiran @mail2web.com, sama persis dengan Cortado. Anda akan mendapatkan kapasitas e-mail sebesar 20 MB. Selanjutnya untuk melakukan setting push e-mail pada device milik Anda ada dua cara yang bisa digunakan.

Cara pertama adalah dengan setting konfigurasi manual yang langsung bisa Anda ikuti pada langkah-langkah yang disediakan oleh mail2web. Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan cara men-download file konfigurasi yang saat ini hanya bisa digunakan untuk beberapa macam ponsel PocketPC saja. Dengan file konfigurasi ini akan secara otomatis melakukan setting terhadap device Anda saat Anda menjalankan aplikasi tersebut.

Sama seperti Cortado, Anda yang memiliki account e-mail lainnya, Anda dapat langsung mem-forward account e-mail Anda tersebut ke accoutn miliki Mail2Web. Mail2Web memiliki fasilitas Exchange ActiveSync Server, sehingga ia juga memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi data Calendar dan Task langsung ke dalam device yang Anda gunakan.

Kesimpulan:

Dari ke-enam layanan push e-mail yang kami berikan tersebut, memang tidak ada yang superior antara satu dengan yang lainnya. Rata-rata kemampuan yang dimiliki hampir sama, kekurangan yang dimiliki juga cenderung sama.

Fitur dan kemampuan yang dimiliki yaitu bisa melakukan push e-mail secara real time, fitur synchronize, dukungan terhadap teknologi POP3 dan IMAP4 hampir semua memiliki.

Kekurangan yang sama, yaitu akan lebih cepat menghabiskan baterai. Dari pengujian yang dilakukan secara real time akan menyedot baterai Anda hingga hanya bisa bertahan satu hari saja.

Waktu melakukan send dan receive juga mnejadi satu nilai tersendiri, meskipun memang tidak bisa secepat Blackberry dlaam melakukan push e-mail. Namun kami rasa, waktu antara 30 detik sampai 3 menit masih cukup masuk akal. Utama untuk layanan push e-mail gratisan.

Namun, jika kami diharuskan memilih, kami akan memilih aplikasi Seven. Alasannya, dengan Seven, Anda tinggal men-download, meng-instal aplikasi dalam PDA atau Smartphone Anda, melakukan setting, dan seluruh e-mail baik yang gratisan maupun e-mail corporate yang memiliki mail server sendiri dengan teknologi POP3 atau IMAP4.

Iklan

3 thoughts on “Layanan Push E-Mail

  1. Salam, saya ksulitan untk bisa mngirim/mnerima email langsung dari hp sy ‘k320i, ID email aktiv di yahoo,internet hp aktv,settingn account email di hp dah nmpel,aplikasi morange v ada,
    Tp bgaimna detil lngkahny supay bsa krim/trima email dri fitur hp ku?

  2. SAYA PAKAI SEVEN, EMAIL SAYA YAHOO….GAMNPANG TINGGAL IKUTIN AJA PERINTAHNYA….SEKARANG EMAIL YAHOO SAYA TERKONEKSII LANGSUNG KE HP BB…..THANKS ATAS INFONYA…..SUKSES TERUS…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s