Software Freeware 18

Software Freeware 18

Glary Utilities

PC Tuning Lengkap

Semua keperluan untuk men-tuning Windows tersedia dalam paket Glary Utilities. Salah satu modulnya, “Files & Folders”, dapat menganlisis pemakaian hard disk serta menghapus folder kosong dan file-file ganda. Apabila boot PC kurang cepat, gunakan Startup Manager untuk menonaktifkan berbagai entri autorun “sampah”. Registry Cleaner-nya dapat digunakan untuk menyingkirkan entri-entri tak berguna dari registry Windows. Pada modul “Privacy & Security” tersedia fungsi untuk menghapus cookies dan browser log Anda, serta menghapus file secara permanen (file shredder).

Tips 1: Pada tab “1-Click Maintenance” tersedia fungsi-fungsi yang dapat dijalankan secara otomatis. Di sana, Anda dapat menyingkirkan spyware, cookies, dan file temporer, serta men-start pembersih registry.

Tips 2: Sebelum melakukan pembersihan, buat sebuah backup melalui “Menu|Restore Center”. Tentukan sebuah Restore Point atau restorasikan ke sebuah Restore Point lama agar dapat terhidnar dari berbagai risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Info: www.glaryutilities.com

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP – Vista

WinHTTrack

Akses Web secara Offline

Dengan WinHTTrack Anda dapat men-download seluruh website dan membukanya secara offline. Program ini dapat menyimpan struktur lengkap website. Agar download-nya berlangsung cepat, jangan sertakan file multimedia atau batasi proses download pada sublevel tertentu. Dengan demikian, Anda pun dapat menghemat tempat di hard disk. Ukuti panduan wizard untuk memulai proses download dan mengatur konfigurasinya.

Tips 1: Apabila website-nya rumit atau kompleks, proses download akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Percepat proses dengan meningkatkan bandwidth untuk download dalam “Set Options|Limits|Max Transfer Rate”. Setting standar sebesar 25 KB/s (sekitar 200 Kbit/s). tingkatkan juga jumlah koneksi ke website di bawah tab “Flow Control”.

Tips 2: Agar download tidak berlangsung sangat lama, pertimbangkan juga data apa saja yang Anda butuhkan. Melalui “Settings|Scan Rules”, pilih tipe file dan link mana saya yang disertakan atau tidak disertakan dalam download.

Info: www.httrack.com

OS: Windows 95 – 98 – 2000 – XP

Defraggler

Defragmentasi Terarah

Defragmentasi perlu dilakukan agar respons hard disk selalu terjaga. Sayangnya, program bawaan Windows terlalu lambat melakukan defrag. Coba gunakan Defraggler yang dapat men-defrag file atau folder tertentu tanpa harus men-defrag seluruh partisi. Sebaiknya, periksa juga, apakah hard disk mengalami kerusakan fisik.

Tips: Sayangnya, opsi untuk men-defrag beberapa folder sekaligus tidak tersedia. Anda hanya dapat men-defrag folder satu per satu melalui “Action|Defrag Folder”.

Info: www.defraggler.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

FreeCommander

Pengganti Explorer

Windows Explorer hanya dapat menampilkan satu window dalam interface-nya. Bagi sebagian pengguna, keterbatasan ini cukup mengganggu. FreeCommander dapat menampilkan dua jendela, sehingga manajemen dan pengoperasian file menjadi lebih mudah bagi mereka. Yang menarik adalah fungsi sinkronisasi folder dan browsing arsip tanpa harus meng-ekstraknya.

Tips: Folder-folder yang sering dibuka dapat Anda simpan sebagai Favorites agar dapat diakses lebih cepat. Anda dapat mengelolanya melalui “Folders|Favorites”.

Info: www.freecommander.com/de

OS: Windows 2000 – XP – Vista

aTunes

Bisa Diajak Bersenandung

Seperti halnya player lainnya, aTunes menawarkan fasilitas standar, seperti playlist dengan fungsi sortir dan filter, ID3 tagging, hingga dukungan terhadap layanan radio online dan podcast. Yang menarik, aTunes memiliki fasilitas unik yaitu informasi detail mengenai artis dan album.

Tips: Player ini juga dapat menampilkan lirik lagu yang cocok saat berkaraoke. Dengan mengklik icon mikrofon pada playlist, instrumental lagu bisa diaktifkan. Hasilnya cukup baik dengan sedikit efek noise.

Info: www.atunes.org

OS: Windows 2000 – XP – Vista

ClamWin Portable

Pembasmi Virus Portabel

Dengan Antivirus ClamWin Portabel, Anda dapat memeriksa keberadaan virus atau malware lainnya di aman saja. Cukup install pada USB flash drive dan Anda pun telah dapat men-scan setiap PC sebelum memakainya. Program ini memiliki sebuah fungsi update terintegrasi untuk memperbarui virus signature-nya.

Tips: Hindari scanning PC menyeluruh yang memboroskan waktu. Akan lebih cepat bila Anda membatasi ukuran file dan menonaktifkan opsi “Extract File from Archives” melalui “Tools|Preferences|Limits”

Info: http://portableapps.com/de

OS: Windows 98 – ME – 2000 – XP – Vista

Fotosizer

Mengubah Ukuran Foto

Foto sering tidak boleh melampaui ukuran tertentu, misalnya untuk upload ke sebuah website. Fotosizer dapat menyesuaikan ukurannya dengan cepat ke format yang diinginkan. Untuk itu Anda hanya perlu menarik foto atau folder tertentu ke bagian “Image selection” dan menentukan ukurna dan kualitas yang diinginkan.

Tips: Program ini tidak hanya dapat mengubah ukuran. Melalui “Optional settings”, Anda dapat memutar banyak foto-foto sekaligus dan mengkonversinya ke foto jenis hitam/putih atau negatif.

Info: www.fotosizer.com

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP – Vista

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s