Software Freeware 19

Software Freeware 19

DVD Flick

Membuat DVD dari Klip-Klip Video

Pilih video dan buat menunya, maka DVD Anda langsung tercipta. Tidak ada yang lebih cepat daripada program authoring DVD Flick. Semua opsi penting diatur sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu mengubah apa pun. DVD Flick mendukung impor berbagai format audio dan video yang populer untuk membuat DVD. Project yang sudah selesai dapat langsung dibakar pada sebuah keping CD, DVD (termausk dual layer), atau dalam sebuah file ISO.

TIPS 1: Pada bagian “Project Settings|Video” tersedia empat encoding profile yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menentukan, apakah kecepatan atau kualitas gambar yang lebih dipentingkan. DVD lebih cepat rampung dengan profile “Fastest”, tetapi kualitas gambar tampak kurang bagus, terutama pada film panjang. Dengan profile “Best” kualitas gambar akan lebih baik.

TIPS 2: Apabila Anda ingin membakar beberapa video pada DVD, disarankan membuat menu untuk navigasi yang lebih baik. Melalui “Menu Settings”, pilih salah satu template yang dapat Anda lihat langsung dalam preview yang ada di sebelah kanan. Tandai opsi “Enable Menu” agar menu tampak pada DVD.

TIPS 3: Melalui fungsi “Edit Title|Audio tracks”, Anda pun dapat mengganti klip audio untuk mengganti ilustrasi musiknya dengan lagu-lagu favorit Anda.

Info: www.dvdflick.net

OS: Windows 2000 – XP – Vista

HDShredder

Hapus Data Tanpa Sisa

Sebelum membuang, memberikan, atau menjual PC lama Anda, hapus semua data yang tersimpan dalam hard disk dengan program penghapus file yang tepat. Salah satu pilihannya, yaitu HDShredder, bisa dijalankan melalui disket atau CD. Boot PC Anda dari disket atau CD tersebut dan pilih drive dalam menu. File-file Anda ditimpa berulang kali hingga tidak dapat direstorasi kembali.

TIPS: Untuk penggunaan standar, versi freewarenya sudah memadai bagi Anda. Versi komersial yang dijual seharga US$ 40 menawarkan fungsi yang lebih banyak dan kemampuan hapus yang lebih baik.

Info: www.miray.de

OS: Windows 98 – ME – 2000 – XP – Vista

Partition Manager

Mempartisi Hard Disk

Modifikasi partisi yang telah dibuat tidak mudah dilakukan di Vista. Windows versi terdahulu bahkan sama sekali tidak menyediakan fungsi tersebut. EASEUS Partition Manager bisa digunakan untuk memodfikasi partisi (membuat, memperbesar, atau memperkecil) tanpa kehilangan data. Selain itu, aplikasi ini dapat memeriksa kondisi hard disk.

TIPS: Untuk menyembunyikan sebuah partisi, pilih partisi dan klik menu “Partitions|Advanced|Hide”. Kini, Anda telah dapat melindungi berbagai data sensitif secara efektif dari akses orang lain.

Info: www.partition-tool.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

doPDF

Membuat File PDF

Setelah meng-install-nya, doPDF akan berfungsi sebagai printer virtual Windows yang akan memberikan output file PDF dari berbagai dokumne teks, foto, mail, presentasi, atau halaman web. Buka file dengan masing-masing program lalu cetak. Pilih printer doPDF lalu perintahkan untuk mencetak melalui “Print”. Terakhir, masukkan folder tujuan untuk PDF yang akan dibuat.

TIPS: Pilih “Printing preferences” dalam menu konteks “doPDF v6” dan tentukan ukuran halaman, resolusi, dan skala yang diinginkan.

Info: www.dopdf.com

OS: Windows XP – Vista

Sisoft Sandra Lite

Cek Kemampuan PC

Sisoft Sandra menyediakan informasi detail mengenai semua komponen hardware, status sistem operasi, atau koneksi jaringan. Namun, fungsi utama program ini adalah menyediakan berbagai fasilitas benchmark untuk menganalisis kemampuan PC Anda. Versi terbaru menyediakan perbaikan pada pengujian graphic dan dukungan pada standar DirectX 9 dan DirectX 10.

TIPS: Melalui “Tools|Analysis and Advice”, Anda dapat menjalankan sebuah wizard untuk mengoptimalkan PC.

Info: www.sisofware.net

OS: Windows XP – Vista

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s