Internet Explorer 8.0

Internet Explorer 8

Pada Februari 2009 lalu, Microsoft meluncurkan Internet Explorer 8 (IE8) versi Release Candidate (RC), versi terakhir sebelum versi final. Internet Explorer 8 versi RC hadir dengan berbagai pengembangan yang tentunya semakin memanjakan para peselancar web, baik dalam hal keamanan, kemudahan penggunaan serta beberapa feature baru. Namun tidak hanya memanjakan peselancar saja, di versi yang ke delapan ini, Microsoft pun secara agresif berusaha untuk memanjakan para pengembang web dengan menambahkan feature Developer Tools.

Developer Tools adalah sebuah tools bawaan Internet Explorer 8.0 yang dapat membantu para pengembang software untuk mengembangkan sebuah halaman web. Dengan menggunakan feature ini, kegiatan seperti melihat jalannya eksekusi kode Java Script dan mengubah kode HTML secara on the fly dapat secara mudah dilakukan. Tools ini tentunya dapat dikolaborasikan dengan Visual Studio 2008 yang di dalamnya telah ada dukungan Intellisensi untuk kode Javascript dan HTML. Ini akan semakin memudahkan pekerjaan pengembang software ketika mengembangkan dan juga men-debug aplikasi web.

Kemudahan dalam melakukan navigasi tentunya menjadi dambaan setiap peselancar web. Hal ini diakomodir oleh Internet Explorer 8 dengan feature Tab Grouping. Dengan bantuan feature ini, Internet Explorer akan secara otomatis melakukan pengelompokan halaman-halaman yang sedang Anda kunjungi. Sebagai contoh ketika Anda sedang mengunjungi sebuah website, Anda menemukan sebuah link / tautan yang sangat menarik. Kemudian Anda memutuskan untuk membuka link tersebut di tab baru, Internet Explorer akan secara otomatis membuka tab baru tersebut tepat di sebelah tab halaman yang menyediakan link tersebut. Selain itu, pengguna pun akan dimudahkan dalam membedakan grup-grup yang ada berdasarkan warna dari tiap tab.

Ketika sedang membuka sebuah halaman web untuk mencari informasi, sering kali pengguna memerlukan referensi website lain yang serupa. Dalam Internet Explorer 8, hal ini dapat segera diselesaikan dengan adanya feature Suggested Site. Dalam menggunakan feature ini, ketika Anda sedang membuka sebuah website maka IE akan segera otomatis mencari website-website yang serupa dan menampilkan rekomendasinya kepada Anda.

Keamanan

Keamanan tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam dunia web sekarang ini. Tentunya Anda telah mendengar istilah Phishing. Phishing merupakan sebuah usaha untuk memperoleh informasi sensitif, seperti username, password, dan lainnya dari pengguna web. Pada umumnya usaha ini dilakukan dengan cara membuat sebuah website palsu yang hampir sama dengan web aslinya. Sebagai contoh, beberapa tahun lalu dunia perbankan Indonesia sempat gempar dengan munculnya beberapa web yang memiliki tampilan sama dengan tampilan sebuah webiste bank ternama sehingga mengecoh para pengguna layanan bank tersebut.

Dalam Internet Explorer 8 hal semacam itu dapat diatasi dengan beberapa feature yang dimilikinya. Salah satunya adalah feature Domain Highlighting. Feature ini akan secara otomatis menyorot nama top level domain halaman web yang sedang Anda kunjungi. Dengan demikian tentunya ketika Anda sedang mengunjungi sebuah halaman web, Anda dapat secara cepat melihat top level domain dari halaman tersebut dan dapat segera menentukan apakah halaman ini halaman dari domain yang ingin Anda kunjungi atau tidak.

Feature lainnya yang akan turut menjamin keselamatan Anda ketika berada di “rimba” web adalah feature yang disebut SmartScreen Filter. Dengan menggunakan feature ini, secara otomatis Anda akan dilindungi dari halaman-halaman web yang dinilai berbahaya oleh Microsoft sehingga ketika Anda secara tidak sengaja mengunjungi sebuah website berbahaya maka sebuah window peringatan akan secara otomatis muncul. Anda pun dapat membantu mengamankan peselancar lainnya dengan melaporkan webiste-website yang Anda nilai berbahaya ke Microsoft.

Salah satu bagian dalam keamanan adalah privasi. Di Indonesia sebagian pengguna Internet masih menggunakan warung Internet untuk browsing, chatting, dan lainnya. Salah satu kendala yang muncul ketika Anda sedang berselancar di warung Internet/komputer publik adalah Anda harus menghapus sejarah browsing Anda lengkap dengan cookies-nya jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui data Anda. Satu hal yang cukup merepotkan. Seirng kali Anda pun lupa untuk melakukannya, sehingga orang lain bisa mengetahui aktivitas browsing Anda. Dan lebih parahnya, kadang kala mereka dapat mencuri informasi sensitif milik Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan mode InPrivate yang ada dalam Internet Explorer 8. Dengan menggunakan mode ini, secara otomatis browser akan menghapus data seperti sejarah browsing, cookies, dan data lainnya.

Feature Baru

Salah satu filosofi yang diusung oleh Internet Explorer adalah “Reach Beyond the Page”. Filosofi ini menyiratkan sebuah psan bahwa IE ingin membawa sebuah pengalaman baru bagi penggunanya ketika sedang berinteraksi dengan dunia web. Hal tersebut diwujudkan dalam tiga feature baru, yaitu Webslices, Accelerator, dan Visual Search.

ACCELERATOR: Ketika Anda sedang berselancar tentu Anda sering kali melakukan operasi meng-copy sebuah informasi dari halaman web, membuka halaman web lainnya, lalu mem-paste pada halaman baru tersebut.

Contoh konkrit, misalnya Anda sedang membaca sebuah halaman yang berisikan informasi tentang sejarah hidup seorang pahlawan. Kemudian Anda menemukan bahwa pahlawan tersebut lahir di sebuah tempat yang tidak Anda ketahui lokasinya, biasanya yang Anda lakukan adalah meng-copy nama tempat tersebut kemudian membuka sebuah tab baru dalam browser Anda. Lalu, melakukan navigasi pada halaman baru tersebut untuk membuka sebuah layanan peta dan melakukan operasi “Paste” untuk mencari lokasi dari nama tempat tersebut pada peta.

Bagi sebagian orang, hal tersebut cukup merepotkan dan memakan waktu. Dalam Internet Explorer 8.0, terdapat sebuah feature baru bernama Accelerator. Dengan Accelerator, skenario di atas dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Dalam skenario tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyorot nama tempat yang ingin Anda ketahui lokasinya, kemudian tekan tombol “Accelerator”, pilih website penyedia layanan peta yang ingin digunakan, lalu sebuah peta yang menampilkan lokasi tempat tersebut akan segera tampil di halaman itu juga.

Cara kerja Accelerator sebenarnya cukup sederhana. Apa yang dilakukan oleh Accelerator adalah mengirimkan informasi dari sebuah halaman web ke sebuah website yang menyediakan layanan tertentu. Anda dapat memilih informasi yang akan dikirim dengan cara memblokir informasi yang yang dikirimkan. Secara default, ada beberapa layanan yang tersedia di Internet Explorer 8.0 yang dapat Anda gunakan. Salah satu contohnya adalah Translate with Live Search yang akan berfungsi sebagai kamus yang akan menerjemahkan kata-kata yang Anda blokir. Contoh lainnya adalah Blog with Windows Live yang akan mengirimkan informasi yang telah Anda blok menjadi isi dari halaman blog Anda di Windows Live.

WEBSLICES: Sering kali kita membuka sebuah halaman web secara berkala hanya untuk melihat informasi yang menempati sebagian kecil dari porsi halaman tersebut. Contoh sederhananya, misalkan Anda sedang mengikuti lelang di website lelang Ebay. Sudah pasti Anda secara berkala hanya untuk melihat kemajuan lelang dari produk yang Anda inginkan tanpa melihat informasi-informasi lain yang juga tersaji dalam halaman tersebut.

Hal ini cukup merepotkan dalam dua hal. Pertama, Anda harus secara periodik membuka halaman tersebut secara manual. Kemudian, Anda pun memperoleh informasi yang tidak Anda perlukan dalam halaman tersebut yang berarti Anda telah membuang-buang bandwidth untuk sesuatu yang tidak Anda perlukan.

Dalam Internet Explorer 8.0 hadir sebuah feature baru yang bernama Webslices yang cocok untuk skenario di atas. Dengan menggunakan Webslices, Anda dapat seolah-olah berlangganan sebagaimana kecil saja dari halaman web atau dapat dikatakan hanya melihat potongan dari halaman tersebut. Internet Explorer pun akan secara otomatis meng-update Webslices tersebut sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi. Untuk menggunakan feature ini caranya cukup mudah Anda hanya tinggal mengklik tombol “Webslices” yang umumnya ada di sebelah bagian yang ingin Anda amati. Kemudian secara otomatis, Internet Explorer akan menampilkan potongan halaman tersebut pada “Favourite Bar” sehingga mudah untuk diakses.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda hanya dapat menggunakan feature ini pada website yang telah mendukung Webslices. Di Indonesia, salah satu website yang telah mendukung layanan ini adalah www.kaskus.us.

VISUAL SEARCH: Dalam Internet Explorer 7 terdapat feature baru yaitu Search Box. Fungsi utama dari feature yang cukup populer ini adalah memudahkan Anda dalam melakukan pencarian. Ketika Anda ingin mencari sebuah informasi di Internet, Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci tersebut pada kotak yang ada di sebelah kanan layar. Namun dalam Internet Explorer 8.0, Microsoft menambahkan sebuah kapabilitas baru dalam Search Box, yaitu Visual Search.

“A picture is worth a thousand words”, adalah sebuah kutipan terkenal dari Napoleon Bonaparte. Jika diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia, kutipan tersebut memiliki arti bahwa sebuah gambar dapat menjelaskan ribuan kata. Tentunya kutipan tersebut pun berlaku ketika Anda sedang melakukan pencarian di Internet. Pada praktiknya, sering kali Anda akan terbantu jika hasil pencarian Anda dilengkapi dengan gambar. Dengan adanya gambar, Anda dapat secara cepat memutuskan apakah hasil pencarian tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Sebagai contoh, ketika Anda mencari dengan kata kunci “Jakarta” utnuk mencari informasi tentang kota, tanpa bantuan dari gambar yang mendeskripsikan hasil pencarian, Anda perlu membaca terlebih dahulu deskripsi singkat dari tiap hasil pencarian. Berbeda jika hasil pencarian dilengkapi gambar sehingga Anda dapat dengan cepat memilih hasil pencarian yang tepat berdasarkan gambar yang disajikan. Artinya gambar adalah salah satu faktor penting.

One thought on “Internet Explorer 8.0

  1. Tapi d laptopku search box ko’ jadi kecil ya… ada tp tulisan di dalam search box gak bisa dibaca… kalo IE 7 normal… knapa ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s