Microsoft Excel 2007 Tips 01

Microsoft Excel 2007 Tips 01

Meng-copy Teks Sebagai Gambar

Proses copy dalam Excel, default-nya hanya akan meng-copy teks menjadi teks atau gambar menjadi gambar kembali. Namun, bagaimana jika Anda menginginkan meng-copy teks dan meletakkannya (paste) sebagai gambar?

Biasanya hal ini dilakukan untuk teks yang berukuran besar dan memiliki desain yang bagus untuk kebutuhan desain grafik oleh program pengolah gambar. Oleh karena itu, buatlah teks dalam sel-sel di Excel. Selanjutnya, untuk meng-copy teks tersebut sebagai gambar, Anda klik “Paste|Copy as Picture”. Kini letakkan kursor di sel yang Anda kehendaki untuk meletakkan teks. Klik tombol “Paste” kembali dan lihat hasilnya. Teks yang dibuat akan berubah menjadi format gambar. Anda pun bisa menggeser dan memindahkan gambar tersebut dengan mouse di tempat lain yang Anda inginkan.

Menampilkan Nilai dengan Diagram Simpel

Anda ingin menampilkan data dalam tabel dalam sebuah diagram agar mudah di-evaluasi atau dibandingkan. Namun, membuat dan mengatur diagram terkadang menjadi hal yang cukup merepotkan.

Excel versi terbaru (2007) menawarkan fungsi untuk menampilkan nilai dalam cel (atau tabel) langsung dalam bentuk diagram di background cell-nya lewat conditional formatting.

Untuk melakukan hal tersebut, pertama-tama Anda pilih dulu barisan cell dalam tabel yang hendak Anda buat diagramnya. Selanjutnya, buka tab “Home” lihat bagian “Sytles”, bukan “Conditional Formatting”, pilih “Data Bars” dari daftar pilihannya, kemudian pilih salah atu tabel dengan warna yang Anda sukai (preview-nya bisa langsung And alihat secara langsung di tabelnya). Setelah itu, background dari cell atau tabel Anda akan terisi dengan diagram simpel. Excel akan menampilkan diagram secara proporsional berdasarkan nilai yang terendah hingga tertinggi. Untuk pengaturan lebih lanjut, Anda bisa membuka bagian “More Rules” saat memilih “Data Bars”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s