Frame Foto

Frame Foto

Untuk membuat foto terlihat lebih menarik, terdapat banyak sekali cara dengan berbagai variasi yang dapat dilakukan. Namun, cara termudah adalah dengan memberi frame atau bingkai. Bahkan sebuah foto yang sederhana pun akan tetap menarik mata dengan bingkainya yang indah.

Buka Foto pada Kanvas

Mulailah dengan menyiapkan foto yang akan diberi efek. Anda dapat menggunakan foto pemandangan, hewan kesayangan, atau artis favorit. Pilih menu File-Open pada aplikasi Photoshop, maka file tersebut akan terbuka pada kanvas kerja Anda. Pada umumnya, gambar berekstensi JPEG akan terkunci dalam bentuk layer Background. Klik ganda layer tersebut untuk membuatnya menjadi layer 0.

Isi Warna Latar

Ciptakan layer baru dari menu Layer-New-Layer. Gunakan Gradient Tool atau Paint Bucket Tool untuk mengisinya dengan warna. Anda dapat menggunakan warna solid atau warna gradasi. Pindahkan layer ini ke bawah layer 0 untuk menjadikannya sebagai warna latar. Kemudian perkecil ukuran gambar dengan menggunakan menu Edit-Free Transform sehingga warna latar terlihat.

Ambil Seleksi Gambar

Ambil seleksi gambar dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard dan klik pada layer 0. Tekan Q untuk berpindah pada mode Quick Mask. Kemudian berikan Filter-Distort-Glass dengan parameter sebagai berikut. Distortion: 7, Smoothness: 3, Texture: Tiny Lens, Scaling: 77% serta mencentang (√)pilihan Invert. Klik OK. Berikutnya tanpa menghilangkan seleksi, masuklah ke menu Select-Inverse. Sekarang tekan Delete pada keyboard Anda.

Aplikasikan Layer Style

Bingkai untuk foto Anda sudah terbentuk. Berikutnya kita hanya tinggal memberi efek untuk membuatnya lebih menarik. Klik ganda pada Layer 0 untuk masuk pada pilihan Layer Style. Pada opsi Stroke masukkan pilihan seperti berikut. Size: 2 Pixels, Position: Inside, Color: White. Biarkan pengaturan lain tetap seperti Default. Klik OK.

Mempercerah Foto

Kini kita akan memberi efek cahaya agar foto terlihat lebih bersinar. Pada pilihan Layer Style, centang (√) opsi Inner Glow. Pengaturan pada bagian ini lebih mudah. Biarkan kebanyakan parameter tetap seperti default. Salah satunya perubahan yang kita lakukan adalah menambahkan Size menjadi 117 pixels. Klik OK dan lihat perubahannya.

Tambahkan Bayangan Foto

Anda dapat berkreasi banyak dengan menambahkan berbagai Layer Style lainnya, pilih opsi Quter Glow dan masukkan parameter berikut ini. Blend Mode: Overlay, Opacity: 58%, Technique: Precise, Size: 10. Berikutnya menambahkan sedikit bayangan dengan Drop Shadow. Pilih warna bayangan yang sesuai dengan background. Opacity: 50, Distance: 3, Spread: 0, Size:0, Angle: 130. Klik OK setelah Anda selesai.

Hasil Akhir

Sebagai tambahan, Anda dapat menuliskan quote favorit atau keterangan foto dengan menggunakan jenis font yang sesuai. Jika mau Anda juga dapat menambahkan berbagai elemen lain atau ragam ilustrasi untuk latar belakang.

One thought on “Frame Foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s