Software Freeware 24

Software Freeware 24

TrueCrypt

Mengenkripsi Data Sensitif secara Real Time

Setiap pengguna PC pasti memiliki data pribadi yang tersimpan di dalam hard disk. Data-data pribadi yang tidak boleh diakses orang lain ini misalnya nomor kartu kredit atau password akses ke berbagai layanan online, dan lain sebagainya. TrueCrypt mengenkripsi dan menyembunyikan data-data tersebut. Untuk itu, ia membuat sebuah container yang dapat diproteksi dengan enkripsi hingga 448 Bit. TrueCrypt mengintegrasikannya ke dalam sistem sebagai virtual-drive. Program ini juga dapat dipakai mengenkripsi seluruh partisi. Dengan demikian, TrueCrypt bekerja seperti BitLocker yang hanya tersedia dalam versi Ultimate Vista.

TIPS 1: Apabila Anda tidak hanya ingin mengenkripsi, tetapi juga ingin menyembunyikan data, klik “Create Volume|Create an enrypted file container” dan pilih “Hidden TrueCrypt-Volume”.

TIPS 2: TrueCrypt juga dapat mengenkripsi partisi Windows. Untuk itu, pilih “Create Volueme|Encrypt System Partition”. Setiap kali Start Windows, ia menampilkan sebuah permintaan password.

TIPS 3: TrueCrypt juga dapat digunakna untuk menguji (mem-benchmark) kemampuan PC Anda dalam melakukan berbagai algoritma enkripsi melalui “Tools|Benchmark”.

Info: http://truecrypt.sourceforge.net

OS: Windows 2000 – XP – Vista

FastStone MaxView

Piawai dalam Slideshow

Satu hal yang membedakan MavView dibandingkan viewer lainnya adalah responnya yang cepat dalam membuka foto, baik secara langsung maupun yang ada di dalam file archive (ZIP dan RAR). Selain itu, cukup dengan dua kali klik, MaxView dapat membuat slideshow yang nyaman dengan 150 pilihan efek peralihan gambar. Fungsi-fungsi editing sederhana juga tersedia melalui “Edit|Draw”. Melalui fungsi ini Anda dapat menambahkan efek watermark atau teks pada foto.

TIPS: MaxView juga dapat menjalankan program pengolah gambar eksternal melalui “Settings|External Programs”.

Info: www.faststone.org

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Songbird

Saingan iTunes

Seperti halnya Firefox yang memposisikan dirinya sebagai browser alternatif IE, player open source Songbird pun diposisikan sebagai player alternatif Apple iTunes. Ini terlihat dengan adanya modul player iPod didalamnya. Anda pun dapat men-download-nya saat proses setup. Fungsi player dapat diperluas melalui fasilitas add-on, seperti web radio atau video player.

TIPS: Songbird menyediakan sebuah add-on yang berfungsi sebagai slideshow gambar atau cover album. Add-on tersebut dapat Anda temukan melalui “Bookmarks|Songbird Add-ons”.

Info: www.songbirdnest.com

OS: Windows XP – Vista

Disk Defrag

Akselerator Windows

Salah satu cara untuk mempercepat start Windows dan aplikasi lainnya adalah melakukan defragmentasi hard disk secara teratur. Berbeda dengan program defrag bawan Windows, DiskDefrag dapat melakukan defragmentasi hard disk lebih cepat dan efektif.

TIPS: Selain men-defrag partisi, Disk Defrag juga dapat men-defrag sebuah folder atau file besar. Untuk melakukannya, masuk ke menu “Action” dan pilih “Defrag a Folder” atau “Defrag a File”.

Info: www.auslogics.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Crystal Disk Info

Analisis Hard Disk

Data yang corrupt karena kerusakan hard disk tidak perlu terjadi bila hard disk Anda telah menyertakan teknologi S.M.A.R.T didalamnya. DiskInfo dapat dipakai untuk menganlisis nilai-nilai S.M.A.R.T dan menampilkan hasilnya dalam tabel. Program ini juga dapat menunjukkan masa pakai (kerja) hard disk.

TIPS: Apabila tidak peduli dengan kebisingan hard disk, melalui “Function|Advanced Feature|AAM/APM” geser slider nilai Automatic Acoustic Management (AAM) ke Performance (FEh) agar hard disk lebih cepat.

Info: www.crystalmark.info

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s