Software Freeware 28

Software Freeware 28

JauntePE

Portabelkan Aplikasi

Salah satu keuntungan program portabel adalah tidak “mengotori” registry, tidak membebani system, dan dapat langsung dijalankan di USB Flash Drive (UFD). Kini, hampir semua program dapat dibuat portabel dengan JauntePE. Pertama, jalankan rutin setup program agar JauntePE memeriksa entri-entri registry mana yang dibuat dan mentransfernya ke sebuah file registry file portabel. Apabila sebuah program ingin mengakses jauh ke dalam sistem saat di-install, Anda harus melakukan setting ekstra melalui panduan 12 langkah dalam file Readme-nya.

TIPS 1: Cara termudah adalah mengaktifkan modus one-click “JPE Quickie” (dalam window utama) dengan meng-klik icon wizard-nya (topi sihir). Selanjutnya, pada tab “Quickie” pilih “Select Application” untuk men-start proses.

TIPS 2: Program-program portabel yang dibuat oleh JauntePE biasanya bermasalah bila dijalankan dari desktop, folder “My Documents”, atau folder “Program Files”. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk langsung menyimpan program portabel tersebut pada sebuah USB Flash Drive.

Info: www.portablefreeware.com/?id=1452

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP

UBitmenu

Hadirkan Menu Klasik

Meskipun interface baru (ribbon interface) yang dihadirkan Microsoft menawarkan metode yang lebih efisien dalam mengoperasikan Word, Excel, dan PowerPoint dalam Office 2007, tidak sedikit pengguna yang masih bingung menggunakannya. Pengguna baru harus “berlama-lama” menjelajah menu Office 2007 sebelum dapat “menemukan” fungsi yang diinginkannya. Untuk mengatasi perubahan “drastis” tersebut, Anda dapat menggunakan add-on UBitMenu yang menyisipkan menu klasik tambahan pada menu ribbon Office 2007. Solusi ini dianggap lebih ideal dibandingkan solusi lainnya yang mengganti total ribbon interface dengan interface klasik (Office 2003).

TIPS 1: Sukses tidaknya instalasi add-on UBitMenu terlihat dari tampilnya menu ribbon baru, yaitu “Menu” yang menampilkan menu klasik Office 2003.

TIPS 2: Jika kelak Anda telah menguasai ribbon menu Office 2007 dan ingin meng-uninstall add-on UBitMenu, gunakan fasilitas “Add/Remove Programs yang ada dalam “Control Panel” Windows.

Info: www.ubit.ch

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Free Registry Cleaner

Pembersih Registry

Registry Windows yang penuh dengan “sampah” biasanya disebabkan proses uninstall program yang kurang sempurna sehingga menyisakan entri-entri. Free Registry Cleaner dapat digunakan untuk mencari entri-entri semacam itu dan menyingkirkannya dengan tuntas. Untuk berjaga-jaga bila ada yang salah, program ini dapat membuat backup sebelum melakukan perubahan.

TIPS: Melalui menu “File|Autorun Manager” Anda dapat mengatur, program mana yang start bersama Windows.

Info: www.eusing.com

OS: Windows 98 – Me – NT – XP – Vista

DigiFoto

Mempercantik Foto

Program pengolah foto yang besar umumnya membebani sistem PC yang lambat/lama. DigiFoto melakukan tugas-tugas yang sama, tetapi start dengan cepat – dan tidak perlu di-install. Dalam versi terbarunya, Anda dapat menggunakan plugin Photoshop. Program ini juga membaca entri-entri EXIF.

TIPS: DigiFoto juga dapat bekerja dengan beberapa layer. Untuk membuat sebuah layer baru, pilih “Layer|Layer Options”. Pada window yang tampil pilih “add a new Layer” melalui menu konteksnya.

Info: www.klausdoege.de

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP – Vista

Synkron

Sinkronisasi Data

Pada hard disk masa kini yang kapasitasnya mencapai 1 TB, hampir tidak ada seorang pun yang sanggup mengingat setiap data atau foto yang ada di dalamnya dengan tepat. Synkron dapat membantu Anda untuk membandingkan isi dua folder dan menyamakannya bila diinginkan. Program ini cocok bagi pengguna yang memiliki hard disk NAS sebagai backup dalam jaringan.

TIPS: Apabila Anda mengklik “Advanced” dalam window sinkronisasi, tersedia opsi tambahan, seperti “Do not synchronise subdirectories” atau “menyertakan “hidden files”.

Info: http://synkron.sourceforge.net

OS: Windows 9x – Me – NT  – 2000 – XP

Autoscreenrecorder

Rekam Aktivitas Desktop

Dengan program recorder ini, Anda dapat merekam semua aktivitas yang sedang berlangsung pada desktop. Tidak soal, apakah itu sebuah video yang sedang di-playback atau sekadar gerakan mouse. Setelah start, tentukan dengan sebuah bingkai bagian mana yang harus direkam. Melalui kombinasi tombol, Anda dapat men-start dan mengakhiri rekaman yang disimpan dalam format AVI.

TIPS: Pada bagian “Record what”, selain pilihan standar, Anda pun dapat memilih opsi lainnya, seperti “Object windows”, “Active Window”, atau “Full Screen”.

Info: www.wisdom-soft.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

AnVir Task Manager Free

Task Manager Lengkap

Kurang puas dengan Task Manager Windows? Gunakan AnVir Task Manager Free yang dapat menampilkan daftar program yang berjalan otomatis saat start Windows secara lengkap. Selain itu, ia pun dapat menampilkan program yang tersembunyi atau tidak terlihat melalui Startup atau System Configuration Utility. Nilai plus lainnya, Anda pun dapat mengetahui info detail setiap program via tool (baloon) tips-nya.

TIPS: Selain memantau program yang aktif, tersedia pula fungsi Tweak Windows yang ada pada “Tools|Tweaker for Windows”.

Info: www.anvir.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

One thought on “Software Freeware 28

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s