Microsoft Excel 2007 Tips 02

Microsoft Excel 2007 Tips 02

Memindahkan Folder File Temporary

Saat bekerja, Microsoft Excel 2007 selalu menyimpan ketikan Anda dalam bentuk folder sementara (temporary). Hal ini tentu saja menguntungkan Anda jika secara tiba-tiba PC mati saat Anda sedang membuka dan menyelesaikan dokumen. File masih dapat dikembalikan dan Anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan Excel 2007.

Penyimpanan sementara oleh Excel secara diam-diam, sama seperti program lainnya, dengan menempatkan file temporary tersebut dalam partisi yang sama dengan sistem. Ada baiknya Anda memindahkan folder temporary ini ke partisi yang lebih aman.

Setting untuk memindahkan folder ini dapat ditemukan dengan mudah. Anda klik tombol office yang ada di pojok kiri atas Excel 2007. Kemudian, klik “Excel Options”. Di dalam window options ini, Anda bisa memilih “Save”. Di bagian “AutoRecover File Locations” Anda bisa mengubah folder penyimpanan file temporary. Anda isi folder yang mudah diingat dan tentu saja paling aman (menurut Anda).

Memperbarui Formula ketika Impor Dokumen

Anda mengalami masalah ketika mengimpor dokumen Excel versi lama ke Excel 2007. Beberapa formula yang sudah Anda buat tidak menghasilkan nilai yang semestinya. Hasil yang muncul adalah “#NAME?”.

Masalah tersebut akan muncul ketika Anda menggunakan beberapa fungsi analisis tambahan, seperti “Convert”, “Calendar Week”, atau “Mround” yang diaktifkan sebagai plugin.

Fungsi-fungsi tersebut tetap dapat digunakan dan kini sudah tersedia dalam Excel terbaru. Namun, fungsi-fungsi tersebut harus dicari dulu untuk dikenali masalahnya. Pencarian ini sendiri terkadang cukup merepotkan. Namun, Anda bisa memerintahkan Excel untuk menyisipkan fungsi baru dengan sebuah trik.

Caranya, klik tab “Home” pada multifunction bar, klik “Find and Select”, lalu pilih “Replace”. Simbol yang digunakan untuk mengawali fungsi adalah simbol “=”. Karena sebenarnya Anda tidak perlu membuat fungsi baru, maka Anda cukup mencari simbol “=” dan menggantinya dengan simbol yang sama. Untuk itu, masukkan simbol “=” di kedua kolom, lalu klik “Replace All”.

Dengan trik ini, Excel akan memeriksa fungsi-fungsi yang ada dalam dokumen dan memperbaruinya dengan format fungsi yang baru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s