Microsoft Word 2007 Tips 01

Microsoft Word 2007

Mengganti Warna Background Halaman Kerja

Halaman kerja Microsoft Word default-nya memiliki warna putih dengan teks hitam. Anda bisa mengubahnya menjadi warna lain agar halaman kerja tampil lebih menarik.

Mengganti warna background halaman kerja bagi sebagian pengguna dapat menambah kenyamanan dalam bekerja. Untuk Microsoft Word 2007, Anda bisa melakukan dengan sangat mudah (dibandingkan dengan versi Word sebelumnya). Saat Anda bekerja dengan Microsoft Word, Anda cukup melakukannya dari tab “Page Layout”. Selanjutnya, Anda klik “Page Color” untuk menampilkan “Themes Color”. Sebelum menentukan warna akhir. Anda bisa mencoba-coba berbagai warna yang ada dengan menggeser kursor mouse. Setelah menemukan warna yang Anda inginkan, klik warna tersebut untuk mengaplikasikan ke dalam halaman kerja.

Melihat “About” dan Versi Detail Microsoft Office 2007

Di versi sebelumnya, cukup dengan mengklik “Help|About”, Anda sudah bisa mengetahui versi Microsoft Office yang Anda gunakan.

Feature Microsoft Office 2007 sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Oleh karena itu, cara untuk mengetahui detailnya juga berbeda. Apalagi di dalam Microsoft Office 2007 tidak terdapat “Help|About” di menu bar. Anda harus mengklik tombol “Office” lalu membuka “Word Options”. Di dalam Word Options ini, aktifkan tab “Resources”. Dari sini Anda bisa mengetahui versi Microsoft Office 2007 yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berbagai link penting yang berhubungan dengan program, seperti update, kontak, hingga proses diagnosis Office.

Mengulang Column Heading dari Tabel secara Otomatis

Mungkin Anda pernah bekerja dengan dokumen yang memiliki data atau daftar yang begitu besar hingga tampilannya melebar ke halaman lain. Untuk memastikan agar tampilannya tetap seragam, biasanya Anda harus membuat atau menyalin kepala tabel atau “table heading” ke setiap halaman baru. Padahal, hal ini terlalu rumit dan membuang waktu.

Fungsi pada Word 2007 bisa melakukan hal tersebut dengan mudah untuk Anda. Pertama-tama, klik sekali pada baris teratas dari tabel yang akan Anda tentukan sebagai tabel heading. Untuk Word 2007, buka tab “Layout” yang ada di bagian bawah tab “Table tools”, kemudian aktifkan opsi “Repeat Header Rows” dengan mengkliknya. Jika Anda menggunakan Excel versi sebelumnya, buka menu “Tables”, lalu pilih “Heading Rows Repeat”. Sekarang, Word akan menyalin table heading tersebut pada setiap halaman jika tabel yang Anda buat memanjang ke halaman baru.

Table heading pada table yang bisa Anda buat tidak terbatas pada satu baris saja. Anda bahkan bisa memilih beberapa baris dan menampilkannya sebagai table heading berulang kali.

Membandingkan Dua Dokumen Sekaligus

Anda memiliki dua dokumen yang sama. Satu dokumen Anda serahkan kepada rekan ke 1 untuk diperiksa isinya. Satu lagi Anda serahkan kepada rekan ke 2 untuk diperiksa juga. Kemudian, saat kedua dokumen kembali kepada Anda, Anda membandingkan hasil koreksi kedua rekan Anda.

Membandingkan dua dokumen lebih mudah di Word 2007. Menggulung dokumen pun bisa dilakukan dalam sekali langkah saja. Untuk melakukan perbandingan dokumen ini pada Microsoft Word 2007, tentu saja Anda harus membuka kedua dokumen tersebut. Selanjutnya, aktifkan tab “View” dalam lembar kerja. Di bagian kanan tab “View” Anda klik “View Side by Side”. Kedua dokumen akan tampil bersamaan secara vertikal. Untuk menggulung dokumen, Anda cukup menggunakan satu slider saja.

Mengetahui Jumlah Karakter yang Anda Ketik

Di Microsoft Word versi terdahulu (sebelum 2007), untuk mengetahui jumlah karakter, Anda cukup mengklik “Tools|Word Count”. Di versi 2007, ada dua cara untuk mengetahuinya.

Cara pertama melalui Word Properties. Klik tombol “Office|Prepare Properties”. Selanjutnya, klik “Document Properties|Advanced Properties”. Lihat di bagian “Statistics”.

Cara kedua adalah melalui tab “Insert”. Klik “Quick Parts|Fields”. Kemudian, cari option “NumChar” dan klik “OK”. Jumlah karakter akan langsung tertera dalam lembar kerja.

Iklan

2 thoughts on “Microsoft Word 2007 Tips 01

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s