Software Freeware 30

Software Freeware 30

Mufin MusicFinder

Pelacak Lagu

Mencari suatu lagu dalam ribuan koleksi musik tentulah tidak mudah. Mufin MusicFinder bisa membantu Anda mengelola MP3 dan membuat playlist dari lagu-lagu seirama. Software ini memakai engine dari Institut Fraunhofer sebagai “sidik jari digital” pada setiap lagu untuk melakukan pengelolaan koleksi lagu. Identifikasi dilakukan berdasarkan kemiripan ritme, kecepatan, dan instrumen yang digunakan. Untuk penggunaan lebih lanjut (setelah 7 hari), Anda perlu melakukan registrasi di website Magix untuk mendapatkan activation code (dikirim melalui e-mail).

Tips 1: Tandai sebuah lagu dalam daftar dan klik “Find similar tracks” untuk membuat sebuah playlist. Selanjutnya, lagu-lagu dalam playlist tersebut dapat Anda bakar ke CD atau di-copy ke player portabel.

Tips 2: Saat meng-copy lagu ke player portabel, Mufin menggunakan format MP3 standar (128 kbit) sebagai output-nya. Untuk output atau format yang lebih baik (jika didukung playernya), ganti konfigurasi encoder Muffin melalui “File|Options|Portable Players|Format Settings”.

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP

Info: www.mufin.com

NTFS Undelete

Selamatkan File Terhapus

Kadang kita terlanjur mengklik “Empty Recycle Bin” dan menyadari bahwa file yang sudah dihapus didalamnya masih dibutuhkan. NTFS Undelete dapat merestorasi file-file tersebut dengan mencarinya dalam Master File Table (MFT). Selanjutnya, program ini merestorasi file-file dari cluster hard disk tersebut dan segera menyediakannya bagi sistem. Sayangnya, NTFS Undelete hanya mendukung media yang diformat dalam NTFS. Apabila medianya menggunakan format FAT32, freeware ini tidak dapat berbuat apa-apa alias tidak sanggup melakukan restorasi file.

Tips 1: Klik tab “Search” untuk memilih partisi dan jalankan proses dengan mengklik “Search”. Apabila Anda ingin melacak file-file yang baru terhapus, pilih “Advanced Search”.

Tips 2: Untuk merestorasi file yang ada di partisi Windows, akses partisi tersebut dari luar Windows agar sistem Windows tidak merusak file-file yang akan di-restore tersebut. Untuk itu, gunakan sebuah image ISO bootable (tersedia di website NTFS Undelete). Bakar pada sebuah CD di PC lain dan restart PC Anda dengan CD bootable tersebut.

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Info: http://ntfsundelete.com

Core Temp

Pengukur Suhu CPU

Prosesor (CPU) akan cepat rusak bila terlalu panas. Core Temp dapat menampilkan suhu aktual core CPU agar pengguna mengetahui, sejauh mana status core tersebut bekerja di bawah beban penuh, misalnya saat encoding. Core Temp mendukung berbagai jenis prosesor aktual, kecuali prosesor Pentium 4 atau Pentium D.

Tips: Karena program ini mengakses hardware secara langsung, jalankan dalam modus administrator dan pilih “Run as administrator” melalui konteks menu-nya.

OS: Windows 98 – ME – NT – XP – Vista

Info: www.alcpu.com

MP3DirectCut

Mengedit MP3

Audio editor biasanya dapat mengedit dan mengoptimalkan file-file MP3. Namun sebelumnya, ia harus mengonversinya ke format WAV. Setelah diproses, file WAV tersebut baru dikonversi kembali ke MP3. Dengan MP3DirectCut, Anda dapat mengeditnya secara langsung tanpa harus melakukan re-encoding sehingga kualitas audio tetap “terjaga”.

Tips: Tingkat volume lagu juga dapat Anda atur ulang dengan menandai bagian lagu tersebut dan pilih “Edit|Gain”. Selanjutnya, atur volume-nya melalui dua slider yang tersedia.

OS: Windows 98 – ME – 2000 – XP – Vista

Info: www.mpesch3.de

Image Master

Burning Image CD/DVD

Anda tidak harus memakai Nero setiap kali ingin membuat atau memburning image CD/DVD. Program sederhana, seperti Image Master sebenarnya sudah memadai. Burner ini dapat membaca berbagai format standar, seperti ISO, IMG, atau BIN. Pengguna dapat memilih, memburn image pada CD/DVD, atau mengekstrak file dari image. Agar Image Master berfungsi dengan baik, instal juga MS.NET-Framework di PC Anda.

Tips: Dalam folder Image Master terdapat converter yang bisa dipakai untuk mengonversi file image berbagai format ke ISO.

OS: Windows 9x – ME – NT – 2000 – XP

Info: www.codeplex.com/ImageMaster

VisiPics

Temukan Foto-Foto Ganda

Koleksi foto terlalu banyak dan tersebar di berbagai folder di hard disk Anda? VisiPics dapat mengaturnya dengan melacak foto-foto yang sama. Program ini tidak hanya menemukan duplikat foto, tetapi juga foto dengan kemiripan tertentu, misalnya bermotif sama, tetapi memiliki revolusi atau ukuran yang berbeda. Berkat dukungan yang optimal terhadap prosesor dual-core, VisiPics bekerja sangat cepat pada koleksi besar dengan ribuan foto.

Tips: Apabila Anda hanya ingin menemukan foto yang identik, nonaktifkan tanda di depan “Options|Loosen filter automatically”.

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Info: www.visipics.info

TsRemux

Task Manager Lengkap

Apabila Anda ingin membuat file berstandar Blu-ray dengan cepat, TsRemux adalah pilihan yang tepat. Program ini me-load file video berformat MPEG atau TS dan membuat file output berformat Blu-ray (tanpa struktur menu) yang langsung dapat di-burn.

Tips: Untuk membuat sebuah DVD yagn ramping, Anda dapat me-load file-file VOB sebuah DVD dan menyingkirkan semua track audio dan subtitle yang tidak diinginkan di bawah “Select thr elementary streams you want to keep”. Hasilnya dapat Anda load ke dalam sebuah program authoring.

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Info: www.doom9.org

2 thoughts on “Software Freeware 30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s