Software Best Freeware 2009

Software Best Freeware 2009

Avira AntiVir Personal – Free Antivirus 9.0.0.407

Kategori: Antivirus

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Size: 32.4 MB

Tidak banyak antivirus gratis yang bisa bekerja sehebat Avira. Ada satu antivirus lain, yaitu AVG. Namun, karena ia hanya memiliki versi trial 30 hari, maka pilihan freeware terbaik jatuh pada Avira. Kemampuannya tidak perlu diragukan lagi untuk memproteksi sistem anda dari virus, worm, trojan, dan dialer. Ia juga memiliki fitus basic spyware.

Ad-Aware 2009 8.0.7.0

Kategori: Anti Spyware

OS: Windows 2000 – XP – 20003 – Vista – Windows 7 – Vista64/ Windows 7 64

Size: 58.04 MB

Proteksi yang maksimal bisa anda dapatkan disini. Anda akan terlindung dari spyware dan segala jenisnya. Teknologi Code Sequence Identification (CSI) dan ditambah lagi fitur scan Alternate Data Stream (ADS) pada file system NTFS, masih membuat freeware ini pantas mendapatkan Anti-Spyware gratis terbaik 2009.

Comodo Internet Security 3.12

Kategori: Internet Security

OS: Windows XP (SP2) – Vista 32 bit

Size: 39 MB

Penggabungan dari berbagai macam aplikasi security menjadikan Comodo Internet Security ini sangat powerful. Selain gratis, kemampuannya juga patut diacungi jempol. Dijamin, ancamam seperti virus, spyware, malware dan sejenisnya tidak akan mampu menembus lubang di sistem anda. Untuk aplikasi gratis, ia sangat bisa diandalkan.

Mozilla Firefox 3.5.3

Kategori: Web Browser

OS: Windows 2000 – XP – 2003 Server – Vista

Size: 7.7 MB

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan browser ini. Kelebihan yang paling utama dari Firefox adalah built-in pop-up blocker-nya yang bekerja secara lebih efektif. Versi terbaru dari browser ini memiliki berbagai keunggulan teknologi dibandingkan browser lain. Utamanya keunggulan dalam penggunaan resource dari PC anda.

SRWare Iron 3.0.197.0

Kategori: Web Browser

OS: Windows XP – Vista

Size: 10.3 MB

Aplikasi gratis ini diciptakan sama dengan menggunakan source code chromium. Kecepatan rendering website dan inovasi fitur yang sangat menarik menjadi kelebihannya. Aplikasi ini menghilangkan isu privacy yang ada pada Google Chrome sehingga anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan tenang.

Opera 10.0

Kategori: Web Browser

OS: Windows 95 – 98 – ME – NT – 2000 – XP – Vista

Size: 6.6 MB

Salah satu browser terbaik pada kategori web browser. Opera 10. Web browser ini menghadirkan fitur baru, yaitu Turbo. Dimana diklaim bahwa meskipun koneksi anda sedang mengalami penurunan speed, jika browsing menggunakan Opera 10, maka kecepatan akan tetapi sama saja. Untuk buktinya, silakan anda coba sendiri.

Mozilla Thunderbird 2.0.0.23

Kategori: Email Client

OS: Windows 98 – ME – NT – 2000 – XP – Vista

Size: 6.6 MB

Salah satu e-mail client gratis terbaik saat ini. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi ini antara lain kemampuan filtering terhadap junk-mail, kompatibel dengan RSS feeds, bisa menampilkan format HTML, dan multiple identites. Yang paling menarik adalah kompabilitas dan dukungan terhadap Microsoft Exchange server.

Yahoo! Messenger 9.0 ver.9.0.0.2162

Kategori: Instanst Messenger

OS: Windows 95 – 98 – ME – NT – 2000 – XP

Size: 435 KB

Anda pasti mengenal instant messenger yang satu ini. Kemampuan seperti avatar yang dapat di-customize dan emoticon audible memang sulit ditandingi. Ditambah lagi dengan fasilitas transfer file dengan briefcase sebesar 30 MB, dan fasiltas webcam yang dapat digunakna untuk berbagai macam keperluan membuatnya tidak tertandingi.

Download Accelerator Plus 9.3.0.4

Kategori: Download Manager

OS: Windows 98 – ME – NT – 2000 – XP – Vista

Size: 10.6 MB

Download Manager saat ini masih merupakan yang terbaik. Kemudahan penggunaan adalah satu kelebihan aplikasi ini, dan pada aplikasi ini kecepatan download menjadi yang utama. Aplikasi ini tersedia dalam 10 bahasa yang berbeda. Dukungan untuk Google Chrome, download window baru, dan management windows yang diperbaiki.

Gigaget V1.0.0.23

Kategori: Download Manager

OS: Windows XP – Vista

Size: 2.0 MB

Aplikasi download manager yang cukup bagus ini memang cukup simpel interface-nya. Di dalamnya terdapat teknologi Net Grid, di mana ia akan memfungsikan resource dari server yang tidak terpakai sehingga file bisa dikirim dengan kecepatan lebih tinggi. Otomatis anda juga akan menerima file lebih cepat juga.

Vuze 4.2.0.8

Kategori: BitTorrent Client

OS: Windows XP – Vista

Size: 10.14 MB

Aplikasi ini dulunya bernama Azureus. Namun sekarang berubah nama menjadi Vuze. Ia tetap menjadi yang terbaik untuk kategori BitTorrent client. Sekaligus bisa digunakan untuk P2P Sharing. Kedua teknologi tersebut yang digunakan pada aplikasi ini sehingga And bisa melakukan berbagi file dengan seluruh orang di dunia.

Advanced WindowsCare Personal 3.3.4

Kategori: System Tweak

OS: Windows 7 – Vista – XP – 2000 – (32bit dan 64bit)

Size: 7.5 MB

Kemudahan penggunaan menjadi yang utama pada aplikasi ini. Ia bisa digunakan untuk memperbaiki system Windows anda. Cukup dengan satu langkah mudah, anda bisa memperkecil permasalahan pada system anda. Proteksi, perbaikan, dan pengoptimalan juga bisa anda lakukan sehingga sistem anda akan berjalan lebih stabil.

CCleaner v2.24.1010

Kategori: System Tweak

OS: Windows (All Versions)

Size: 3.16 MB

Aplikasi ini digunakan untuk mengoptimalkan kinerja sistem anda secara keseluruhan. Ia akan menghapus temporary file yang sudah digunakan dalam sistem anda sehingga sistem akan berjalan lebih kencang, lebih efektif, dan tentu saja akan memberikan space tambahan dalam harddisk anda. Dan satu lagi, tentunya lebih stabil.

CPU-Z 1.52

Kategori: Benchmark Tools

OS: Windows All Versions

Size: 2.4 MB

Kemampuannya sangat bagus. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengumpulkan informasi tentang device di dalam PC anda sekaligus melakukan benchmark. Untuk versi terbaru ini, aplikasi harus anda instal terlebih dahulu.

IrfanView 4.25

Kategori: Image Viewer

OS: Windows 95 – 98 – ME – NT – 2000 – XP – 2003 Server – Vista

Size: 1.3 MB

Sampai saat ini belum ada aplikasi gratis serupa yang mampu menandinginya. Ia mampu menampilkan lebih dari 400 file grafik, dan bisa langsung mengubahnya ke dalam 50 format file berbeda. Tampilan gambar secara full screen, slideshow, atau thumbnails bisa dilakukan dengan cepat, tanpa memakan resource PC anda yang terlalu besar.

Photoscape 3.4

Kategori: Digital Photo Organizer

OS: Windows 98 – ME – NT – 2000 – XP – Vista

Size: 14.08 MB

Aplikasi ini lebih bisa dikatakan sebagai photo editor, kemudahan penggunaan menjadi paling penting di sini. Kemampuan yang utama sebagai viewer, editor, batch editor, page combine, animated GIF, sprint, splitter, dan sebagainya. Fitur lain, anda juga bisa menggunakan reflection filter dan film effect dialog.

Picasa 3.5

Kategori: Digital Photo Organizer

OS: Windows XP – 7

Size: 9.0 MB

Picasa adalah aplikasi Photo Editing dari Google. Dengan aplikasi ini, bisa menjadikan foto anda lebih indah, dan juga bisa melakukan sharing foto dengan sangat mudah. Selain itu, juga disediakan berbagai fitur, sepeti web album, add places, dan editing. Semua bisa anda dapatkan di aplikasi gratis ini.

Inkscape 0.46

Kategori: Graphics Editor

OS: windows 98 – ME – NT – 2000 – XP

Size: 33.4 MB

Inkscape adalah aplikasi open source yang mirip dengan Adobe Illustrator dan CorelDraw. Atau dengan kata lain aplikasi ini adalah pengganti dari kedua aplikasi berbayar yang sangat mahal tersebut. Kemampuannya yan gutama adalah untuk mengolah format file Scalable Vector Graphics (SVG). Layak jika ia dinobatkan sebagai jawara 2009.

Paint.Net 3.5 Beta 2

Kategori: Graphics Editor

OS: Windows XP SP2 – Vista – Server (2003 SP1 or newer) – 7

Size: 4.8 MB

Awalnya, aplikasi ini bertujuan untuk menggantikan Microsoft Paint. Namun kelanjutannya cukup mengejutkan karena aplikasi ini bisa disejajarkan dengan Adobe Photoshop, Corel Paint Shop Pro, Microsoft Photo Editor, dan The GIMP. Fitur-fitur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi berbayar yang disebutkan tadi. Luar biasa!

Dia 0.97

Kategori: Flowcharting Tools

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Size: 17 MB

Anda yang memerlukan aplikasi bergambar diagram atau flowchart, tentunya menggantukan pada satu aplikasi, yaitu Visio. Namun aplikasi open source yang satu ini, tidak kalah hebat dengan Visio. Berbagai menu dan fitur yang ada dalam Visio, terdapat juga pada aplikasi Dia. Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan aplikasi ini.

OpenOffice 3.1.0

Kategori: Office Suite

OS: Windows 95 – 98 – ME – NT – 2000 – XP

Size: 150 MB

Memang fenomenal aplikasi ini. Semakin hari, OpenOffice semakin sempurna pengembangannya. Ia mampu membuka bermacam-maca file Microsoft Office, seperti teks dokumen, spreadsheet, sampai dengan file-file presentasi. Nmaun, tak bisa diingkari memang ia memerlukan resource PC yang cukup tinggi.

Foxit Reader 3.1.1.0928

Kategori: PDF Reader

OS: Windows ME – NT – 2000 – XP – 2003 Server – Vista

Size: 5.06 MB

Anda ingin membuka file PDF secara cepat, gunakan Foxit PDF Reader. Aplikasi gratis ini mampu menandingi kemampuan dari Acrobat Reader yang cenderung lambat dan memakan banyak resoruce. Kemampuannya lumayan banyak, seperti membuka file berformat pdf secara cepat atau sekaligus mencetaknya.

7-Zip 4.65

Kategori: Compression & Backup

OS: Windows 98 – ME – NT – 2000 – XP – 2003 Server – Vista

Size: 918 KB

Aplikasi ini berbendera open source sehingga source code bisa didapatkan dengan mudah, dan anda juga bisa ikut mengembangkannya jika mau. Fitur utamanya tentu saja sebagai file compression, di mana ia mampu mengompresi suatu file hingga rasio 2% sampai 10% lebih baik dibandingkan aplikasi sejenis.

CDBurnerXP ver. 4.2.6

Kategori: Burning Software

OS: Windows 2000 – XP – 2003 Server – Vista – Windows 7

Size: 3.95 MB

Kemampuan dan fitur burning yang ditawarkan aplikasi ini memang cukup luar biasa. Tentu yang utama adalah kemampuannya untuk melakukan burning, baik untuk CD maupun DVD. Anda juga bisa men-create ISO dan bootable disc. Sampai-sampai, fitur cover printing juga dimiliki aplikasi yang hanya berlabel Gratis ini.

Opti Drive Control 1.41

Kategori: CD-DVD Diagnostic Tools

OS: Windows XP – Vista – (All Versions)

Size: 1.7 MB

Versi baru dari Nero CD/DVD Speed dengan pencipta yang masih sama. Banyak fitur baru yang bisa anda gunakan di sini. Di antaranya adalah ia sudah mendukung BluRay Disc (BD) dan test quality disc dengan standar BLER, PI/PO, C1/C2, Jitter. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk Erase/format, Overburning, dan Multi-test.

Winamp Media Player 5.56

Kategori: Multimedia Player

OS: Windows 2000 – XP – Vista

Size: 9.8 MB

Sejak era MP3 diperkenalkan, aplikasi ini sudah merebut hati para penggunanya. Mulai dari versi 1.x hingga yang terbaru, winamp selalu melakukan perubahan yang menarik. Tersedianya skin dan visualisasi yang berlimpah ditambah dengan kemampuannya untuk menampilkan format video, semakin tidak bisa ditandingi oleh aplikasi sejenis lainnya.

MediaMonkey Standard 3.1.1.1261

Kategori: Multimedia Player & Ripping

OS: Windows 98 – ME – NT – 2000 – XP – Vista

Size: 7.2 MB

Selain berfungsi sebagai player untuk kumpulan kompilasi musik anda, aplikasi ini juga berfungsi untuk melakukan ripping, convert, dan burning. Aplikasi ini terintegrasi dengan Nero CD burning untuk melakukan burning. Ia juga mempunyai kemampuan untuk melakukan synchronize terhadap media audio portabel seperti iPod.