Windows SeVen

Windows SeVen

Pada 22 Oktober 2009, Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yang dinamakan Windows 7. Keluarnya sistem operasi baru dari Microsoft ini memunculkan pertanyaan apakah sistem operasi baru ini akan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Kami akan mencoba memberikan gambaran untuk anda seberapa cepat sistem operasi ini pada beberapa platform, yaitu desktop.

Pada dekstop kami menguji dua platform kelas menengah dengan prosesor Intel quad core dan kelas atas menggunakan prosesor Intel i7 terbaru. Kedua platform tersebut sama-sama menggunakan sistem operasi Windows Vista lalu di upgrade ke Windows 7.

Kami juga melakukan pengujian pada perangkat mobile. Platform pertama menggunakan spesifikasi prosesor Intel Atom Dual Core N330 dengan nVidia Ion plus Microsoft Windows XP Home Edition. Penggunaan platform ini lebih ditujukan bagi anda yang ingin meng-upgrade pada perangkat netbook. Pada platform kedua kami menggunakan notebook MSI seri GX403 yang dilengkapi dengan prosesor Intel core 2 duo dengan Microsoft Windows Vista Home. Penggunaan beberapa platform ini sangat berguna sekali, yaitu untuk melihat perbedaan baik sebelum di-upgrade maupun setelah di upgrade dengan Windows 7.

Desktop

Core i7 920: Hi End platform

Tes pertama yang kami lakukan pada platform Core i7 920 adalah menggunakan PCMark Vantage. Walaupun sebuah benchmark sintetis, hasil perolehan dari PCMark Vantage sangat berpengaruh pada media penyimpanan yang digunakan, seperti SSD atau hard disk. Oleh karena itu, kami menggunakan program benchmark ini untuk mengukur kinerja Windows Vista dan Windows 7 dalam menulis dan membaca data pada SSD. Sistem operasi Windows 7 memang menangani proses membaca dan menulis lebih baik daripada Windows Vista pada platform ini. Hal ini terbukti perolehan nilai PCMark Vantage pada Windows 7 lebih tinggi daripada Windows Vista.

Pada pengujian sintetis 3DMarks Vantage, dapat dilihat bahwa Windows 7 mendapatkan perolehan nilai CPU yang jauh lebih baik daripada Windows Vista. Hal ini cukup menunjukkan bahwa dalam bermain game yang membutuhkan tenaga dari CPU, sistem operasi Windows 7 lebih baik dari Windows Vista. Akan tetapi saat graphics card lebih dibutuhkan, perbedaan tidak signifikan antara kedua sistem operasi tersebut.

Pada pengujian Content Creation, kedua platform tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Windows 7 sedikit lebih unggul saat mengkompresi dengan menggunakan enkripsi AES 256 bit dan juga saat melakukan pekerjaan multitasking. Hal ini berarti jika anda sering browsing dan melakukan encoding pada background, anda tidak akan merasakan perbedaan ketika mengganti sistem operasi ke Windows 7 dari Windows Vista.

Pada saat ingin melakukan pembuatan video, Windows Vista sedikit lebih unggul dari Windows 7. Hal ini juga dapat dilihat saat sedang meng-encode sebuah video. Pengujian pada Mediashow Espresso menunjukkan bahwa kinerja kedua sistem operasi ini tidak terpaut jauh. Hanya saja, Windows 7 sedikit lebih unggul pada transcoding 1080p. Oleh karena itu, anda juga tidak akan merasakan perbedaan kinerja saat mengedit dan meng-encode video.

Selanjutnya kita beralih pada pengujian game yang nyata. Pada game Left 4 Dead – CPU Demo, Windows 7 unggul cukup tinggi daripada Windows Vista. Hal ini membuktikan bahwa Windows 7 lebih optimal dalam menangani prosesor dibandingkan Windows Vista. Untuk game yang lebih membutuhkan tenaga graphics card seperti Residen Evil 5, pada mode DirectX 9 dan DirectX 10, Windows 7 masih lebih unggul, akan tetapi perbedaan kinerjanya terpaut cukup sedikit sehingga tidak akan terasa saat anda sedang bermain. Oleh karena itu, pengujian game ini sekaligus membuktikan hasil yang diperoleh 3DMarks Vantage adalah sama dengan game yang dimainkan secara nyata.

Pengujian terakhir pada platform ini adalah sebuah software benchmark yang baru kami gunakna dari EXO Performance Network. Software tersebut bernama DMS Clariry Tracker Agent. Software benchmark ini khusus menguji sebuah sistem saat menjalankan Microsoft Office 2007. Hasil yang didapatkan berupa waktu akses. Pada pengujian ini, dapat dilihat bahwa Windows 7 jauh mengungguli Windows Vista. Hal ini membuktikan bahwa pada platform hi end seperti Core i7 920 sekalipun, dalam menggunakan Microsoft Office 2007, Windows 7 dapat membantu anda dalam bekerja.

C2Q 6600 : kinerja pada sistem lama

Kami juga menguji kedua sistem operasi tersebut pada sistem lawas. Pada pengujian kali ini, prosesor yang kami gunakan adalah Core 2 Quad Q6600. Perbedaan kinerja yang diperoleh bisa menjadi bahan pertimbangan anda saat ingin meng-upgrade komputer ke sistem yang lebih baru.

Pada pengujian dengan PCMark Vantage, sistem operasi Windows 7 unggul hampir pada semua tes. Perbedaan kinerja yang diperoleh juga cukup tinggi. Akan tetapi, pada Windows Defender (fasilitas anti spyware dari Microsoft) terjadi anomali di mana Windows Vista lebih cepat dari Windows 7. Walaupun begitu, perbedaan di antara kedua sistem operasi ini tidak terpaut jauh. Oleh karena itu, PCMark Vantage menunjukkan bahwa kinerja media penyimpanan anda akan meningkat dengan baik saat menggunakan Windows 7.

Pada pengujian 3DMark Vantage, ternyata sistem C2Q 6600 tidak meningkat secara signifikan. Perolehan CPU pada Windows 7 hanya sedikit lebih baik dari Windows Vista. Dengan perbedaan seperti ini, tidak akan ada peningkatan performa yang terasa saat meng-upgrade sistem operasi dari Windows Vista ke Windows 7 dalam bermain game.

Pada pengujian content creation Windows 7 juga sedikit unggul. Akan tetapi, pada pengujian multitasking membuktikan bahwa jika anda sedang membut video bersamaan dengan menonton video lainnya, Windows 7 lebih bisa diandalkan, walaupun tidak terpuat jauh. Jika anda lebih sering membuat dan mengedit video, anda akan mendapatkan kinerja yang sama saat memakai sistem operasi Windows 7 atau Windows Vista. Hal yang sama juga diperlihatkan pada pengujian program encoding Mediashow Espresso dalam meng-encode video dengan resolusi 1920×1080. Performa Windows 7 hanya terpaut lima detik lebih cepat dari Windows Vista. Pada pengujian 780×480, kedua sistem operasi memiliki kinerja yang sama.

Sama seperti sistem Core i7 920, komputer yang menggunakan prosesor Q6600 juga akan sedikit meningkat kinerjanya pada game yang membutuhkan tenaga prosesor yang lebih besar. Kinerja game Left 4 Dead dengan demo CPU buatan kami sedikit meningkat frame per second-nya dengan menggunakan Windows 7. Resident Evil 5 pada DirectX 10 dan DirectX 9 tidak menunjukkan adanya perbedaan peningkatan performa yang berarti.

Pengujian terakhir pada platform ini adalah DMS Clarity Tracker Agent dari Exo Performance Network untuk menguji kinerja Microsoft Office. Sama seperti Core i7 920, kinerja offiece pada Windows 7 terpaut hampir 12 detik lebih cepat dari pada Windows Vista. Ini membuktikan pula bahwa Windows 7 lebih cocok dipakai dalam bekerja. Anda pun akan mendapatkan kinerja yang sedikit lebih cepat dengan Core 2 Duo Q6600 yang dipasangkan dengan Windows 7 daripada sistem yang menggunakan Core i7 920 dengan sistem operasi Windows Vista. Hal seperti ini tentu akan membantu menghemat biaya pribadi dan perusahaan karena And tidak perlu membeli sistem baru.