AMD ATHLON II QUAD-CORE PROCESSOR

AMD ATHLON II QUAD-CORE PROCESSOR

Memang processor Athlon II sudah sejak beberapa bulan yang lalu muncul lagi di pasaran. Tepatnya pada bulan Agustus 2009, utnuk spesifikasi solo-core-nya. Kemudian menyusul untuk spesfikasi dual-core-nya pada bulan Juni 2009. Dan saat ini yang paling banyak dicari adalah untuk spesifikasi triple-core-nya yang muncul pada November 2009, dan quad-core-nya pada bulan September 2009.

Lalu mengapa processor AMD Athlon II quad-core banyak dicari dipasaran?

Tidak lain adalah dari harga yang sangat terjangkau, karena dengan harga di kisaran US$ 100. Malah bisa dibawahnya, anda sudah bisa mendapatkan processor dengan teknologi quad-core. Dengan harga seperti ini, tentu saja anda tidak akan bisa mendapatkan processor quad-core, baik dari AMD dengan Phenom atau Phenom II, ataupun dari pabrikan rivalnya, yaitu Intel Core i7 dan Core i5.

AMD Athlon II sendiri masih menggunakan AMDK10 architecture yang sama digunakan oleh AMD Phenom. Namun perbedaan teknologi yang diusung cukup nyata, seperti misalnya pada AMD Phenom terdapat L3 Cache, sedangkan pada Athlon II tidak terdapat. Namun sebagai gantinya, Athlon II memiliki L2 Cache dengan kapasitas yang lebih besar dari Phenom, yaitu 1 MB per-core (hanya untuk dual core), di mana offset yang dmiliki sudah mencakup L3 Cahe. Untuk diketahui, AMD Phenom L2 Cache-nya hanya sebesar 512 KB per-core.

Untuk desain processor juga berbeda antara Phenom dan Athlon. Jika untuk Phenom dual-core, desainnya menggunakan empat core dengan dua core dimatikan (disabled), namun pada Athlon desainnya benar-benar menggunakan native dual core, di mana core yang digunakan adalah berjumlah dua core. Dengan begitu, keuntungan dari desain ini adalah TDP yang diperlukan untuk AMD Athlon II jauh lebih kecil dibandingkan AMD Phenom. Berbeda dengan Athlon tri-core yang menggunakan desain empat core, namun dengan satu core dimatikan (disabled).

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, fokus utama dari dikembangkan Athlon II bukan dari sisi teknologi. Namun lebih kepada budget user atau harga dari Athlon II itu sendiri. Saat ini, pesaing terdekatnya dari AMD sendiri (sisi harga) adalah Phenom X4 9650, di mana processor ini bisa didapatkan dengan kisaran harga US$ 110.

Processor Phenom X4 ini memiliki L3 Cache sebesar 2 MB, namun kecepatan Hyper Transport lebih lambat, tidak mendukung AM3 (dan tentunya DDR3), dan yang paling vital adalah teknologi processing yang digunakan masih 65 nm. Dari rivalnya, yaitu Intel, bahkan tidak ada yang bisa mendekati harga tersebut. Intel memiliki processor quad-core termurah di pasaran saat ini, yaitu Intel Core 2 Quad Q8200 dengan harga di kisaran US$ 150 dengan L2 Cache 4 MB atau jika anda ingin medapatkan processor quad-core dengan L2 Cache lebih tinggi ditawarkan juga, yaitu Intel Core 2 Quad-Core Q9950, namun dengan harga US$ 220.

Saat ini yang cukup menghebohkan dari Intel adalah processor yang baru diluncurkan, yaitu Intel Core i5. Namun untuk menebusnya, sebagai contoh Intel Core i5 750 dihargai di kisaran US$ 200. Dengan harga seperti itu, lebih baik anda menyimpan US$ 100 untuk membeli motherboard entry level, beserta dengan sebuah memory (RAM) dengan kapasitas 1 GB.

Iklan