Tip dan Trik Windows 7 [01]

Shortcut Keyboard

Anda bisa menyeret dan menjatuhkan jendela ke bagian samping layar dengan mouse, atau menyeretnya ke atas untuk memaksimalkan jendela. Namun, dengan shortcut keyboard, anda bisa lebih cepat. Tekan tombol [Windows]+[Panah Kiri] dan [Windows]+[Panah Kanan] untuk memindahkan jendela ke pinggir kanan dan kanan layar.

Tekan tombol [Windows]+[Panah Atas] dan [Windows]+[Panah Bawah] untuk memaksimalkan dan mengembalikan/menimalkan jendela.

Tekan [Windows]+M, untuk meminimalkan semuanya.

Tekan tombol [Alt]+[Panah Atas, [Alt]+[Panah Kiri], [Alt]+[Panah Kanan] untuk navigasi ke folder parent, atau browse Back dan Forward pada Windows Explorer.

Tekan tombol [Windows]+[Home] untuk meminimalkan/mengembalikan semua jendela, kecuali jendela aktif.

Tekan tombol [Alt]+[Windows]+# untuk mengakses Jump List program ke “#” pada taskbar.

Mengatur Icon System Tray

Anda bisa mengatur icon pada taskbar sesuai keinginan dan menjalankan instance baru (atau pindah ke yang sedang berjalan) dari sepuluh program  pertama pada taksbar dengan menggunakan [Windows]+1, [Windows]+2, dan seterusnya.

Hal yang menyenangkan lainnya adalah anda juga bisa mengatur icon pada system tray. Atur ulang urutan mereka atau pindahkan ke luar/dalam tray. Pilih icon yang ingin selalu anda lihat dan aplikasi mana yang ingin anda ketahui notifikasinya.

Akses Jump Lists dengan Tombol Kiri Mouse

Jump Lists biasa tampil ketika anda mengklik kanan icon pada taskbar. Namun, mereka juga bisa diakses dengan menahan tombol kiri mouse dan seret ke atas. Jika anda menggunakan touchpad laptop atau touch screen, ini lebih nyaman karena anda tidak harus mengklik tombol lain untuk mengakses Jump Lists.

Memasukkan Folder ke Favorites

Anda bisa memasukkan folder  atau Libraries ke bagian Favorites Windows Explorer. Untuk melakukannya, buka folder pada Windows Explorer, klik kanan Favorites, lalu pilih Add current location to Favorites. Sekarang, adna bisa dengan cepat mengakses folder fovorit semudah menyimpan file.

Menempelkan Folder yang Sering Digunakan ke Taskbar

Klik kanan, seret, dan tempelkan folder favorit anda ke icon Windows Explorer pada taskbar. Folder sekarang akan ditampilkan pada Jump Lists ketika anda mengklik icon Windows Explorer pada taskbar sehingga anda bisa mengakses folder favorit dengan cepat.

Menempelkan Control Panel ke Taskbar

Anda tidak bisa menempelkan Control Panel ke taskbar melalui menu Start atau melakukan drag-and-drop. Buka Control Panel dan klik kanan iconnya pada taskbar untuk menempelkannya ke taskbar. Keuntungannya adalah dengan Jump Lists Control Panel, anda bisa mengakses dengan cepat applet yang sering digunakan.

Membuat Shortcut Keyboard untuk Program

Anda bisa membuat shortcut keyboard untuk semua program pada Windows 7. Klik kanan icon program dan pilih Properties. Pilih tab Shortcut, klik field Shortcut key untuk mengeset shortcut keyboard buat program.