Tip dan Trik Windows 7 [03]

Shorcut untuk Run as administrator

Anda bisa [Ctrl]+[Shift]+Klik icon pada taskbar untuk menjalankan aplikasi sebagai Administrator (dengan asumsi account anda mempunyai permission tersebut).

[Shift]+Klik kanan shortcut program untuk menjalankannya sebagai Administrator, jika misalnya anda butuh hak akses yang lebih tinggi ketika misalnya sedang login dengan account anak anda.

Tingkatkan Performa dengan ReadyBoost

ReadyBoost bisa meningkatkan performa sistem dengan menggunakan flash drive USB untuk operasional sistem. Idealnya, flash drive yang digunakan minimal mempunyai kapasitas 1 GB.

Cukup masukkan flash drive, dan jika memenuhi standar kinerja maka Windows 7 akan menanyakan apakah anda ingin menggunakannya untuk ReadyBoost dan merekomendasikan ukuran yang harus disisakan.

Atur Windows Search/Defender

Secara default, Windows meng-indeks semua file pada Libraries, e-mail, dan file offline anda. Anda bisa mengurangi waktu dan resource yang dihabiskan dengan mengaturnya sesuai kebutuhan.

Buka Control Panel, lalu pilih Indexing Options, Windows 7 menampilkan daftar lokasi yang diindeks. Klik Modify untuk memilih lokasi di mana anda sering melakukan pencarian.

Anda juga bisa mematikan service Windows Search dan Windows Defender. Jika anda tidak mencari file, gambar, dokumen, dan sebagainya dari Windows Explorer atau menggunakan program search/indexing lain, disable saja service Windows Search. Dan jika anda menggunakan program antivirus pihak ketiga yang juga berfungsi sebagai anti-malware, disable service Windows Defender.

Klik Start dan jalankan msconfig pada boks Search.  Pada tab Services, hilangkan anda centang pada service yang ingin di-disable dan reboot komputer supaya perubahan berlaku.

Amankan Drive USB dengan BitLocker

Amankan USB flash drive dengan menggunakan enkripsi BitLocker. Klik kanan USB drive pada My Computer, pilih Turn on BitLocker, dan ikuti instruksi yang diberikan. Kali berikutnya menggunakan USB drive di komputer lain, anda akan diminta password sebelum diperbolehkan membaca. Anda bisa menggunakan drive pada komputer lama yang menjalankan Windows XP/Windows Vista.

Membuat System Recovery Disc

System recovery disc dapat membantu anda jika Windows tidak bisa dijalankan. Disc instalasi Windows 7 juga bisa berfungsi sebagai recovery disc. Jika komputer anda sudah langsung di-instalasi dengan Windows 7 makan anda harus membuat system recovery disc. Klik Start, lalu jalankan recdisc.exe pada boks Search. Masukkan CD/DVD kosong ke dalam drive, lalu klik Create Disc.

Preview Thumbnail Lebih Cepat

Taskbar menampilkan preview thumbnail jendela yang dibuka ketika anda mengarahkan mouse ke atas icon program. Secara default, dibutuhkan sedikit waktu bagi preview untuk tampil. Supaya preview bisa tampil lebih cepat, kita edit registry.

Klik Start, lalu jalankan regedit. Buka HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Mouse.

Klik ganda key MouseHoverTime dan kurangi nilainya dari default 400 menjadi sekitar 150.

Hati-hati karena jika terlalu kecil bisa menyebabkan masalah.

Shutdown Lebih Cepat

Jalankan regedit dan buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control.

Klik ganda key WaitToKillServiceTimeout dan ubah nilai default 12000 (12 detik) menjadi 2000 (2 detik) atau lebih tinggi. Setting ini memberitahu Windows berapa lama harus menunggu sebelum memberitahu anda bahwa suatu service tidak menanggapi permintaan shutdown. Ini bisa membantu mempercepat shutdown jika ada banyak service yang dijalankan.

One thought on “Tip dan Trik Windows 7 [03]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s