Menjadikan PC Kembali Bugar 03

Mempercepat PC saat Booting

Setelah Windows dibersihkan, kini optimalkan proses booting. Yang perlu dilakukan adalah merampingkan folder Autoruns. Di folder itulah tersimpan semua program dan layanan yang bisa menghambat proses booting.

Solusinya, kembali gunakan aplikasi CCleaner. Untuk memblokir program ketika sistem dijalankan, klik “Tools|Startup” dan hapuslah semua aplikasi yang membebani Windows saat booting, seperti messenger, office, dan multimedia player. Jika tidak ingin dihapus, anda dapat sekadar menonaktifkannya saja.

Agar Windows tetap ramping, anda juga dapat nonaktifkan file layanan yang tidak digunakan. Klik tombol “Start” di Windows dan akses “Control Panel|Administrative Tools|Services”. Untuk mendapatkan informasi singkat mengenai layanan yang ada, klik ganda entri yang bersangkutan.

Bila menemukan layanan boros dan tidak dibutuhkan oleh sistem, nonaktifkan dengan meng-klik kanan file layanan lalu pilih “Properties”. Layanan apa saja yang boleh dinonaktifkan, bergantung pada konfigurasi sistem. Sebagai contoh, jika tidak menggunakan aplikasi LightScribe untuk membakar CD/DVD, nonaktifkan saja file layanan LightScribeService. Layanan kesalahan yang ditampilkan Windows dapat pula dihentikan dengan menonaktifkan layanan Error Reporting Services.

Perhatian: Sebelum menonaktifkan layanan, sebaiknya anda mmebuat sebuah system recovery.

Menata ulang hard disk

Proses pengoptimalan selanjutnya adalah menyortir seluruh data yang tersimpan di hard disk. Jika anda sering melakukan proses copy dan sinkronisasi file atau meng-install dan uninstall sejumlah program, hard disk akan mudah ter-fragmentasi. Akibatnya, head baca harus melompat-lompat saat membaca sebuah file dan ini dapat menghabiskan waktu.

Di Windows Vista, anda dapat men-defrag hard disk secara otomatis dengan aplikasi yang telah terintegrasi. Jika kurang memadai, gunakan aplikasi JkDegragGUI, klik tab “General” dan di bawah kolom “Action”, pilih “Analyze and defragment”. Kemudian, tandai huruf drive yang ingin anda defrag.

Anda dapat mengatur agar aplikasi JkDegragGUI ini tidak lagi bekerja secara manual. Caranya, atur penjadwalannya dengan meng-klik “Scheduler”. Jika anda menugaskan aplikasi ini untuk bekerja dalam satu bulan sekali, pilih “Monthly” pada kolom “Interval” dan klik tombol “Submint task”. Bila anda kepincut dengan aplikasi defragmentasi hard disk komersial, anda dapat menggunakan aplikasi Diskeeper 2010 Professional (www.diskeeper.com).

Perhatian: Bila menggunakan SSD, anda tidak perlu melakukan defragmentasi. Hla ini, tidak akan meningkatkan kecepatannya, justru akan merusak hard disk. Windows 7 otomatis mengenali SSD dan menonaktifkan aplikasi defrag. Di Windows Vista, anda perlu menonaktifkan secara manual. Klik “Start” dan ketikkan “dfrgui”. Selanjutnya nonaktifkan “Schedule”.