Menjadikan PC Kembali Bugar 04

Mengoptimalkan setting system

Windows 32 bit hanya mampu menggunakan RAM sebesar 3,2 hingga 3,5 GB. Begitu anda menjalankan aplikasi secara pararel, RAM akan cepat penuh dan sistem harus beralih ke file swap (RAM Virtual). Jika ukuran RAM Virtual terlalu kecil, PC akan mengalami penurunan kecepatan. Karena itu, periksalah apakah RAM Virtual di PC anda sudah memadai?

Cara memeriksanya, klik kanan “My Computer” (Windows XP) atau “Computer” (Windows Vista dan Windows 7) dan pilih “Properties”. Kemudian, klik tab “Advanced” lalu ubah ukuran file swap yang ada di “Performance|Settings|Advanced”.

Pada bagian Virtual Memory, klik tombol “Change” dan masukkan nilai yang sama untuk ukuran awal dan maksimal. Nilai yang dimasukkan bergantung pada seberapa besar kapasitas hard disk yang tersedia. Anda dapat mencantumkan nilai antara 2.000 hingga 6.000 MB lalu restart PC anda.

Memblokir proses sistem

Agar prosesor tidak mengalami bootleneck, awasi aplikasi yang menghabiskan performa di latar belakang dengan bantuan aplikasi komersial, Process Lasso. Melalui aplikasi tersebut, atur program apa saja yang tidak boleh membebani CPU.

Jika tidak ingin mengonfigurasi secara manual, klik “Options” dan pilih salah satu daftar konfigurasi yang tersedia. Dengan demikian, aplikasi Process Lasso akan memutuskan sendiri pembagian yang optimal.

Setelah Windows menjalani terapi seperti ini, sistem operasi besutan Microsoft ini akan kembali seperti baru. Proses training secara teratur wajib bagi sistem operasi ini untuk menjaga kebugarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s