Windows 7: Mengelola File dengan Libraries 02

Perbedaan antara Libraries dan Folder

Folder adalah hanya sebuah wadah untuk menyimpan file, tidak lebih dan tidak kurang. Library tidak berisi file. Sebaliknya, “mengumpulkan” beberapa folder dan isinya. Library memantau folder yang berisi item user dan memberikan satu jalur akses dan cara melihat yang beragam (berdasarkan jenis file, tanggal dan pembuat) ke konten tersebut.

Library tidak akan menambahkan duplikatnya ketika kita menambahkan folder ke Library. Library hanya menyimpan lokasi folder atau file. Anda dapat mengakses file melalui Library atau dengan membukanya secara langsung pada Windows Explorer.

Windows 7 memiliki empat Libraries default: Documents, Music, Pictures, dan Videos. User dapat menyimpan dan menyalin file secara langsung ke Library, meskipun Library bukan folder, karena setiap library memiliki lokasi default untuk “menyimpan” file tersebut.

Library masing-masing berisi dua lokasi, folder pribadi user dan folder publik, misalnya, My Music dan Public Music.

Anda dapat meng-copy file ke Library atau menyimpan file di Library, tanpa perlu memilih lokasi folder. Bila anda melakukannya, Windows 7 meng-copy atau menyimpan file di lokasi penyimpanan default.

Lokasi penyimpanan default untuk setiap Library adalah lokasi folder pertama yang anda masukkan ke Library. Anda dapat mengubah lokasi tersebut, tapi jika menghapus lokasi penyimpanan default, sistema kan memilih folder berikutnya sebagai lokasi penyimpanan baru.

Ketika menghapus lokasi folder dari Library, anda hanya menghapus tampilan folder di Library saja. Menghapus lokasi folder dari Library tidak benar-benar menghapus folder atau file tersebut.

Ketika menghapus Libarry, anda hanya menghapus Library dari panel navigasi Windows Explorer. Menghapus Library tidak benar-benar menghapus folder yang terdapat di dalamnya.

Pengaturan default untuk konten di Library adalah berdasarkan lokasi folder, tapi anda dapat memilih pengaturan berbeda dari Arrange by di bagian kanan atas Library Pane.

Sebagai contah, anda dapat mengatur Library Documents berdasarkan Author, Date modified, Tag, Type, atau Name. anda juga dapat mengaktifkan Preview pane dan menggunakan icon besar (klik tombol View pada toolbar Windows Explorer, dan klik Large Icons) untuk mendapatkan tampilan yang lebih rinci.

Bila menggunakan Library, anda membiarkan file dan folder di mana mereka berada. Library hanya memungkinkan anda untuk melihat kelompok file terkait, tanpa benar-benar memindahkan mereka.

Fitur ini memberikan anda kemudahan dalam menemukan dan mengatur file, dengan memungkinkan anda melihat dan mencari mereka dengan menggunakan metadata, seperti author, date, types, tag, dan lainnya.

Library dapat digunakan pada jaringan Home Groups, Workgroups, dan Domain, asalkan anda dapat mengakses folder pada jaringan dan folder tersebut merupakan bagian dari indeks Windows Search pada sistem remote atau folder tersebut di-cache secara lokal dengan menggunakan Offline Files.