FIREFOX 4

Firefox 4 lebih menarik, lebih cepat, dan lebih terbuka. Inilah yang menjadi tujuan Mozilla dalam mengembangkan Firefox 4, yang rencananya akan dirilis pada bulan November 2010 nanti.

Less is more, mungkin itulah yang diinginkan oleh kepala pengembang Firefox. Screeshot pertamanya menunjukkan bahwa Firefox generasi mendatang menyediakan lebih sedikit interface dalam window browser. Mereka lebih ingin berkonsentari pada desain baru ini, sehingga kemungkinan akan tertunda update yang telah direncanakan pada versi 3.7.

Sebagai gantinya, Firefox 4 bakal tersedia untuk di-download pada bulan November 2010. Jadwalnya, sebuah versi beta akan ditawarkan pada bulan Juni 2010. Nantinya, engine Java Script yang baru pada Firefox 4 dapat dibandingkan dalam hal kecepatan dengan mesin yang sama pada browser Google Chrome dan Opera. Versi Release Candidate pertama dijadwalkan pada bulan Oktober nanti, lalu disusul versi finalnya pada bulan November. Bersamaan dengan itu, rencanaya pengembang akan memberikan update untuk versi 3.6.5 sampai 3.6.8. Sementar Firefox versi 3.7 ditiadakan.

Selain interface browser yang lebih ramping, ditawarkan pula Add-ons Manager dan Account Manager yang baru. Selanjutnya, proses startup browser akan lebih cepat, dialog program ditampilkan dalam speech bubble dan proses update sebagian besar berjalan di background. Rencanaya, disediakan pula sebuah Full Screen View dan dukungan terhadap Geolocation-API. Selain itu, pengguna nantinya memegang lebih banyak kendali. Jadi, pengguna dapat mengatur website mana saja yang diberikan hak akses tertentu. Untuk Windows, browser ini juga bakal tersedia dalam versi 64 bit.

Info lanjutnya: www.firefox.com