DIGITAL ALLIANCE GTX 465

Diluncurkannya Fermi ke pasaran pada kuartal dua 2010 untuk menyaingi dominasi pesaingannya, ATI yang terlebih dulu meluncurkan DX 11 graphics card. Dimulai dengan hadirnya GTX 480, disusul kemudian dengan GTX 470 ternyata membawa respon positif bagi pengguna desktop computer, terutama gamer dan enthusiast.

Hadir dengan teknologi 40 nm yang sama dengan pendahulunya, ditambah dengan penggunaan DDR5, DirectX 11, dan tidak ketinggalan mengusung 3D Vision yang menjadi senjata utama NVIDIA, serta berbagai keunggulan lainnya hadir untuk menjawab keraguan para pecinta warna hijau ini.

Kini NVIDIA kembali merilis salah satu keluarga Fermi terbaru mereka dengan menggunakan engine NVIDIA GTX 465. Salah satu partner resmi dari NVIDIA yang mengusungnya adalah Digital Alliance. Hadir dengan desain non reference board dan sedikit lebih pendek dibandingkan dengan reference board awal dari NVIDIA, GTX 465 ini dipersenjatai dengan HSF yang hampir menutupi seluruh bagian board-nya. Dual fan berwarna orange memberikan kesan lebih powerful dan lebih dingin sehingga menjadi nilai tambah tersendiri. Dual fan dan non-reference HSF bisa menjadi pertimbangan untuk para overclocker yang menginginkan kemampuan yang lebih dari sekadar biasa.

Tidak ada yang istimewa pada paket penjualannya. Hampir sama dengan paket penjualan Digital Alliance graphics card pada umumnya. GTX 465 dari Digital Alliance ini juga telah dilengkap dengan 3D Vision technology dari NVIDIA. Untuk menikmati teknologi ini dibutuhkan layar LCD/LED dengan 3D Vision ready dan NVIDIA 3D glases. Interface yang dimilikinya tergolong lengkap dengan dual DVI, HDMI, HDCP/HDTV/HDMI. Kelengkapannya sesuai dengan kebutuhan monitor zaman sekarang.

Sayangnya, walaupun telah dibalut dengan desain board non-reference, tidak ada penambahan core-clock maupun memory clock sedikit pun. Dengan kata lain, performannya masih sama dengan GTX 465 reference yang lain. Pada saat pengujian, panas yang dihasilkannya hanya mencapai suhu 63 derajat Celcius.

Pada pengujian singkat, didapatkan dengan keadaaan standar, 90 persen sama dengan GTX 465 reference board. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada pengujian kemampuan overclock. Kemampuan GTX465 dari Digital Alliance ini hanya mampu meningkat sebesar 10% dari keadaan standar.

Info www.dagraphic.com.

Spesifikasi tambahan, memory 1024 MB DDR5 dengan interface memori 256-bit. Stream processor 352 unit. Core clock 607 MHz. Sedangkan harga sekitaran US$ 305.

Iklan