GOOGLE WAVE

Google Wave menggabungkan aspek e-mail, pesan instan, wiki, web chatting, jaringan sosial, dan manajemen proyek untuk membangun mitra komunikasi di browser yang elegan. And dapat membawa sekelompok teman atau mitra bisnis bersama-sama untuk membahas topik apapun atau hanya sekedar berbagi file.

Google Wave memiliki banyak fitur inovatif, antara lain:

  • Real time: pada kebanyakan kasus, anda dapat melihat apa yang orang lain sedang tulis, hingga karakter demi karakter.
  • Embeddability: Wave dapat dipasangkan pada setiap blog atau website.
  • Aplikasi dan ekstensi: sama seperti aplikasi Facebook atau gadget iGoogle, pengembang dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk Google Wave. Aplikasi dapat berupa apa saja, mulai dari aplikasi musik hingga game real time yang kompleks.
  • Fungsionalitas wiki: apapun yang tertulis dalam Google Wave dapat diedit oleh orang lain, karena semua percakapan berada dalam satu platform. Dengan demikian, anda dapat memperbaiki informasi, atau menambahkan komentar anda sendiri dalam sebuah percakapan yang sedang berjalan.
  • Open source: Google Wave menggunakan kode open source, untuk mendorong inovasi dan adopsi antarpengembang.
  • Playback: Anda dapat memutar ulang (playback) bagian manapun dari Google Wave, untuk melihat apa yang baru saja anda kerjakan.
  • Fungsionalitas bahasa: Google Wave dapat memperbaiki secara otomatis ejaan anda, bahkan Google Wave memperbaiki dan mengenali perbedaan antara kata-kata yang serupa, seperti “Medan” dan “medan”. Google Wave juga mampu secara otomatis menerjemahkan tulisan atau kalimat.
  • Berbagi file: tidak ada lampiran (attachment), cukup drag dan drop file anda di dalam Google Wave, dan semua orang akan memiliki akses.

Meskipun penjelasan di atas hanya menjelaskan sedikit fitur Google Wave, sangat mudah untuk melihat mengapa banyak orang sangat tertarik dengan Google Wave. Google Wave merupakan proyek tim Google yang berbasis di Sydney, Australia. Anggota tim inti Wave adalah dua bersaudara, Jens dan Lars Rasmussen, dan pimpinan manajer proyek, Stephanie Hannon, yang sebelumnya semuanya terlibat di proyek Google Maps.

Google Wave sebenarnya memiliki istilah sendiri, ya, anda harus mempelajari beberapa definisi jika inign benar-benar memahami platform komunikasi baru ini. Memiliki pengetahuan tentang istilah-istilah ini akan membantu anda memahami lebih lanjut mengenai layanan terbaru Google.

  • Wave: sebuah Wave mengacu pada percakapan dengan thread tertentu. Hal ini dapat mencakup hanya satu orang, atau dapat meliputi sekelompok pengguna, bahkan robot. Wave layaknya seluruh pesan instan yang telah anda lakukan dengan seseorang. Apa pun yang pernah di bahas di sebuah chat atau percakapan disebut wave.
  • Wavelet: sebuah Wavelet juga merupakan percakapan dengan thread, tapi hanya sebagian dari sebuah percakapan yang lebih besar (atau Wave). Ini seperti sebuah percakapan IM tunggal, suatu bagian kecil dari sebuah percakapan yang lebih besar, dan history dari sebuah percakapan yang lebih besar. Uniknya, Wavelet dapat dibuat dan dikelola secara terpisah dari sebuah Wave.
  • Blip: pengertian Blip hampir sama dengan Wavelet. Hanya saja peran Blip lebih kecil. Sebuah Blip berarti pesan tunggal individual. Blip seperti baris percakapan IM. Blip dapat memiliki Blip lain yang menyertainya, disebut Children. Selain itu, Blip dapat dipublikasikan atau tidak di publikasikan.
  • Document: Blip memiliki konten terintegrasi yang disebut document. Document mengacu pada karakter yang sebenarnya, termasuk kata-kata yang berada di dalamnya, dan juga file yang terkait dengan sebuah Blip.
  • Embeded Wave: sebuah Embeded Wave merupakan cara Google Wave dan percakapan yang berada di dalamnya untuk dapat diintegrasikan pada website anda. Anda dapat menggunakan Embeded Wave sebagai sebuah chatroom atau sebagai sebuah cara agar orang lain dapat berkoneksi dengan anda.

Wave Gadget adalah salah satu dari dua jenis ekstensi Google Wave. Gadget merupakan aplikasi yang berfungsi secara penuh yang tujuannya untuk mengubah tampilan dan nuansa pada Wave, meskipun gadget memiliki potensi lebih besar dari sekedar pemanis tampilan pada Wave.

Pertama, hampir semua gadget iGoogle atau OpenSocial dapat berjalan pada Google Wave. Ini berarti, ribuan aplikasi yang telah dibuat dapat digunakan di Google Wave. Kedua, Gadget yang dibuat terintegrasi pada Google Wave memiliki fungsi interaksi secara langsung dengan beberapa pengguna. Ini berarti, bermain game online dengan partisipasi aktif dari semua pengguna dapat dilakukan.

Gadgets khusus untuk Wave individu, bukan kepada pengguna tertentu. Jadi, bukan seperti memiliki aplikasi Facebook pada profile anda, melainkan gadget milik semua orang yang berada dalam Wave. Gadget pada Wave juga tidak memiliki judul, gunanya untuk lebih mengintegrasikan dengan percakapan yang sebenarnya.

Beberapa gadget telah dibuat termasuk gadget Sudoku, Bidder (yang mengubah Wave anda menjadi arena lelang), dan Maps (yang berkolaborasi pada peta digital Google).

Robots adalah tipe lain dari ekstensi Google Wave. Fungsi Robots seperti memiliki orang lain dalam percakapan Google Wave, hanya saja Robots bekerja secara otomatis. Mereka sangat mirip dengan IM bots pada masa lalu, hanya saja jauh lebih canggih.

Robots dapat memodifikasi informasi dalam Wave, berinteraksi dengan pengguna, berkomunikasi dengan Wave lain, dan mengambil informasi dari sumber lain. Karena Robots bertindak layaknya pengguna, anda dapat menentukan perilaku Robots berdasarkan apa apa yang terjadi di chat. Anda bisa menciptakan sebuah Robots dengan mudah dan sederhana, seperti “mengganti kata anjing dengan kata kucing” atau menciptakan sebuah Robots yang kompleks sebagai sebuah debugger yang berfungsi secara penuh.

Beberapa Robots sudah dapat melayani penggunanya, seperti Debuggy (sebuah debugger dalam Wave), Stocky (yang mengambil harga saham berdasarkan penawaran saham), dan Tweety (Tware Robot, yang menampilkan tweets di dalam Wave).

Wave embeds sedikit lebih kompleks daripada sekedar mengintegrasikan video You Tube ke blog anda. Google Wave Embeds merupakan sebuah fitur yang sangat berguna dan merupakan sebuah cara untuk mengintegrasikan Google Wave ke situb web pihak ke tiga. Embedded Waves mendukung banyak fungsi dari klien Google Wave, termasuk drag-and-drop file.

Google telah membuat dua buah Wave Embeds, yakni YouTube Playlist Discuss dan Multiple Extensions Embed. Yang pertama memungkinkan anda untuk mendiskusikan video YouTube melalui Wave, dan yang kedua memungkinkan untuk berinteraksi dengan beberapa Wave pada halaman yang sama.

Dengan kemampuan real time, Google Wave Embeds kemungkinan dapat menjadi pengganti komentar yang statis. Jika Google dapat menyempurnakan Wave Embeds, nantinya anda bahkan bisa melihat komentar YouTube.com diganti dengan Wave, meskipun terlalu dini untuk melihat hal seperti ini. Tidak ada keraguan sebagai sebuah produk, Google Wave semakin matang. Sekarang, Google Wave dapat digunakan untuk semua orang, dan Wave dapat menjadi alternatif selain Facebook.