ACDSee Photo Manager 12

Mau dibuat apa foto anda, jika kumpulan foto di hard disk jumlahnya sudah sangat banyak dan anda dibuat bingung untuk mengelolanya. Mengatur dari Windows Explorer atau program manajemen file standar tentu saja bisa membuat anda semakin pusing. Apabila anda menemukan keadaan seperti ini, tampaknya anda sudah harus beralih ke mode pengaturan digital. Anda harus menggunakan program dengan fungsi khusus untuk menangani foto, seperti yang terdapat dalam ACDSee Photo Manager 12.

Program ini memiliki empat mode untuk menangani foto, yaitu Manage (manajemen), View, Edit dan Online. Setiap mode memiliki banyak fungsi di dalamnya.

Proses pengambilan foto dari berbagai sumber seperti hard disk, memory card atau perangkat penyimpan eksternal cukup cepat. Di lakukan percobaan untuk mengimpor 6500 foto beresolusi tinggi dari memory card pada kamera digital, program ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Waktu ini terbilang cukup cepat jika dibandingkan dengan program-program sejenis lainnya. Program ini juga mudah digunakan. Proses edit dan pengelolaan foto semakin dipermudah. Bahkan ACDSee Photo Manager juga menyediakan fungsi upload untuk membagi foto kepada rekan lainnya melalui Facebook.

Ada banyak fungsi di dalamnya. Di bagian “manage” saja, selain fungsi import foto. Anda bisa menggunakan fungsi batch rename dan format, mendesain album foto dalam sebuah slideshow atau file PowerPoint, upload foto hingga menjalankan slideshow langsung dari program. Semua fungsi tersebut bisa anda temukan pada menu Bar.

Di bagian View, anda bisa menambahkan stamp atau membuat caption untuk menggambarkan keadaan dan suasana foto. Selanjutnya di bagian Edit, anda akan menemukan fungsi-fungsi untuk merenovasi foto. Foto-foto yang anda miliki bisa anda tingkatkan kualitasnya dengan menaikkan kecerahan warna atau kontras. Fungsi perbaikkan efek mata merah juga ada disini. Efek spesial untuk foto-foto anda yang ada di bagian ini dapat membuat foto-foto anda tampil berbeda dan unik. Selain tiga fungsi tadi, masih ada fungsi edit lainnya, seperti vignette, crop, rotate, blur, flip, hingga border.

Di bagian akhir adalah Online. Bagian inilah yang dapat membantu anda jika kapasitas penyimpanan lokal sudah sangat terbatas. ACDSee Photo Manager menyediakan fungsi penyimpanan online secara gratis sebesar 2 GB, jumlah yang cukup banyak untuk menyimpan foto-foto anda. Fungsi dasar untuk membakar foto ke dalam cakram CD atau DVD tetap disediakan. Dengan begitu, anda juga bisa mem-backup foto untuk di bawa kemanapun anda pergi.

Harga: US$ 70

Website: www.acdsee.com

Operasi sistem: Windows XP/Vista/7