Menetapkan Posisi Gambar secara Tepat

Tips & Trik Microsoft Word 2007

Memasukkan gambar ke dalam lembar kerja, seperti dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word, butuh pengaturan dan ketepatan.

Jika anda memasukkan gambar ke dalam dokumen Microsoft Word, gambar tersebut akan langsung menempati posisi cursor. Ini adalah cara yang paling dasar. Namun, jika ingin posisi gambar dapat diarahkan secara tepat dengan beberapa langkah pengaturan yang terbilang mudah, anda dapat mengikuti cara berikut ini.

Masukkan gambar lewat menu “Insert” atau langsung dengan teknik copy-paste. Kemudian, klik gambar tersebut untuk memilihnya lalu buka tab “Format” yang ada pada menu utama Microsoft Word. Pada bagian “Arrange”, klik “Position”, dan selanjutnya Microsoft Word akan menampilkan beberapa pilihan untuk mengatur posisi gambar.

Klik tombol “More Layout options” untuk menampilkan window pengaturan yang lebih spesifik. Kemudian, buka tab “Text Wrapping” lalu pilih salah satu pengaturan Wrapping (kecuali “In Line with Text”).

Buka tab “Pictures Position” lalu pilih “Absolute Position” untuk bagian horizontal dan atur jarak gambar dari sisi kanan dan kiri. Untuk bagian Vertikal, pilih “Absolute Position” dan atur jarak gambar dari sisi atas dan bawah. Selain itu, pastikan bahwa boks “Move Object with Text” tidak aktif. Setelah yakin dengan pengaturan yang anda lakukan, klik “OK” untuk kembali ke dokumen dan melihat hasilnya.