NOTEBOOK INTEL ARRANDALE 02

DELL Inspiron 14R

DELL merupakan sebuah perusahaan IT elektronik yang berasal dari US. Produknya yang biasa kita jumpai di Indonesia adalah LCD monitor dan notebook. Khusus untuk notebook, DELL memiliki andalan untuk segmen gaming dengan produk Alienware-nya. Selain Alienware, DELL juga memiliki beberapa seri notebook lainnya, yaitu DELL Latitude, Inspiron, Studio, Studio XPS, Adamo, dan DELL Mini netbook.

Pada pengetesan kali ini, DELL Inspiron 14R yang datang dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium. Dipersenjatai dengan proseseor Intel Core i5 430M 2,27 GHz, 2 GB RAM DDR3, hard disk berkapasitas 320 GB, serta ATI Radeon HD 5470 1 GB DDR3 yang telah mendukung DX 11. Notebook ini berbahan glossy dengan warna merah marun dan memiliki layar LED 14 Inch yang memiliki native resolution 1366×768. Bagi anda yang kurang menyukai warna merah marun, DELL memberikan beberapa pilihan lainnya, seperti hitam dan biru untuk dipilih. Jika anda termasuk orang mementingkan kualitas audio, anda bisa mengandalkan dua buah speaker yang dimilikinya dengan feature SRS Premium Sound. Detail suara yang dihasilkan terdengar dengan jelas. Ketika anda menaikkan volume, suara yang dihasilkan pun tidak pecah.

Pada bagian dalam, kesan pertama yang dihasilkan adalah simpel. Notebook ini tidak memiliki satu pun tombol softkey. Desain keyboard pada Inspiron 14R ini juga sangat simpel touchpad berfungsi responsif dengan tombol yang nyaman ketika ditekan. Pada sisi kanan terdapat satu buah USB slot dan jack audio, serta optical drive DVD writer. Pada sisi kiri terdapat HDMI output, e-SATA port, LAN port, dan card reader.

Inspiron 14R dilengkapi dengan baterai berkapasitas 45Wh. Ketika diuji melalui MobileMark 2007 daya tahan baterai mencapai 198 menit. Pada pengujian gaming, hasial yang diperoleh tidak begitu memuaskan. Game Crysis Warhead tidak dapat dimainkan dengan nyaman pada native resolution yang dimiliki, baik pada DX 9 maupun DX 10. Untuk menguji DX 11 yang telah di support, dimainkan game STALKER Call of Pripyat dengan detail level medium. Hasilnya masih tidak bisa dikatakan memuaskan, karena FPS yang dihasilkan memiliki rata-rata sekitar 15 FPS.

FORSA FS7684

Nama Forsa untuk sebagian orang mungkin terasa asing. Forsa memang bisa dikatakan sebagai pemain baru dalam dunia notebook. Berdiri sejak tahun 2006 pada awalnya Forsa hadir dengan barebone yang memiliki spesifikasi beragam. Merek ini menawarkan harga terjangkau, namun memberikan spesifikasi yang tinggi. Hal ini menghasilkan apa yang disebut sebagai ratio perbandingan price dan performance yang baik. Suatu hal yang menjadi kekuatan notebook buatan dalam negeri dan menjadi alasan utama konsumen Indonesia dalam memilih suatu produk.

Forsa FS7684 merupakan varian notebook gaming yang menggunakan Intel Core i5 540M 2,53 GHz yang merupakan seri tertinggi untuk Intel Arrandale Core i5. Forsa juga tidak main-main dalam merancang produknya yang satu ini dengan menggandeng NVIDIA sebagai partner untuk graphics chip-nya. Hal ini terlihat melalui pilihan GPU, yaitu GeForce GT335M 1 GB DDR3, yang merupakan seri tertinggi untuk varian mobile graphics chip dari NVIDIA. Untuk memaksimalkan performa notebook ini, Forsa menggunakan LED 15,6 inch dengan resolusi maksimal 1366×768. Pada bagian dalam terdapat keyboard yang dilengkapi dengan tombol numpad seperti pada keyboard yang digunakan pada dekstop PC. Tidak banyak notebook yang langsung menyediakan numpad karena pertimbangan ukuran dan bobot. Akan tetapi dengan dimensi 37,3 x 25,7 x 3,41 cm, notebook in hanya memiliki bobot sekitar 2,575 kg termasuk baterai.

Notebook ini masih dapat memainkan game dengan DX 9 dan 10 dengan baik. Akan tetapi karena graphics chip GT 335M yang terbatas pada DX 10, pengujian game pada mode DX 11 tidak dapat dilakukan. Dari segi user experience, notebook ini juga cukup nyaman digunakan dengan tombol keyboard yang menyisakan sedikit jarak antar tombol lainnya. Hal ini meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam pengetikan. Notebook ini memiliki HDMI dan VGA Output, serta dua buah USB slot.

HP EliteBook 8440P

Hewlett Packard sebagai produsen yang aktif mengeluarkan produk notebook, kini hadir menyambut dirilisnya Intel Core Series. Bersamaan dengan beberapa produsen lainnya, HP merilis notebook dengan prosesor Intel Core i5.

HP EliteBook 8440P ditujukan untuk segmen eksekutif. Ini dapat dilihat dari bentuk dan warnanya yang sederhana dengan kombinasi dua warna. Seluruh bagian depan dan area sekitar touchpad berwarna silver, sedangkan pada sisi layar, keyboard, dan touchpad berwarna hitam. Untuk pemakaian mouse, EliteBook 8440P tergolong nyaman dioperasikan dengan touchpad-nya yang juga nyaman digunakan. Touchpad  button-nya menggunakan sistem bumper, di mana bagian-bagian buttom akan sedikit tenggelam ketika ditekan. Namun yang menjadi kendala adalah ukuran touchpad area yang kecil akan menyulitkan penggunanya dalam point dan scrolling.

Selain touchpad tersebut, EliteBook 8440P juga memiliki “pointing stick” yang berada di tengah keyboard sebagai alternatif jika anda tidak nyaman dengan touchpad yang ada. Kerja pointing stick ini dibantu dengan pointing stick  button yang terletak di bawah tombol spacebar. Yang menjadi keunikkan tersendiri dari notebook ini, yaitu adanya sebuah lampu LED pada sisi atas layar. Lampu ini berfungsi untuk membantu menerangi keyboard dalam keadaan gelap. Pada sisi konektivitas terdapat tiga buah slot USB 2.0 dan juga FireWire, serta e-SATA prot masing-masing sebanyak satu buah. Untuk display output, tersedia VGA port dan Display Port.

Karena ditujukan untuk kalangan eksekutif, notebook ini hanya memiliki Intel HD Graphics sebagai andalan untuk menjalankan aplikasi 3D dan multimedia. Untuk keperluan sehari-hari, prosesor Intel Core i5 520M 2,4 GHz yang disematkan di dalamnya dirasa cukup untuk menjalankan program-program yang ada saat ini. Anda bisa memanfaatkan harddisk yang cukup besar berkapasitas 320 GB. Untuk menguji performa graphics, dilakukan pengujian dengan memutar film full HD. Hasilnya memuaskan, film dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.