NOTEBOOK INTEL ARRANDALE 03

MSI GE600

Merek yang dikenal selalu mengeluarkan produk notebook spesifikasi tinggi, kali ini kembali mengeluarkan produk terbarunya dengan prosesor Arrandale i5 430M. Sebenarnya prosesor Arrandale sendiri memiliki integrated GPU, tetapi karena diposisikan sebagai notebook gaming, kali ini MSI menyandingkan Intel Core i5 430M 2,27 GHz dengan graphics chip ATI Radeon HD 5730 1 GB DDR3. Dengan balutan LED 16” dan RAM sebesar 4 GB DDR3, memungkinkan anda untuk memainkan game-game yang cukup berat dengan lancar, tentunya dengan konfigurasi yang disesuaikan. MSI GE600 juga didesain dengan touch panel multimedia pada bagian atas untuk mendukung akses multimedia yang lebih cepat.

Ketika dilakukan pengujian ketangguhan notebook ini dari segi user experience dan gaming experience, hasilnya bisa dikatakan memuaskan. Tombol keyboard yang nyaman dipakai serta touchpad yang responsif mendukung pemakaian sehari-hari untuk bekerja. Keyboard yang ada pada notebook ini menyerupai keyboard yang biasa dijumpai pada desktop PC. Pada sisi kanan terdapat tombol numpad tambahan yang semakin memudahkan penggunanya baik untuk keperluan gaming maupun untuk keperluan entri data seperti halnya seorang akuntan.

Dibekali dengan dua buah speaker dan sebuah subwoofer di bagian bawah, notebook ini terbilang lengkap untuk menemani semua aktivitas yang dilakukan mulai dari office, Multimedia, hingga Gaming. MSI Juga bekerja sama dengan SRS Audio untuk menghasilkan kualitas suara yang sempurna saat mendengarkan musik ataupun menonton film Full HD. Gambar yang dihasilkan begitu jernih, tidak terasa adanya ghosting. Jika anda membutuhkan koneksi USB, tersedia tiga buah USB slot.

Gaming performance dari MSI GE600 tergolong memuaskan untuk sebuah notebook. Pada game Crysis Warhead, DX 9 dan DX 10 yang tergolong kelas berat, rata-rata FPS yang dihasilkan mencapai angka 20 FPS ke atas, sedangkan performa DX 11 pada STALKER: Call of Pripyat menghasilkan FSP yang tidak jauh berbeda, yaitu 19 FPS.

SONY VAIO VPCEA 16FG

Sony VAIO terkenal dengan desain dan fitur-fitur yang trendy dan mendukung perangkat multimedia seperti musik dan video dengan lebih baik. Kali ini Sony mengeluarkan produk notebook-nya yang memiliki desain ceria. Sony VAIO VPCEA 16FG menggunakan teknologi terbaru dari Intel di jajaran prosesor mobile, menggunakan Intel Core i5 520M 2,4 GHz serta ATI Radeon HD 5650 1 GB DDR3 sebagai graphics chipnya. Hadir dengan lima warna pilihan, biru, hitam, pink, hijau dan putih.

Kali ini desain yang diusung sedikit unik, saat ini kebanyakan notebook hanya menggunakan warna pada bagian casing saja, sedangkan di dalamnya kebanyakan menggunakan warna standard seperti warna hitam. Desain VAIO kali ini membuat semua bagian notebook menjadi berwarna, kecuali pada bagian keyboard yang tetap menggunakan warna hitam.

Walaupun telah menggunakan LED backlight 14 inch dengan resolusi 1366×768 dan mengusung graphics chip ATI Radeon HD 5650 1 GB DDR3 untuk mengoptimalkan performa pemutaran video dan bermain game, speaker yang ada ternyata masih jauh dari harapan. Saat dicoba kehandalan speakernya untuk memutar berbagai jenis musik, ternyata suara yang dihasilkan pada volume tinggi terdengar pecah dan detail suara bass yang kurang optimal.

Feature yang menjadi perhatian khusus, adalah adanya tiga buah shortcut di sisi atas arena keyboard. Shortcut “Web” memungkinkan pengguna untuk melakukan browsing internet tanpa harus menyalakan notebook dan tanpa perlu masuk ke dalam sistem operasi, menghemat waktu sekaligus penggunaan baterai. Shortcut “Assist” menyediakan fitur VAIO Care untuk Troubleshooting, Recovery & Restore, serta VAIO Support. Shortcut “VAIO” sebagai shortcut untuk membuka web browser dan mengarahkan ke situs resmi VAIO.

Bagi anda yang hobi bermain game, bisa mengandalkan VAIO yang satu ini. Performanya dalam game DX 9, 10 maupun 11 tergolong baik. Notebook ini dapat memainkan game Crysis Warhead pada native resolution dengan rata-rata frame per secon di atas 15 FPS. Bahkan pada game Stalker, DX 11, FPS yang dihasilkan mencapai 30 FPS.

Toshiba Satellite E200

Seiring dengan kemunculan prosesor terbaru Intel Core i5, Toshiba dengan cepat merilis Satellite E200. Notebook in hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu saphire blue. Jenis prosesor yang digunakan yaitu Intel Core i5 520M dengan speed 2,4 GHz dan jumlah memori sebesar 4 GB DDR3. Untuk menjalankan aplikasi 3D, Satellite E200 menggunakan NVIDIA GeForce GT310M GPU dengan dedicated memory sebesar 512 MB DDR3.

Satellite E200 datang dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium 64-bit, memiliki widescreen LED 14 inch dengan resolusi maksimal 1366×768. Dari segi interface, tersedia USB slot 2.0 sebanyak dua buah yang terletak di kedua sisi kiri dan kanan. Untuk membaca media disc tersedia slot-in DVD writer seperti yang biasa dijumpai pada produk Apple MacBook. Dari sisi desain, produk ini memang membuat gebrakan baru seperti penempatan tombol touchpad baru seperti penempatan tombol touchpad yang lebih ke bawah dari biasanya, hingga ujung notebook juga dengan ukuran tombol yang lebih besar.

Tetapi ada sesuatu yang mengganjal, karena pada umumnya konsumen tidak terbiasa dengan touchpad button yang berbeda itu. Yang menjadi keunggulan tersendiri, yaitu adanya LED backlit pada keyboard. Anda bisa menyalakan dan mematikan backlit ini secara manual melalui tombol shortcut yang disediakan.

Biasanya notebook Toshiba dikenal memiliki speaker dengan kulitas suara tinggi. Namun, kali ini sangat berbeda. Detail suara yang dihasilkan terdengar sederhana. Hal serupa pada gaming performance GeForce GT310M yang digunakan dengan memori 512 MB DDR3 tidak mampu memainkan game Crysis Warhead dengan baik pada native resolution, hasilnya rata-rata FPS yang diperoleh tergolong rendah, yaitu hanya sekitar 8 FPS.