Langkah Mudah Meng-Capture Gambar

Tips & Trik Microsoft Word 2007

Ada gambar yang perlu diambil dan dimasukkan ke dalam dokumen, tetapi anda tidak punya program screeshot. Ada yang bisa dilakukan?

Potongan gambar dari layar atau screenshot sering dibutuhkan untuk membantu penjelasan dalam dokumen yang sedang dibuat. Agar tidak repot atau salah saat men-capture gambar, sebaiknya anda menyimak panduan berikut ini.

Pertama-tama, tampilan objek yang ingin diambil gambarnya dan atur posisinya supaya terlihat jelas di layar monitor atau tidak terhalang dengan menu atau window program lain. Kemudian, klik tombol [PRINT SCREEN]. Ini adalah cara yang paling dasar dalam mengambil screeshot. Hasilnya, seluruh tampilan yang ada di layar akan terekam di memori komputer dan siap untuk di-paste ke aplikasi apapun, termasuk Microsoft Word 2007.

Jika gambarnya terlalu besar, anda dapat mengolah ulang dengan aplikasi Paint yang disediakan oleh Windows. Melalui aplikasi tersebut, anda dapat memotong (Crop) bagian gambar yang tidak diinginkan. Cara lain yang tidak kalah praktis untuk men-capture gambar adalah dengan menekan kombinasi tombol [ALT] dan [PRINT SCREE]. Melalui teknik ini, hanya tampilan window yang sedang aktif di layar yang akan terekam dalam memori. Hasilnya dapat anda langsung masukkan ke dalam dokumen Word, tanpa perlu banyak proses editing.