Sembunyikan Gambar dari Hasil Cetak

Tips & Trick Microsoft Word 2007

Ada beberapa gambar yang tidak perlu ditampilkan saat di cetak. Namun, gambar tersebut tidak ingin dihilangkan dari dokumen aslinya.

Seiring meningkatnya gerakan pedul lingkungan, segala bentuk penghematan memang patut dilakukan. Hemat menggunakan tinta printer termasuk salah satunya. Jika anda perlu membagikan dokumen (hard copy) tanpa gambar ke beberapa teman, sebaiknya cetak dokumen tersebut sebagai draft.

Untuk mengaturnya, masuk ke “Word Options”, lalu klik menu “Advance” dan lihat bagian “Print” di panel sebelah kanan. Pastikan option “Use Draft Quality” sudah diaktifkan. Hasilnya, gambar-gambar yang semestinya tampil pada cetakan dokumen akan terlihat kosong (blank). Jika ingin mencetak dokumen tersebut secara normal, kembalikan pengaturannya.

Cara lainnya, gunakan fungsi Hidden Text. Fungsi ini juga berlaku untuk menyembunyikan gambar. Untuk itu, klik menu “Word Option|Display” dan pastikan option “Hidden Text” sudah terpilih dan sebaliknya, pastikan “Print Hidden Text” tidak terpilih. Simpan pengaturan ini dan kembali ke dokumen. Sekarang, anda perlu menentukan gambar-gambar mana saja yang perlu disembunyikan pada saat dicetak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik gambar lalu tekan tombol [SHIFT]+[CTRL]+[H] pada gambar yang tidak ingin dicetak.