Atur Add-in agar Word Terbebas dari Masalah

 

Tips & Trick Microsoft Office 2007

Anda selalu mengalami crash saat menggunakan add-in pada word. Terkadang add-in yang ter-install tidak dapat terlihat atau modul-modul tersebut menghalangi beberapa fungsi yang ada di Word. Anda ingin menonaktifkannya hanya untuk sebatas usaha trial dan error, dan ini caranya.

Word 2007 membagi pengaturan add-in menjadi dua tingkat. Secara umum, add-in akan diatur melalui Safety Settings dan pengaturan secara individu akan dikonfigurasi melalui manajemen pengaturan yang tersembunyi. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa add-in COM juga tersedia di samping add-in Word.

Konfigurasi Safety Settings: Klik tombol Office dan pilih “Word Options”. Melalui window Word Options, klik menu “Trust Center” dan lihat panel pada sebelah kanan lalu klik tombol “Trust Center Settings”.

Pada window yang ditampilkan, anda dapat menonaktifkan semua add-ins dengan cara klik menu “Add-ins” dan pilih option “Disable all Applications Add-ins (may impair functuonality)”. Dengan begitu, keamanan secara maksimum telah tersaji karena Word yang menonaktifkan semua fungsi add-in yang ada. Jika ingin memilih option lainnya, seperti “Require Application Add-ins to be signed by Trusted Publisher”, anda harus melepas option yang sebelumnya telah dipilih.

Pilihan option “Require Application Add-ins to be signed by Trusted Publisher” akan memberikan keamanan pada Word secara optimal. Hal ini karena apabila add-in memiliki sign yang tidak terpercaya akan di nonaktifkan walaupun berhasil di-install. Apabila anda telah selesai menentukan option yang diinginkan, klik tombol “OK” untuk melakukan konfirmasi.

Pengaturan add-in secara individu: Klik  menu “Add-ins” yang terdapat dalam window “Word Options”. Pada panel sebelah kanan akan diperlihatkan add-in apa saja yang aktif dan yang ter-install. Untuk melakukan pengaturan add-in secara individu, pada kolom “Manage” klik tanda panah ke bawah untuk memilih kategori “Word Add-ins” dan klik tombol “GO”. Akan muncul window “Template and Add-ins” dan menampilkan add-in apa saja yang dijalankan pada versi Word sebelumnya. Untuk menonaktifkan secara individu, cukup melepas tanda centang yang berada di depannya. Jika ingin mengintegrasikan template atau add-ins, klik tombol “add”.

Jika add-in sudah ter-install, tetapi tidak terlihat dalam window ini, periksa di bagian COM add-ins. Untuk itu, pada kolom “Manage” pilih kategori  COM Add-ins dan klik “GO”. Selanjutnya, pilih add-in yang ingin diaktifkan atau nonaktifkan.