Menempatkan Tab untuk Merapikan Penomoran

 

Tips & Trik Microsoft Office Word XP, 2003, 2007

Anda ingin menempatkan beberapa tab pada Ruler untuk mengatur posisi penomoran yang ada di dalam dokumen Word. Tab-tab tersebut akan ditempatkan dalam ukuran bilangan desimal, seperti 0.5; 0,35; 0,25; dan sebagainya. Untuk itu, anda harus tepat menentukan letak semua tab tersebut. Dan ini caranya.

Pengaturan posisi penomoran secara individu dapt dilakukan melalui fungsi spesial tab. Untuk itu, tampilkan atau aktifkan terlebih dahulu fungsi Ruler ke dalam worksheet. Untuk menampilkannya sangat mudah. Anda dapat mengklik tab “View” dan beri tanda centang pada boks “Ruler”. Jika anda tidak menemukan simbol tab di dalam Ruler, anda dapat meng-klik pada Ruler sesuai dengan posisi tab yang diinginkan. Untuk melakukan pengaturan posisi tab, klik ganda tab tersebut.

Aplikasi Word akan menampilkan window Tabs dan di sana anda dapat memilih ratio button “Decimal” yang terdapat di bawah bagian “Alingnment” lalu konfirmasikan dengan meng-klik tombol “OK”. Selanjutnya, tab yang ada di Ruler akan di tampilkan sebagai huruf “T” terbalik.

Kini, untuk mengatur penempatan tab-tab tersebut sesuai ukuran bilangan desimal yang diinginkan. Anda dapt meng-klik tab tersebut untuk memasukkan nilai-nilainya. Selanjutnya, posisi-posisi penomoran akan diatur oleh Word secara otomatis.