Duplikasi Tabel Berformat secara Efektif

 

Tips & Trik Microsoft Excel XP, 2003, 2007

Anda membuat banyak perhitungan dalam sebuah tabel. Tidak hanya itu, anda juga menggunakan berbagai format perhitungan yang berbeda-beda dalam tabel tersebut. Saat ini, anda ingin menduplikasikan beberapa sel yang ada di dalam table tersebut.

Template untuk hal itu juga telah tersedia untuk Excel. Namun, perlu di-install dan penggunaannya pun tidak senyaman template untuk Word.

Cara lain menyalin format pada beberapa sel dapat memanfaatkan “Format Painter” yang tersedia di menu bar dan dilambangkan dengan simbol icon kuas.

Pilih sel berformat yang akan disalin lalu klik “Format Painter”. Untuk memindahkan ke banyak sel, pilih area sel yang berformat. Setelah itu, klik “Format Painter” sehingga muncul garis titik-titik yang mengelilingi sel-sel tersebut. Hal ini menandakan dalam mode transfer dan pointer mouse akan berubah bentuk menjadi tanda plus yang disampingnya terdapat icon kuas.

Selanjutnya, tentukan area sel yang baru untuk memindahkan format tersebut dengan meng-klik sehingga pointer mouser berubah ke bentuk normal. Yang perlu diperhatikan, “Format Painter” dapat menyalin format dalam bentuk tabel keseluruhan dengan kondisi luas baris dan kolom antara sumber tabel dan tabel tujuan harus ama ukurannya. Jika berbeda, akan muncul pesan kesalahan.