Menambahkan Informasi Pendukung

 

Tips & Trik Microsoft Excel 2007

Di dalam dokumen Excel, anda mencantumkan penjelasan kalkulasi yang dibuat pada dokumen Word. Untuk masuk ke dalam dokumen Word yang berisi penjelasan tersebut, seharusnya anda tidak perlu repot-repot membukanya secara manual. Cara yang paling efektif adalah memanfaatkan feature Hyperlink.

Pertama-tama, buka kedua dokumen Microsoft Excel dan Word yang ingin dihubungkan. Kemudian, pada dokumen Word, anda dapat menyeleksi teks atau paragraf awal dan tekan tombol [CTRL]+[C]. Hal ini berguna untuk menyalin data ke Clipboard yang terdapat di dalam dokumen Microsoft Excel yang sudah anda buat. Langkah selanjutnya, anda perlu beralih ke dokumen Excel dan di sana anda dapat meng-klik menu “Home |Clipboard”. Dalam area clipboard, anda akan menemukan satu clipboard yang di dalamnya memuat teks atau paragraf awal peng-copy-an pada dokumen Word.

Selanjutnya, masih di dalam dokumen Excel, anda dapat memilih salah satu sel yang akan digunakan dan klik teks atau paragraf awal yang terdapat di dalam Clipboard. Kini, dokumen Excel akan memuat teks atau paragraf awal ke dalam sel yang telah anda pilih. Selanjutnya, klik kanan sel tersebut dan pilih menu “Hyperlink”.

Kini, Microsoft Ecxel akan menampilkan window Insert Hyperlink dan anda dapat memilih dokumen Word yang ingin dihubungkan. Jika anda telah selesai memilihnya, klik tombol “OK”. Kini, sel yang ada di dokumen Excel telah terhubung dengan dokumen Word yang berisi informasi pendukung terkait dengan proses kalkulasi.

Untuk mengoperasikannya terbilang mudah. Anda dapat meng-klik sel di Microsoft Excel yang di dalamnya telah berubah menjadi link. Dengan begitu, secara otomatis anda dapat mengakses dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word tanpa perlu lagi membukanya secara manual.