SHORTCUT pada WINDOWS 7 bagian 01

 

Kita suka shortcut keyboard dan shortcut khusus yang melakukan semua hal keren. Berikut adalah beberapa yang kita bisa gunakan pada Windows 7.

Menampilkan Icon Home Directory ke Desktop

Salah satu perubahan baru pada Windows 7 adalah setiap user mempunyai direktori “Home” yang benar-benar dapat diakses dan digunakan (pada Windows XP dan 2000, direktori tersebut disembunyikan, dan tidak dimaksudkan untuk digunakan)

Beberapa fitur baru, seperti direktori Downloads, hanya dapat diakses melalui direktori Home, sehingga akan lebih cepat jika kita menampilkan icon-nya pada desktop. Untuk melakukannya, klik tombol Start, dan kemudian klik kanan user name anda. Pilih Show on Desktop. Sekarang, home directory anda tampil pada desktop. Anda juga bisa mengklik kanan desktop, pilih Personalize, dan kemudian Change desktop icons. Beri tanda centang boks User’s Files, dan kemudian klik OK.

Up ke Folder

Explorer pada Windows 7 tidak mempunyai tombol Up. Untungnya, ada shortcut keyboard pengganti. Misalkan kita ada di direktori D:\Downloads\Software\.

Memang kita bisa mengklik “Downloads” untuk menyimulasikan tombol Up, tapi tidak selalu bisa, terutama jika ukuran jendela diperkecil atau ada dua jendela ditampilkan berdampingan. Supaya lebih mudah, anda bisa menekan kombinasi tombol [Alt]+Up. Tekan terus sampai anda di folder yang diinginkan.

Kombinasi tombol lainnya adalah [Alt]+Right untuk ke direktori selanjutnya, [Alt]+ Left untuk ke direktori sebelumnya, [Alt]+ [D] untuk memilih alamat path sekarang, [F4] untuk menampilkan daftar address bar, [Alt]+ ENTER untuk melihat properties item, [Ctrl]+ Mouse Wheel untuk mengubah ukuran icon, dan [F11] untuk menampilkan Explorer dalam mode Fullscreen.

Membuat Folder Baru

Windows 7 mempunyai kombinasi tombol shortcut untuk membuat folder baru, yaitu [Ctrl]+[Shift]+ [N].

Gunakan tombol shortcut ini di mana pun pada Windows Explorer, dan sebuah folder baru akan langsung dibuat

Mengunci Layar Komputer

Cara paling cepat untuk mengunci layar komputer adalah dengan menggunakan shortcut keyboard [Windows]+[L].

Namun beberapa orang lebih suka menggunakan mouse, atau ada juga yang suka menggunakan keduanya. Untuk mengunci layar komputer dengan menggunakan shortcut, klik kanan di sembarang tempat pada dekstop, lalu pilih New, Shortcut.

Masukkan perintah rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation pada boks yang tersedia. Selanjutnya, beri nama shortcut, dan kemudian klik Finish. Itu saja, selesai.

Mematikan / Menyalakan Firewall

Pada waktu troubleshooting masalah jaringan, salah satu hal pertama yang dilakukan adalah mematikan Windows Firewall. Namun, terlalu banyak langkah yang diperlukan untuk mematikan dan menyalakan Firewall. Untungnya dengan menggunakan utilliti netsh kita bisa membuat icon shortcut sederhana.

Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan netsh firewall set opmode disable (untuk menyalakan firewall adalah netsh firewall set opmode enable). Lanjutkan ke langkah berikutnya, dan beri nama shortcut, misalnya “Disable Firewall”.

Sampai sini, kita sudah mempunyai icon shortcut, tapi belum bisa berfungsi jika tidak dijalankan sebagai administrator.

Klik kanan shortcut, klik Properties. Ubah dulu Run ke Minimized supaya kita tidak melihat command prompt. Sekarang, klik tombol Advanced. Beri tanda Run as administrator. Anda juga bisa mengganti icon dengan mengklik tombol Change Icon.

Supaya shortcut benar-benar cocok, browse ke %SystemRoot%\system32\imageres.dll.

Anda bisa menemukan perisai berwarna merah dan juga hijau. Untuk memastikan shortcut bekerja, coba jalankan. Dan buka Windows Firewall, lalu klik link Turn Windows Firewall on or off. Bisa anda lihat apakah firewall dalam keadaan on atau off.

Kotak Dialog Safety Remove Hardware

Jika sering menggunakan perangkat removable seperti USB flash drive, anda mungkin sudah akrab dengan icon Safety Remove Hardware yang duduk di system tray.

Masalahnya bagi banyak orang adalah bahwa icon ini ukurannya sangat kecil, dan mengkliknya kadang merepotkan.

Kita bisa membuat shortcutnya.

Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut.

Masukkan rundll32.exeshell32.dll, Control_RunDLL.hotplug.dll

Pada boks Type the location of the item. Beri nama, dan sekarang anda sudah mempunyai icon untuk menampilkan kotak dialog Safety Remove Hardware. Jika anda ingin membuat shortcut di kotak dialog, klik kanan icon, pilih Properties, dan kemudian masukkan tombol shortcut pada boks yang tersedia.

Mengosongkan Clipboard

Pernahkah anda meng-copy sesuatu ke clipboard, tapi tidak ingin membiarkannya di situ, karena takut digunakan oleh orang lain? Memang, kita bisa langsung meng-copy yang lain ke clipboard, tapi bisakah kita membuat shortcut untuk mengosongkan clipboard? Ini juga berguna jika anda meng-copy data yang sangat besar, dan tidak ingin membuang-buang memory.

Jawabannya tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan utiliti clip.exe.

Memang bukan dimaksudkan untuk mengosongkan clipboard, tapi dengan sedikit trik, kita bisa membuatnya untuk melakukan itu.

Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukan cmd/c”echo.off|clip”

Sampai di sini , kita sudah mempunyai icon yang akan langsung mengosongkan clipboard, tapi kita tweak sedikit. Klik kanan icon, dan kemudian klik Properties. Ubah Run ke Minimized supaya kita tidak melihat command prompt.

Klik tombol Change Icon dan browse ke %SystemRoot%\system32\shell32.dll

Anda akan menemukan icon clipboard. Sekarang, kita mempunyai icon menarik yang akan mengosongkan clipboard.

 

Membuka Task Manager “All Users”

 

Apakah anda pernah bertanya-tanya, bagaimana cara membuka Task Manager “all users”? jika anda bingung tentang apa yang kita bicarakan, pada sebuah tab Process di Task Manager ada sebuah tombol yang bernama Show Process from all users yang membuka  ulang Task Manager, dan menampilkan semua proses. Ini dapat merepotkan jika anda sering melakukannya.

Untuk itu, klik kanan di sembarang tempat di desktop (shortcut harus ada di desktop atau menu Start supaya bisa bekerja), pilih New, dan kemudian klik Shortcut.

Pada boks Type the location of the item, masukkan taskmgr.exe. Beri nama shortcut, misalnya “Task Manager (All Users)” supaya lebih desktiptif.

Sekarang, klik kanan shortcut, klik Properties, dan kemudian klik tombol Advanced. Beri tanda centang boks Run as administrator. Tutup kotak dialog. Sekarang, anda punya shortcut yang akan menjalankan Task Manager dengan view “all users” (setelah UAC prompt).