SHORTCUT pada WINDOWS 7 Bagian 03


Icon untuk Menjalankan Screensaver

Bagaimana membuat icon untuk memulai screensaver pada Windows 7? Pertanyaan ini sangat umum, jadi mari kita lihat caranya.

Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Untuk menjalankan screensaver, kita harus memasukkan pat lengkah ke file screensaver, dikuti dengan “/s”.

Misalnya %systemroot%\System32\Bubbles.scr/s.

Jika tidak tahu nama file-nya, anda dapat browse ke folder \Windows\System32, dan kemudian cari file dengan ekstension *.scr. Anda akan melihat nama file dari semua screensaver yang terinstall pada sistem.

Shutdown/Restart/Sleep/Hibernate

Jika anda tidak menyukai menu shutdown Windows 7, maka anda bukanlah satu-satunya. Sebagai alternatif, kita buat icon untuk mematikan, restart, sleep atau hibernate komputer tanpa harus melalui menu popup.

Trik ini bukanlah sesuatu yang baru, dan mungkin bagi sebagian orang sudah sangat lama. Meskipun begitu, masih saja muncul pertanyaan mengenai hal ini.

Untuk itu, klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih  New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the loaction on the item, masukkan shutdown-s-t 00 untuk mematikan komputerl; shutdown –r-t 00 untuk me-restart komputer; runddl32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0 untuk sleep; dan rundll32.exe PowProf.dll,SetSuspendState untuk Hibernate.

Ketika diminta untuk memberi nama shortcut, mungkin yang terbaik adalah nama yang sesuai dengan fungsinya. Setelah mengklik Finish, anda sekarang memiliki icon baru untuk langsung mematikan, me-restart, sleep dan hibernate komputer. Anda bisa menyeret mereka ke Taskbar supaya siap diakses kapan pun.

Membuka Daftar Jaringan

Salah satu gangguna terbesar pada Windows Vista yang ternyata masih berlanjut pada Windows 7 adalah kita tidak dapat langsung membuka daftar Network Connections untuk melihat daftar jaringan seperti halnya pada Windows XP. Pada Windows XP, kita bisa klik kanan koneksi jaringan apapun dan pilih Open Network Connection, tapi pada Windows 7, satu-satunya pilihan adalah membuat Network and Sharing Center.

Untuk langsung membuka daftar jaringan, cukup ketik ncpa.cpl pada boks Search programs and files di menu Start. Anda bisa membuat shortcut untuk akses lebih mudah.

Masukkan C:\Windows\System32\ncpa.cpl pada boks Type the location tof the item di kotak dialog Create Shortcut.