Best Freeware 2010


Software-software pilihan ini versi PCMedia

PCMAV 4.2 – Ragnarok 2

Tentu saja kami memilih antivirus ini sebagai yang pertama, karena selain buatan kami sendiri, PCMAV terbukti mampu mengatasi berbagai macam virus yang menyebar di Indonesia. Pada PCMAV terbaru, fungsi RTP untuk melindungi komputer anda dari awal kembali hadir pada versi ini. Di jamin baik laptop ataupun PC desktop anda akan terbebas dari virus.

Kategori: Antivirus

Dukungan OS: windows All – kecuali untuk RTP tidak mendukung system 64-bit

Size: 3 MB

Ad-Aware Free Internet Security 8.3.1

Pada versi terbaru Ad-Aware 8.3, kemampuannya mengalami peningkatan. Instalasi aplikasi ini berjalan lebih cepat. Ia menawarkan dua fitur baru, yaitu antivirus protection dan scheduler, yang biasanya harus membeli Ad-Aware versi berbayar untuk bisa menggunakan fitur tersebut. Fitur Quick Scan diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Kategori: Anti Spyware/Malware

Dukungan OS: Windows 2000 Professional/ Windows XP 32-bit/ Windows Vista 32-bit/ Windows 7 32-bit/64 bit

Size: 127,39 MB

Avast! Free Antivirus 5.0

Aplikasi antivirus ini mampu melindungi PC anda dari berbagai ancaman. Engine antivirus, anti-spyware, dan heuristic dikolaborasi menciptakan security core dan multiple real-time shield untuk PC anda. Fitur yang dimiliki adalah silent-gaming mode dan intelligent scanner. Perubahan paling besar pada avast adalah interfacenya yang jauh lebih manis.

Kategori: Antivirus

Dukungan OS: Windows 2000 / Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 48,3 MB

AVG Anti-Virus Free Edition 2011

Sejak saat pertama dikenal, memang antivirus gratis ini sangat fenomenal. AVG merilis versi terbaru dari produk antivirusnya yang mampu memenuhi tiga kriteria, yaitu faster scans, easier to use, dan better performance. Secara nyata, memang ketiga kriteria tersebut sudah dipenuhi. Waktu scanning dan instalasi lebih cepat, serta interface yang mudah digunakan.

Kategori: Antivirus

Dukungan OS: Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 135 MB

ThreatFire 10

ThreatFire menawarkan pencegahan secara real-time dari infeksi virus dan malware, dengan cara mengidentifikasi perlakuan yang mencurigakan (“zero day” events) yang terjadi di dalam PC anda, sebelum malicious code tersebut menginstal dirinya, yang biasanya dikenal dengan CyberHawk. Ia banyak mengalami penambahan fitur sejak dibeli oleh PC Tools.

Kategori: Antivirus

Dukungan OS: Windows XP / Windows 2003 / Windows Vista / Windows Server 2008 / Windows Server 2007

Size: 8,6 MB

Firefox 3.6.10

Firefox bisa disebut sebagai standar alternatif browser saat ini. Pada versi terbarunya, Firefox 3.6 memiliki fitur melimbah, bekerja lebih cepat 20% dari versi sebelumnya, dan memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Add-ons yang dimilikinya bisa dimodifikasi, yang juga sudah mendukung next generation themes, called Personas, dan sebagainya.

Kategori: Browsers

Dukungan OS: Windows 2000 / Windows XP / Windows 2003 / Windows Vista / Windows 7

Size: 8,14 MB

Google Chrome 6.0.472.62

Browser Google Chrome 6 tidak hanya stabil performanya, namun ia hadir dengan berbagai macam fitur-fitur yang berguna. Memang secara interface harus diakui browser ini kurang menarik jika dibandingkan dengan browser lainnya. Namun secara keseluruhan, jika menggunakan Google Chrome, anda akan menemukan kesenangan, kecepatan, dan experience.

Kategori: Browsers

Dukungan OS: Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 554 KB  (harus menggunakan koneksi Internet)

Opera 10.62

Web browser Opera tetap melanjutkan tradisi sebagai browser yang tercepat, terkecil (besar file-nya), dan memiliki fitur browser berlimpah. Pada versi terbaru, Opera mengganti engine JavaScript, dan membuat ulang interface untuk Windows 7, serta mengembangkan fitur baru. Ini memperpanjang perusahaan Opera sebagai salah satu inovator dalam hal web browser.

Kategori: Browsers

Dukungan OS: Windows 2000 / Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 10,32 MB

Apple Safari 5.0.2

Apple melalui Safari 5, terus mengembangkan browser-nya tersebut. Selain, sisi kecepatan yang mampu melampaui engine JavaScript yang digunakan oleh Google dan Opera, Apple juga berusaha mengembangkan fitur lainnya. Fitur baru yang diusung adalah Reader option untuk membaca artikel yang mendukung HTML 5, dukungan terhadap pencarian di dalam Bing.

Kategori: Browsers

Dukungan OS: Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 31,08 MB

Mozilla Thunderbird 3.1.4

Akhir-akhir ini, banyak persepsi yang mengatakan bahwa e-mail sudah jarang digunakan. Mozilla Thunderbird menjawab kontroversi tersebut dengan versi terbarunya. Jika anda mencari desktop client yang tangguh, pengganti MS Outlook, atau mencari tool yang powerful untuk mengatur archieve dan web mail secara offline, aplikasi ini yang anda butuhkan.

Kategori: Email

Dukungan OS: Windows 2000 / Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 8,98 MB

Yahoo! Messenger 10.0.0.1270

Salah satu instant messenger terbaik yang pernah diciptakan. terbaik yang pernah diciptakan. Yahoo! Messenger menambahkan fitur VoIP client dan kemampuan drag and drop untuk mengimpor kontak teman anda dari IM lain, e-mail, dan account social networking. Hal menarik lainnya adalah anda bisa melihat images dan video yang ditampilkan dalam chat window.

Kategori: Instant Messaging

Dukungan OS: Windows XP / Windows Vista / Windows 7

Size: 16,4 MB

Trillian Astra 4.2.0.22

Jika anda merasakan terlalu banyak membuka aplikasi instant messaging pada komputer anda, seperti Google, MySpace IM, Skype, Facebook, AIM, ICQ, MSN, Yahoo! Dan IRC, anda bisa menggunakan semua platform tersebut hanya dengan sebuah aplikasi IM multinetwork yang disebut dengan Trillian. Anda juga bisa melihat pesan dari Twitter dan Facebook.

Kategori: Instant Messaging

Dukungan OS: Windows ME / Windows 2000 / Windows XP / Windows Vista / Windows 7 / Windows 2003 / Windwos Server 2008 / Windows Server 2007

Size: 15,52 MB