Gaming Processor 02


 

Gaming Processor antara US$ 131-US$ 190

Pada range harga ini, processor gaming masih dipegang oleh pabrikkan AMD, yaitu AMD Phenom II X4 945 dengan clock speed 3 GHz. Harga kisaran adalah sekitar US$ 120, dan bisa Anda dapatkan di pasar Indonesia. Processor ini mengalahkan processor Intel Core i3-540 yang berharga sedikit lebih mahal. Processor ini sangat cocok untuk gaming, ataupun digunakan untuk multitasking.

Selanjutnya adalah processor AMD Phenom II X4 955 Black Edition dengan banderol harga sekitar US$ 130. Tambahan fitur, yaitu C3 Stepping seperti yang ada pada processor 96,5, sehingga mampu mengurangi TDP hingga 15 watt. Fitur tersebut adalah untuk processor 955 dengan batch terbaru, sehingga disarankan jika Anda ingin mencari processor dengan overclocking headroom yang maksimal. Pastikan Anda memilih AMD Phenom II X4 955 BE dengan 125W C3 stepping. Jangan memilih batch lama dengan 140 Watt.

Jika ada processor tipe lain dari Intel yang bisa direkomendasikan, dipilihkan Intel Core 2 Quad Q9400. Anda bisa mendapatkannya di Indonesia dengan banderol harga 1,6 jutaan.

Processor ini memang kompetitor yang cukup baik untuk dihadapkan dengan Phenom II X4 955, baik kecepatannya maupun fitur overclocking-nya. Meskipun pada processor Intel ini, CPU multiplierĀ­-nya di-lock, namun spesifikasi dasarnya, yaitu 6 MB L2 Cache shared, FSB 1,333 MT/s, dan clock speed 2,66 GHz mampu berkompetisi dengan Phenom II X4 955. Tentunya dengan harga yang nyaris sama.

Gaming Processor antara US$ 191 keatas

Untuk range processor yang disebut sebagai high end gaming, untuk harga yang cukup tinggi seluruhnya masih dipegang oleh pabrikkan Intel. Pertama adalah processor Core i5-750 dengan harga banderol sekitar 1,9 jutaan. Processor ini bisa di-overclocking hingga kemampuannya setara dengan Core i7-975 Extreme Edition seharga kisaran US$ 1.000.

Processor dengan harga di atas US$ 200 menawarkan peningkatan performa yang signifikan untuk kegiatan gaming. Terus terang, kami sangat sulit untuk merekomendasikan processor dengan harga lebih tinggi dari Core i5-750, dikarenakan processor ini saja sudah bisa di-overclock hingga batas kemampuan tertingginya. Processor ini bisa di-overclock hingga menyamai clock dari processor core i7-975 Extreme Edition (clock standar).

Anda bisa naik ke processor di atas Core i5-750, jika Anda mencari sesuatu yang lebih dari sisi graphic card. Di mana Core i5-750 menggunakan socket LGA 1156 yang PCIe-nya hanya 16 lanes. Jika Anda ingin menggunakan dua graphic card atau lebih baik Crossfire ataupun SLI, Anda bisa memilih processor Core i7-900 series dengan socket LGA 1366.

Beberapa processor berikut ini bisa dibeli, jika Anda ingin menghilangkan gejala bottleneck, dan bagi Anda yang berencana ingin membeli graphic card berharga mahal atau lebih dari satu graphic card.

Gaming Processor Rp 2,5 jutaan

Saat ini, Intel Core i7 membuktikan bahwa processor-nya tersebut adalah yang paling powerful untuk gaming. CPU yang ada di pasaran saat ini, dari data-data processor yang berhasil kami kumpulkan.

Core i7-930 adalah pilihanpaling baik untuk sebuah system CPU yang menggunakan multiple graphics card pada mode SLI ataupun Crossfire.

Untuk belanja motherboard dan RAM DDR3 yang diperlukan oleh Core i7, arsitekturnya mungkin akan lebih mahal dibandingkan dengan beberapa system PC yang ada, namun dipasatikan apa yang akan Anda keluarkan (dana) akan berbanding lurus dengan performa yang dihasilkan.

Beberapa pengujian mengatakan bahwa Intel Core i5 memiliki performa yang mirip atau paling tidak mendekati Intel Core i7. Namun, pada beberapa aplikasi dan games bisa mendapatkan keutungan lebih dengan mengggunakan processor Core i7-900 series, terutama untuk fitur Hyper-Threading dan Triple channel memory. Sehingga seperti yang sudah kami sebutkan, uang yang Anda keluarkan akan terbayarkan dengan membeli system Core i7-930. Terutama jika Anda berencana untuk melakukan overclock terhadap system tersebut.

Processor Core i5 dan Core i7 dengan basis LGA 1156 memiliki keterbatasan yaitu pada PCIe 2.0 yang hanya 16 lanes saja. Namun pada Core i7-900 series berbasis LGA 1366 tidak memiliki keterbatasan ini, karena konektivitas PCIe yang dimiliki langsung dari chipset X58. Ini yang menjadikan processor Core i7 dengan basis LGA 1366 adalah pilihan paling baik untuk menggunakan multi graphics card, baik dengan konfigurasi Crossfire ataupun SLI. Dua graphics card atau lebih, tidak menjadi masalah.

Gaming Processor Termahal

Terakhir adalah processor monster dari Intel, yaitu Core i7-980X Extreme. Processor ini memiliki 6 core yang saat ini dinobatkan sebagai CPU tercepat di dunia, dimana tadinya penghargaan ini dipegang oleh processor Intel Core i7-975 Extreme.

Fakta memang mengatakan bahwa kebanyakan aplikasi game yang ada saat ini tidak akan menggunakan core processor lebih dari 3. Namun, memang inilah gaming processor tercepat saat ini yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

Tapi, kami tekankan disini. Jika Anda memang memiliki uang berlebih, takut untuk meng-overclock processor Core i7-930, ingin mudah melakukan overclocking yang disediakan oleh extreme edition unlocked multiplier, dan ingin memiliki processor dengan enam core yang mampu berjalan hingga 12 threads, maka silakan Anda beli processor.

Namun, jika tidak, maka bisa mengalihkan dana untuk membeli graphics card atau solid state storage.

Rasanya akan lebih baik jika Anda mengoptimalkan processor yang sudah dimiliki, tidak perlu membuang uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak optimal.

Berpikir secara cerdas untuk memutuskan sesuatu memang sangat diperlukan untuk menghadapi inovasi teknologi PC, yang saat ini tengah berlari kencang.