Mematikan yang tidak diinginkan pada Windows 7 bagian 02


Menyembunyikan Drive dari Computer

Jika ada drive di My Computer yang tidak pernah diakses, seperti USB flash drive yang Anda gunakan untuk ReadyBoost, floop drive, atau drive jaringan yang hanya digunakan untuk software tertentu, Anda mungkin ingin menyembunyikan drive dari Computer Anda.

Kita hanya menyembunyikan drive dari tampilan layar, aplikasi dan perintah prompt masih tetap bisa akses ke sana, dan Anda masih bisa browse ke folder secara manual jika Anda ketik di path.

Jalankan Regedit Editor dan buka key:

HKEY_CURRENTU_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

Jika belum ada, buat DWORD Value bernama NoDrive di panel kanan. Nilainya berupa angka 32-bit yang disusun dalam urutan terbalik dengan nilai 1 menyembunyikan drive.

Sebagai contoh, jika kita ingin menyembunyikan drive A: dan F: kita harus mengeset nilainya ke:

0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1

Dengan mengonversi 100001 ke desimal, kita dapat nilai desimal 33 atau nilai hex 0x21. Jadi, klik ganda DWORD Value, pilih Decimal, dan kemudian masukkan 33 ke dalam kolom Value data. Untuk melihat perubahan, anda harus me-restart explorer.exe, yang dapat dilakukan dengan mudah dari Task Manager atau cara lama dengan hanya log off dan log on kembali.

Menyembunyikan Icon Recycle Bin

Mungkin anda berpikir recycle bin pada desktop tidak berguna. Oleh karena itu, kenapa tidak disembunyikan saja? Klik kanan pada desktop, pilih Personalize, lalu pilih Change desktop icons di sisi kiri. Selanjutnya cukup hilangkan tanda centang dari boks Recycle Bin.

Menghapus File Sistem

Jika ingin menghapus atau menimpa file sistem, Anda akan segera melihat bahwa tidak dapat melakukannya, meskipun sebagai administrator. Hal ini karena sistem file Windows secara default dimiliki oleh service TrustedInstaller, dan Windows File Protection akan menjaga mereka supaya tidak ditimpa.

Untungnya, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakalinya. Anda ambil kepemilikan file, dan kemudian berikan hak ke diri Anda sendiri untuk menghapus atau memodifikasi file. Untuk itu, kita akan menggunakan baris perintah. Buka command prompt Administrator dengan mengetik cmd ke dalam boks pencarian menu Start dan tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[Shift]+[Enter].

Untuk mengambil kepemilikan file, Anda harus menggunakan perintah takeown. Sebagai contoh, misalnya takeown/f C:\\Windows\System32\wcnwiz.dll. Perintah akan memberikan kepemilikan file, tapi Anda masih belum memiliki hak untuk menghapusnya. Sekarang, Anda dapat menjalankan perintah cacls untuk memberikan diri Anda untuk menghapusnya.

Sekarang, Anda dapat menjalankan perintah cacls untuk memberikan diri Anda kontrol penuh ke file: cacls C:\\Windows\System32\wcnwiz.dll/G username:F.

Sampai disini, sudah dapat menghapus file. Jika masih belum bisa, Anda mungkin perlu reboot ke Safe Mode, dan coba lagi.

Menghapus Service

Jika Anda adalah penggemar tweaking, mungkin menemukan bahwa dari waktu ke waktu daftar service Windows semakin besar dan berat, dengan sejumlah besar service tidak dijalankan. Alih-alih hanya mematikan service, Anda dapai benar-benar menghapus service. Ini dapat sangat membantu jika ada software yang tidak ter-uninstall dengan benar, dan meninggalkan item dalam daftar service. Anda harus berpikir panjang sebelum menghapus suatu service karena sangat sulit untuk mendapatkannya kembali.

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mengindentifikasi nama service, jadi buka Services melalui menu Start atau Control Panel, dan kemudian cari service yang ingin Anda hapus dalam daftar. Buka properties service dengan mengklik dua kali pada nama service, dan kemudian sorot nilai Service name dan copy ke clipboard. Inilah yang akan kita perlukan untuk mematikannya.

Buka command prompt Administrator, kita akan menggunakan perintah sc untuk melakukan pekerjaan sebenarnya. Syntax untuk menghapus service adalah sc delete ServiceName. Jika nama service berisi spasi, Anda harus menulis nama service dalam tanda kutip, misalnya sc delete “Smart Card”. Gunakan tombol [F5] untuk memperbarui daftar service. Anda akan melihat bahwa service tersebut hilang.

Mematikan Sementara Automatic Reboot Windows Update

Anda sedang melakukan sesuatu yang penting di komputer, lalu muncul kotak dialog Restart your computer to finish instaling important update yang meminta Anda untuk me-restart komputer. Memang, anda dapat menundanya sampai 4 jam, tapi kemudian kotak dialong tersebut akan muncul lagi. Jika sedang men-download file penting, Anda mungkin tidak ingin komputer untuk reboot secara otomatis.

Cara cepat untuk mematikan reboot pada sesi tersebut adalah dengan menghentikan service Windows Update. Anda dapat melakukannya dengan membuka command prompt Administrator. Setelah di prompt, ketika saja net stop “windows update”. Jangan khawatir, service ini akan segera dijalankan kembali setelah Anda me-reboot komputer, tapi setidaknya anda tidak perlu lagi berurusan dengan kotak dialog restart.

Mematikan Suara Klik Windows Explorer

Windows Explorer mengeluarkan suara klik yang bisa membuat kita terganggu setelah beberapa lama. Untuk membuka panel konfigurasi suara dengan cepat, ketika saja mmsys.cpl ke dalam boks pencarian menu Start, dan tekan [Enter]. Anda juga bisa membuka Sound di Control Panel, atau bahkan ketik “sound” ke dalam boks pencarian. Klik tab Sound, lalu gulung daftar Program Events sampai Anda menemukan Start Navigation. Anda akan melihat bahwa Windows menggunakan Windows Navigation Start.wav. Ubah ke [none]. Klik OK, dan gangguan suara klik hilang sudah.

Mematikan atau Menghapus Internet Explorer 8

Banyak pengguna Windows di luar sana tidak begitu menyukai Internet Explorer [IE] dan menggunakan browser lain saja tidak cukup, mereka ingin IE hilang. Mari kita lihat bagaimana mematikan IE8. Sehingga Anda tidak perlu lagi menghadapinya. Perlu dicatat bahwa yang kita lakukan ini tidak benar-benar menghapus semua jejak IE8, karena ada program dan proses yang bergantung pada mesin rendering-nya.

Buka Program and Features di Control Panel. Pada jendela Program and Feature, klik link Turn Windows feature on or off di sisi kiri. Jendela Windows Features akan tampil. Hilangkan tanda centang pada boks Internet Explorer 8. Anda akan mendapatkan kotak dialog konfirmasi yang mengatakan bahwa ini dapat mempengaruhi fitur Windows lain.

Itu memang benar jika Anda tdiak memiliki browser yang lain, tapi jika ada maka segala sesuatu yang biasannya di buka di IE akan dibuka browser default Anda. Klik OK, Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika Windows mematikan IE8. Setelah prosesnya selesai, restart sistem Anda. Ketika masuk kembali ke komputer, Anda akan melihat Internet Explorer 8 sudah tidak ada lagi. Apapun yang telah dihubung ke IE, akan diasosiasikan ke browser lain jika ada.