Mematikan yang tidak diinginkan pada Windows 7


 

Mematikan Kotak Dialog Konfirmasi Penghapusan

Setiap kali Anda menghapus file, Windows bertanya, “Apakah Anda yakin ingin memindahkan file ini ke Recycle Bin?” Ini memang baik, yaitu untuk mencegah Anda menghapus file secara tidak sengaja. Namun, jika ingin mencoba untuk melakukan bersih-bersih dan perlu menghapus banyak file, Anda mungkin tidak ingin ditanya setiap waktu.

 

Untungnya, ada cara mudah untuk mematikannya. Klik kanan pada Recycle Bin, dan pilih Properties dari menu. Anda akan melihat kotak dialog Properties Recycle Bin, dan perhatikan Display delete confirmation dialog dibagian bawah. Hilangkan saja tanda centangnya, dan tutup kotak dialog. Tidak ada lagi pertanyaan dari Windows.

 

Mematikan Power Management

Jika menggunakan komputer desktop, maka kemungkinan besar Anda tidak ingin komputer untuk tidur secara otomatis. Terlebih lagi jika Anda menjalankan Windows 7 atau Vista dalam mesin virtual untuk tujuan pengujian. Untuk mematikan Power Management pada Windows 7, klik icon Power pada Notification Area, lalu klik More power options. Di bawah bagian Additional plans, pilih High Performance lalu Change plan settings. Kemudian ubah semuanya ke Never, dan simpan perubahan.

 

Mematikan Program Compatibility Assistant

Jika Anda seorang administrator dan mencoba untuk melakukan pekerjaan dengan cepat, Program Compatibility Assistant (PCA) yang muncul terus menerus dapat mengganggu. Kita lihat bagaimana menonaktifkan fitur ini, jika Anda bosan melihatnya.

 

Ketika sedang mengonfigurasi workstation pada domain atau bahkan pada komputer lokal, ini dapat sangat berguna untuk menghemat waktu. Perlu dicatat, PCA memonitor program apakah mempunyai masalah kompatibilitas dan dapt sangat bermanfaat bagi user biasa. Tip ini ditujuakn untuk power user dan administrator.

 

Klik pada Start dan ketik services.msc ke dalam boks pencarian dan tekan (Enter). Gulung daftar ke arah bawah, sampai Anda menemukan Program Compatibility Assistant Services, dan klik Stop. Anda akan melihat kotak dialog Service Control ketika sedang dimatikan.

 

Jika melakukan multiple reboot, Anda mungkin ingin sepenuhnya mematikannya. Masukkan gpedit.msc ke dalam boks pencarian menu Start dan tekan (Enter). Buka User Configuration Administrative Tempaltes\Windows Components\Application Compatibility. Kemudian pada sisi kanan di bawah Setting, klik dua kali pada Turn off Program Compatibility Assistant. Klik Apply, dan OK, lalu tutup Local Group Policy Editor.

 

Sekali lagi, kami tidak menyarankan user biasa untuk mematikan PCA karena dapat menyebabkan konflik dan ketidaksatabilan sistem. Namun, untuk power user dan administrator, mematikan PCA dapat menghemat banyak waktu dan menghilangkan frustasi.

 

Mematikan System Restore

System Restore merupakan fitur untuk mengembalikan instalasi software, driver, dan pembaruan lainnya. Yang dibutuhkan untuk itu adalah sejumlah ruang harddisk. Jika Anda ingin mematikan System Restore, sangat sederhana. Hanya saja perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa lagi mengembalikan perubahan. Klik kanan pada Computer, dan pilih Properties. Klik pada link System protection disisi kiri. Setelah Anda melakukannya, klik tombol Configure bawah daftar drive. Sekarang cukup klik tombol radio untuk mematikan System Restore. Hanya itu yang perlu Anda lakukan.

 

Menghilangkan “Send to” pada Windows Explorer

Mungkin Anda pernah berpikir apakah bisa menghilangkan Send to pada Windows Explorer. Tentu saja, Anda bisa menghilangkannya dengan mudah, yaitu dengan mengubah registry. Oleh karena itu, Anda tentu pasti sudah tahu risiko dari mengubah registry. Jalankan Registry Editor, dan buka key

HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHadlers\SendTo.

Cari nilai (Default) di sebelah kanan, klik ganda, dan hapus nilainya, lalu biarkan kosong. Perubahan akan segera diberlakukan. Untuk mengembalikan “Send to”, ubah key registry ke {7BA4C740-9E81-11CF99D3-00AA4AE837}.

 

Mematikan Popup Sticky/Filter Keys

Apakah pernah ketika melakukan sesuatu, seperti bermain game misalnya, muncul popup Sticky Keys? Anda jawab No, dan kemudian menghilang. Namun, muncul kembali keesokan harinya. Berikut adalah cara membuatnya pergi untuk selamanya.

 

Jika Anda tidak menangkap yang kami maksud, coba tekan tombol [Shift] lima kali dengan cepat. Ya, menjengkelkan bukan? Fitur ini mungkin sangat membantu bagi sebagian orang, tapi benar-benar menjengkelkan untuk kita semua. Pergilah ke Control Panel, buka Ease of Access Center, dan cari link Make the keyboard easier to use.

 

Setelah Anda berada di situ, pastikan boks Turn on Sticky Keys dan Turn on Filter Keys tidak dicentang, yang berarti fitur ini tidak aktif pada saat ini, tapi bukan berarti popup akan lenyap. Untuk itu, Anda harus mengklik Set up Sticky Keys atau Set up Filter Keys (atau keduanya).

 

Untuk mematikan popup Sticky Keys, hilangkan tanda centang pada boks Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed for five times. Sedangkan untuk mematikan popup Filter Keys, hilangkan tanda centang pada boks Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 seconds.

Mematikan Thumbnail Preview pada Windows Explorer

Jika ingin mempercepat browsing di dalam Windows Explorer, Anda bisa mematikan thumbnail preview. Untuk melakukan perubahan itu, klik tombol Organize pada folder manapun, dan pilih Folder, lalu Search Options dari menu. Klik tab View, dan kemudian beri tanda centang Always show icons, never thumbnails. Klik OK, dan Anda sudah selesai.

 

Mematikan Windows Mobility Center

Windows Mobility Center adalah tool yang cukup berguna bagi kita yang menggunakan Windows 7 pada laptop, tapi mungkin tidak untuk semua orang, terutama karena itu mengambil alih shortcut keyboard [Win]+X. Jika Anda ingin mematikan Windows Mobility Center, yang dibutuhkan hanyalah satu perubahan registry. Jalankan Registry Editor dan buka

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\MobilityCnter\

Sekarang, buat DWORD Value baru bernama NoMobilityCenter di panel kanan, dan berikan nilai 1.

 

Mematikan Fungsi Lock (Windows+L)

Seperti kita ketahui, ketika tombol (Win)+L ditekan, maka komputer akan dikunci. Apakah Anda menyadari bahwa Anda juga dapat mematikan fungsi ini dengan mengubah registry.

Jalankan Registry Editor dan buka:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

Buat DWORD Value bernama DisableLockWorkstation di panel kanan, dan berikan nilai 1. Perubahan segera diberlakukan, Anda tidak perlu melakukan restart.

 

Mematikan Aero Sebelum Menjalankan Aplikasi

Anda mungkin harus memaksimalkan kinerja mesin Anda, atau mungkin mengalami masalah kompatibilitas antara Aero dan aplikasi yang Anda jalankan. Yang jelas, Anda mencari cara paling sederhana untuk mematikan Aero ketika menjalankan aplikasi itu, dan ini dia.

 

Anda dapat mengedit properties dari shortcut aplikasi untuk memberitahu Windows supaya mematikan Aero secara otomatis ketika Anda memulai aplikasi, dan kemudian menyalakannya kembali lagi setelah aplikasi ditutup.

 

Cukup klik kanan pada shortcut dan pilih Properties, dan kemudian tab Compatibility. Sekarang beri tanda centang pada boks Disable Aero compositionuntuk mematikan Aero, saat berikutnya anda menggunakan shortcut.

 

Menghilangkan Teks Icon Desktop

 

Beberapa icon sudah cukup jelas sehingga tidak perlu harus ada teks di bawahnya untuk menerangkan fungsi icon tersebut. Salah satu contohnya adalah icon untuk Internet Explorer. Kita semua sudah terbiasa dengannya, dan adanya teks hanya membuatnya jelek.

 

Klik kanan pada shortcut, dan pilih Rename. Sekarang, tahan tombol Alt dan ketik 255 pada keypad di sebelah kanan keyboard. Anda tidak dapat menggunakan tombol nomor di atas keyboard, mereka tidak akan bekerja. Jika memiliki laptop, Anda dapat menghidupkan Numlock, dan kemudian gunakan tombol angka kecil di samping huruf-huruf biasa (Anda mungkin selalu bertanya-tanya untuk apa mereka).

 

Untuk shortcut pertama, cukup tekan tombol (Alt)+255. Untuk shortcut selanjutnya, Anda harus memasukkan kombinasinya dua kali (Alt)+255, (Alt+255). Untuk yang ketiga, 3 kali, dan seterusnya.

 

(Alt)+255 adalah karakter kosong, sehingga nama shortcut sebenarnya kita ganti dengan karakter yang benar-benar kosong. Karena Anda tidak bisa memiliki dua shortcut atau file yang namanya sama persis, shortcut kedua harus diberi nama dengan dua karakter kosong. Sekarang, kita memiliki icon indah pada desktop, tanpa teks yang mengganggu di bawahnya.