Alternatif Search Engine

 

Pada bulan Juni 2006, kata “Google” masuk sebagai kata kerja (verb) di oxford English Dictionary dan Merriam-Webster Collaegiate Dictionary. Arti kata “Google” adalah suatu kegiatan melakukan pencarian informasi dengan menggunakan search engine Google. Hal ini, tentunya tak lepas dari popularitas Google yang mendominasi search engine di Internet. Walaupun menguasi pasar mesin pencari, namun bukan berarti Google satu-satunya mesin pencari yang ada. Beberapa mesin pencari yang mengkhususkan pada tema tertentu dapat menampilkan hasil yang lebih baik ketimbang Google.

Misalnya untuk pencarian resep makanan, Anda dapat menggunakan mesin pencari Cookstr atau RecipeZaar. Untuk pencarian toko atau restoran di daerah tertentu, Anda dapat menggunakan mesin pencari WhatOpen. Mencari file-file di Rapidshare, Anda dapat menggunakan Rapidshare1, dan sebagainya. Mesin-mesin pencari ini dapat dijadikan alternatif selain Google.

Musik dan video telah menjadi hiburan yang tidak dapat lepas dari dunia digital. Format MP3 atau AVI memungkinkan untuk mengemas musik dan video sehingga mudah untuk di-upload atau di-download dalam server tertentu. Beberapa mesin pencari yang mengkhususkan untuk musik musik dan video adalah:

MP3Realm.org

MP3Realm.org merupakan mesin pencari khusus untuk file lagu MP3 dan lirik. Situs ini mengklaim telah mengindeks 12 juta lebih lagu berformat MP3, dan 1 juta lebih lirik lagu. Ada 3 macam mode pencarian, yaitu pencarian audio, pencarian lirik lagu, dan mode pencarian advance. Dengan mode pencarian advance, Anda dapat mencari berdasarkan genre (Jazz, Rock, Classic, Pop, Instrumen, R&B, dan sebagainya) dan nama artis. Boolean query syntax juga berlaku saat melakukan pencarian, misalnya dengan menggunakan operator AND untuk mencari lagu/lirik yang mengandung dua atau lebih kata kunci, operator (OR) untuk mencari lagu/lirik yang mengandung salah satu dari dua kata kunci atau lebih, operator – (NOT) untuk mencari lagu/lirik dengan kata-kata tertentu, namun tidak mengandung kata tertentu dan sebagainya.

Hasil dari pencarian lagu pada situs MP3Realm.org akan berupa artis, album, ukuran file, durasi, sumber/link download, lirik (jika ada), dan status link download.

MP3Hunting.com

MP3Hunting.com selain merupakan mesin pencari, juga dapat menjalankan MP3 secara streaming sekaligus mendownload file MP3 melalui layanan host lain. Koleksi lagu di situs ini sangat beraragam, dari lagu Amerika, Indonesia, bahkan India. Tidak seperti MP3Realm.org, situs ini tidak meyediakan lirik lagu. Untuk menghindari copyright issue, pada halaman disclaimer dituliskan bahwa user yang men-download lagu tidak mempunyai hak untuk menyebarkan atau mentransfer lagu tersebut, dan segera menghapus setelah mendengarkannya. Selain itu, kita dapat meletakkan link player untuk lagu-lagu MP3 favorit kita di website atau blog pribadi.

SkreemR.org

Seperti halnya MP3Realm dan MP3Hunting, situs SkreemR.org merupakan situs pengindeks ribuan MP3 yang dapat dicari melalui interface website SkreemR.org. Dahulu situs ini menyediakan layanan untuk menyimpan file MP3 pada server. Namun karena adanya issue copyright, situs ini tidak lagi menyediakan layanan untuk menyimpan file MP3. Sebagai gantinya, situs ini hanya melakukan pengindeksan, situs SkreemR.org tidak menyediakan link download file MP3. Namun dari hasil pencarian, dimungkinkan untuk dilacak asal file MP3-nya ataupun didengarkan melalui streaming.

Blinkx.com

Blinkx merupakan mesin pencari khusus video. Situs ini mulai dioperasikan di tahun 2004, dan saat ini telah mengindeks lebih dari 35 juta jam durasi video dengan berbagai kategori, seperti TV Shows, Entertaiment, News, Music, Sport, Technology, Travel, dan sebgainya. Blinkx melakukan penjelajahan dengan meng-crawler beberapa website video terkemuka, seperti YouTube, Reuters, MNBC, Bloomberg Television. Blinkx.com juga dilengkapi dengan fitur SafeSearch untuk melakukan filter terhadap konten dewasa.

Trueveo.com

Trueveo mengategorikan pencarian video berdasarkan 3 pengelompokkan besar, yaitu Channels (sehingga pencarian akan dikhususkan pada channel-channel yang telah diindeks oleh Trueveo, seperti CNN, BBC News, ABC News, FOX News, dan sebagainya), Categories (seperti Animation, Art&Literature, Business, Comedy, Food, Science, Sport, Video Games, dan sebagainya), dan Shows.

Trueveo melakukan pengindeksan lebih baik pada website video maupun channel TV online, seperti Reuters, ABC News, CNN, dan sebagainya.

 

Iklan