Alternatif Search Engine bagian 03

 

Mencari file tertentu di Internet merupakan aktivitas yang memakan waktu karena begitu banyaknya file yang di-upload di Internet setiap harinya. Beberapa server file sharing yang populer adalah Rapidshare.com, Megaupload, dan 4Shared.com. Namun layanan pencarian file yang diberikan oleh server tersebut sangat minim, sehingga menyulitkan untuk melakukan pencarian file tertentu. Untuk itu, muncullah beberapa search engine yang mengkhususkan untuk mengindeks file-file yang ada sehingga lebih mudah dalam melakukan proses pencarian.

Rsfind.com

Layanan Rapidshare.com merupakan layanan file hosting yang paling populer. Situs Rsfind.com merupakan mesin pencari untuk mencari file-file yang di-upload ke layanan file sharing rapidshare.com atau rapidshare.de. Hasil pencariannya juga mencakup forum dan message boards. Jenis-jenis file yang diindeks oleh Rsfind.com, di antaranya adalah movies, e-books, music, games, software, gambar, dan sebagainya. Pencarian pada Rsfind.com memungkinkan untuk menggunakan wildcard (*atau ? untuk mewakili karakter), boolean operator (AND, OR atau NOT), serta Fuzzy search.

FilesTube.com

Jika Rapidshare hanya mengkhususkan pada layanan file hosting Rapidshare.com, FilesTube.com dapat melakukan pencarian untuk beberapa layanan file sharing, seperti Rapidshare, Megaupload, Hotfile, dan Megashares. Metode pencarian dapat dikhususkan untuk mencari file dengan format AVI, MKV, MP3, MPEG, MPG, RAR, ZIP, dan sebagainya. Situs ini juga dilengkapi dengan Today’s trend dan Monthly thread yang menunjukkan pencarian paling populer pada hari ini atau bulan ini. Hasil pencarian juga dapat difilter berdasarkan besarnya ukuran file.

Isohunt.com

Salah satu metode berbagi file selain dengan menggunakan layanan file hosting adalah dengan menggunakan BitTorrent yang merupakan metode pertukaran dengan menggunakan protokol peer-to-peer (P2P). Dengan menggunakan software client, setiap user dapat saling berbagi file dengan siapapun. Situs Isohunt.com merupakan mesin pencari untuk mencari file-file BitTorrent yang sedang di-share. Saat ini, situs ini memiliki 5 juta lebih Torrent yang aktif dengan total ukuran 11 ribu Terabyte.