Alternatif Search Engine bagian 04

 

Bing.com yang sebelumnya diberi kode “Kumo” oleh Microsoft, merupakan search engine yang resmi dirilis pada 3 Juni 2009. Perjalanan Microsoft untuk turut meramaikan arena Search Engine adalah perjalanan panjang yang dimulai pada tahun 1998, dengan MSN Search-nya. Setelah melalui penelitian yang cukup panjang, pada tahun 2006, untuk menggantikan MSN Search, Microsoft merilis Windows Live Search menjelma menjadi Windows Live Search (tanpa ada tambahan Windows di depannya). Dan generasi ke-4 dari search engine buatan Microsoft adalah Bing.

Metode pencarian yang digunakan oleh Bing adalah teknologi semantic web dari Powerset, sebuah perusahaan yang secara khusus mengembangkan bahasa alami untuk search engine di Internet. Microsoft secara khusus membeli teknologi ini untuk mempercanggih search engine Bing.

Fitur yang menjadi andalan dari Bing ini adalah:

  • Hasil pencarian terorganisasi. Saat pengguna memasukkan suatu kata kunci pencarian, maka hasil pencarian akan dianalisis oleh Bing, dan ditampilkan dalam mode yang lebih terorganisasi. Dilengkapi dengan Explorer Pane, Quick Tabs, Related Search, Session History, Video Search, Image Search, dan Bing Maps, akan membuat hasil pencarian nampak lebih mudah untuk penelusuran lebih lanjut. Sebagai contoh, hasil pencarian dari kata kunci “Transformer” menghasilkan pencarian terorganisasi yang didasarkan pada Related Search, Video, Images, dan Link Web.
  • Preview untuk hasil pencarian. Hasil pencarian dapat langsung di-preview. Untuk pencarian yang menghasilkan video, Bing langung mem-play saat mouse diarahkan pada hasil pencarian. Sedangkan untuk hasil pencarian berupa link, Bing akan menampilkan sebagian dari konten pada link tersebut.
  • Instant answer. Dengan fasilitas instant answer, Bing akan menampilkan hasil yang paling relevan terhadap pencarian khusus. Sebagai contoh, jika dimasukkan nomor penerbangan, maka hasil pencarian akan menampilkan informari penerbangan yang tersedia.
  • Pencarian difokuskan pada 4 area, yaitu Belanja (Shopping), Perjalanan (Travel), Informasi lokal (Local), dan Kesehatan (Health). Dengan ke-4 fokus ini, Bing mengklaim akan menghasilkan pencarian yang lebih pintar dengan informasi yang lebih relevan.

Pencarian apa lagi yang dapat dijadikan tema khusus pencarian dan menjadi alternatif mesin pencari, selain Google? Beberapa tema seperti ebook, resep makanan, atau video clip juga merupakan tema khusus yang baik dicari sehingga diperlukan mesin pencari tersendiri.

Gigapedia.com

Gigapedia menyediakan puluhan ribu link untuk men-download e-book dari berbagai kategori, mulai karya sastra klasik, pengetahuan, novel, teknologi, militer, kesehatan, ekonomi, sampai majalah popular. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan indeks dari Google, Gigapedia, Yahoo! atau situs afiliasi dari Gigapedia, yaitu Gigle.ws.

Hasil pencarian e-book terdiri dari 3 tab box utama, yaitu description (yang diambil dari situs Amazon.com), links untuk men-download di filehosting seperti rapidshare, mediafire, atau ifileit, dan comments yang berisi komentar dari user tentang buku tersebut. Untuk dapat melihat link download, kita harus terlebih dulu menjadi member.

Foodeview.com

Foodeview didirikan tahun 2005, dengan tujuan agar pengguna web dapat mencari resep makanan dengan mudah di Internet. Resep makanan yang diindeks oleh Foodeview, di antaranya adalah resep makanan Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Latin. Dengan dilengkapi foto serta keterangan untuk bahan-bahan, situs ini dapat menjadi alternatif dalam mencari resep masakan, selain pencarian di Google.