Hardware Terbaik 2010 Bag.01


Asus N82J (Notebook Terbaik)

Asus menggabungkan beberapa pilihan teknologi mobile yang memungkinkan untuk pencapaian kinerja tinggi, dan efisiensi daya yang dapat diandalkan. Baik itu untuk tujuan hiburan media, maupun produktivitas. N82J yang menggunakan Core i5, sehingga membuatnya lebih mainstream, walaupun dari segi harga cukup jauh menggambarkannya. Processor yang dipilih sendiri dilengkapi memory DDR3 hingga 4 GB, dengan frekuensi 1066 MHz. Kapasitas storage cukup besar dengan harddisk IDE 500 GB. Tidak ketinggalan unit webcam 2 MP dan sub-system grafis NVIDIA GeForce GT335M dengan VRAM 1 GB DDR3. Hal ini akan membuatnya memberikan pengalaman dalam HD konten yang cukup memadai. Dalam hal tampilan, menggunakan monitor HD-ready yang cukup bagus. Di dalam bentuk enclosure berdesain manis ini, dilengkapi dengan baterai 8 cell. Walaupun begitu, kemampuan daya keseluruhan masih terbilang biasa saja. Di mana hanya mencapai kurun waktu 87 menit pada kondisi full load.


Dell Alienware M17x (Notebook Gaming Terbaik)

Suguhan gaming notebook dari Dell Alienware memberikan level tersendiri. Bukan saja ia memberikan hasil yang sangat baik, tapi juga menjadi yang tercepat untuk ukuran sebuah komputer mobile. Dalam hal performa, ini dikarenakan penggunaan tipe processor Intel Core i7 Extreme dan juga dua video card diskrit Radeon HD 4870 yang dikonfigurasikan secara CrossFire. Selain itu, konfigurasi memory berkapasitas besar untuk tipe DDR3, melengkapi tingkatan performa dengan dual channel. Di sisi storage, tidak tanggung-tanggung dipasangkan dua buah HDD 500 GB. Hampir keseluruhan enclosure notebook menggunakan bahan anodized aluminium dan juga terdapat plakat yang dapat ditulisi secara custom sesuai keinginan pembeli. Interkoneksi paling lengkap, terutama untuk output audio dan display, dengan dukungan multi-speaker dan untuk display dukungan HDMI maupun DisplayPort. Ia sudah menggunakan keyboard ukuran penuh lengkap dengan numpad. Selain itu, dengan LED backlit biru, membuatnya dapat digunakan pada kondisi gelap sekali pun.

MSI Wind U230 (Netbook Terbaik)

Seri produk netbook mini dari MSI untuk tipe Wind kali ini menggunakan komponen dengan platform AMD yang sedikit lebih baik. Terutama untuk kelas processor dual core, dan juga subsystem grafis yang berbasis Radeon. Pengembangan bukan hanya menyentuh sisi performa saja, tapi juga untuk panel display yang kini tidak terpaku pada ukuran 10 inci. Tapi melangkah ke depan dengan menggunakan panel display berukuran 12 inci, yang biasanya menjadi standar ukuran minimal dari tipe notebook standar. Pasalnya, seri Wind lebih diarahkan untuk kelas notebook mini dan low power. Selain itu, dari sisi monitor ini juga tingkatan resolusi meningkat hingga tipe yang HD ready. Ergonomi diperkuat lagi dengan desain keyboard baru yang menggunakan tipe tombol lebih lebar. Hal ini membuat pengoperasian netbook menjadi lebih nyaman lagi. Satu kekurangan kecil juga sudah ditutupi, dengan memosisikan tombol Ctrl paling kiri dibandingkan Fn. Hal ini yang biasanya paling membuat kesalahan pengetikan oleh pengguna netbook.

ECS X58B-A 3 SLI (Motherboard Intel Socket LGA 1355 Terbaik)

Sesuai dengan namanya, produk ini menggunakan chipset X58 yang mendukung processor Intel Core i7 dengan Quick-Path Interconnect (QPI) yang memiliki kecepatan 4,8 GT/s hingga 6,4 GT/s. Slot memory sudah menggunakan tri-channel DDR3 dengan kapasitas maksimum hingga 24 GB. Sedangkan pada slot grafis hanya tersedia 2 slot PCIe, namun sudah cukup mendukung teknologi multi Graphics card, seperti ATi CrossFire maupun SLI. Pada perlengkapan pendingin, produk ECS ini sudah terbilang cukup baik dalam pelepasan panas. Masing-masing chipset sudah dilengkapi dengan heatsink berbahan aluminium dengan desain sirip yang melebar, agar proses pelepasan panas dapat berlangsung cepat, dan segera tergantikan dengan udara yang lebih dingin. Begitu juga dengan MOSFET yang sudah dilengkapi dengan heatsink dengan bahan yang sama.

Beralih ke hasil pengujian dan performa produk. Performa dari produk ini memberikan hasil yang mengejutkan dengan persentase performa yang mencapai 98%. Meskipun fitur overclock bukan menjadi andalannya.